Main Game dan Multi-Tasking Terasa Lag di Xiaomi Redmi 3? Aktifkan Mode Performance: Ini Tututorial Caranya

Kapasitas Ram Xiaomi Redmi 3 itu sudah 2GB plus ditunjang prosesor octa core Qualcomm Snapdragon, tapi kok masih terasa lag atau lelet ya? Baik dipakai untuk multi-tasking atau bahkan bermain game HD. Lalu bagaimana cara mengaktifkan mode Performance di redmi 3 ini. Simak tutorial berikut ini:

Main Game dan Multi-Tasking Terasa Lag di Xiaomi Redmi 3? Aktifkan Mode Performance: Ini Tututorial Caranya

Main Game dan Multi-Tasking Terasa Lag di Xiaomi Redmi 3? Aktifkan Mode Performance: Ini Tututorial Caranya
Main Game dan Multi-Tasking Terasa Lag di Xiaomi Redmi 3? Aktifkan Mode Performance: Ini Tututorial Caranya

Terakhir kali admin miuitutorial.com menjumpai mode Performance ini di Smartphone Xiaomi Redmi Note 3 Mediatek terlebih ketika itu terdapat update dari miui 7 ke miui 7.1. Fungsi dari mode Performance ini sendiri adalah untuk mendongkrak clock speed dari CPU sehingga ketika kita bermain game dengan grafik yang berat serta ingin mendapatkan pengalaman gaming yang mulus tanpa lag. Sederhananya mode Performance ini mirip seperti overclocking pada komputer.

Ini cuma perkiraan admin saja ya, mungkin mode Performance ini hanya akan kamu temui di Smartphone Xiaomi yang masih menggunakan prosesor Mediatek, karena di prosesor Qualcomm yang sudah menerapkan teknologi big.LITTLE tidak dijumpai lagi mode Performance ini. Nah yang jadi pertanyaannya adalah kenapa main game dan multi tasking di Xiaomi Redmi 3 masih terasa lag atau berat padahal sudah dibenamkannya teknologi big.LITTLE by Qualcomm? Kok beda yang dengan multi-tasking dan gaming pada redmi note 3 pro? Padahal kalau dilihat dari jumlah core cpu, redmi 3 dan redmi 3 pro itu sudah mengusung octacore 8 inti sedangkan redmi note 3 pro masih menggunakan 6 core a.k.a hexacore?

Kamu jangan terkecoh dengan jumlah core cpu, biang keladi dari lag/lemot nya bermain game HD dan multi-tasking di redmi 3 ini dikarenakan semua core yang dipakai adalah tipe A53 yang pada dasarnya adalah core hemat daya, sedangkan core pada redmi note 3 pro itu terdapat 2 jenis yaitu core A53 4 core dan A72 2 core. Core A72 yang mendongkrak drastis performa gaming dan multi-tasking pada Redmi Note 3 PRO, walau sebenarnya tidak bisa dilepaskan dari bantuan GPU 510 seri terbaru yang tertanam oada Kenzo ini. Gimana sudah cukup penjelasannya? Kita langsung mulai saja bagaimana cara mengaktifkan mode Performance pada Redmi 3, simak Tutorialnya di bawah ini:

Bahan:
- adb dan fastboot driver unruk xiaomi redmi 3 di sini | mirror di sini
- kabel original xiaomi
- xiaomi redmi 3 yang ingin diaktifkan mode performance nya

Caranya:
1. Ambi dan install adb dan fastboot driver unruk xiaomi redmi 3 di atas ke komputer kamu kemudian restart
2. Aktifkan mode USB debugging pada redmi 3 dengan cara Buka settings > About Phone > tap hingga 7x pada versi MIUI hingga mode developer aktif. Kemudian pergi ke Settings > additional settings > developer mode > aktifkan usb debugging dan mode developer nya.
3. Pada posisi hidup (buka fastboot mode), sambungkan xiaomi redmi 3 ke komputer dengan mengggunakan kabel usb original xiaomi yang sudah kamu siapkan tadi. Apabila muncul menu pop-up untuk meminta hak mengaktifkan usb debugging langsung centang always remember alalu tekan yes/ok
4. Jalankan command promp atau CMD sebagai administrator kemudian ketikkan perintah sebagai berikut:

adb devices (enter)
adb shell am start -n com.android.settings/com.android.settings.fuelgauge.PowerModeSettings (enter)

5. Secara ajaib akan muncul kembali menu pop-up di xiaomi redmi 3 kamu. Di menu pop-up itu kamu disuruh untuk memilih apakah ingin menggunakan mode performance atau mode balance. Langsung pilih mode performance saja. Untuk mengaktifkan lebih lanjut, silahkan buka security > battery > battery profiles. Silahkan buat profil baterai sendiri, dan pilih CPU nya jadi performance.

Catatan:
- Segala resiko ditanggung penumpang
- lakukan backup rom terlebih dahulu menggunakan twrp sebelum mempraktekkan tutorial ini. Jika belum terpasang twrp, silahkan ke sini untuk tutorialnya
- tested di rom china stable
- Ketika menggunakan mode perfomance ini ada kmungkina xiaomi redmi 3 kamu akan menjadi sedikit hangat apalgi dibuat untuk bermain game berat. memang ini sudah konskuensi dari mengaktifkan mode performance
- lebih afdol lagi menggunakan windows 64bit

Sekarang kamu sudah tahu kan kalau jumlah core pada prosesor di Smartphone Android baik itu tidak terlalu penting, yang utama itu adalah tipe core itu sendiri, clock speed tiap-tiap core, teknologi yang dibenamkan seperti big.LITTLE, pabrikasi prosesor, dan satu lagi jangan sampai terlewatkan adalah GPU yang turut membantu kinerja prosesor. Semoga tutorial cara mengaktifkan mode Performance pada Xiaomi Redmi 3 ini bermanfaat buat kamu. Silakan +1, like dan bagikan tutorial ini. Marhaban Ya Ramadhan, salam admin miuitutorial.com
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url