Menghemat Penggunaan Tombol Power pada Smartphone Xiaomi ala Miuitutorial.com: Tested by Admin 100% Worked

Tombol power di smartphone xiaomi kamu sudah semakin sekarat? tersenggol sedikit saja sudah langsung bereaksi atau malah ditekan sekuat tenaga pun tetap saja tidak berfungsi? Lalu bagaimana caranya meminimalisir pengunaan tombol power pada smartphone xiaomi? Tapi kalau sudah terlanjur rusak, Bagaimana cara memperbaiki tombol powernya? Simak tutorial lengkapnya berikut ini:

Menghemat Penggunaan Tombol Power pada Smartphone Xiaomi ala Miuitutorial.com: Tested by Admin 100% Worked

Menghemat Penggunaan Tombol Power pada Smartphone Xiaomi ala Miuitutorial.com: Tested by Admin 100% Worked
Menghemat Penggunaan Tombol Power pada Smartphone Xiaomi ala Miuitutorial.com: Tested by Admin 100% Worked

Tombol power dan smartphone adnroid xiaomi adalah harga mati. Yup, tanpa adanya tombol power, mau semahal sehebat apapun spesifikasi gahar yang dibawa oleh sebuah smartphone tidak akan berguna. Yang jadi biang masalahnya adalah sering kali tombol power ini macet, terpendam ke dalam, atau bahkan copot (horor banged yang ini).

Kalaupun ingin diperbaiki, harus dilakukan penggantian module baru yang di dalamnya termasuk tombol volume atas dan bawah jaga. Hal ini pernah terjadi pada smartphone xiaomi Redmi Note 3G milik admin. Kebetulan sih ada yang jual module tombol powernya di toko online, tapi dari pada repot kedepannya nanti lebih baik dijual saja (T___T)

Kalau dilihat-lihat sih harga sebuah module tombol power xiaomi itu tidak mahal, yakira-kira 50 ribuan lah, itu kalau ada yang jual di toko online Indonesia, lain cerita kalau tidak ada. Kamu harus melakukan pemesanan di toko online luar negeri macam aliexpress. Kan tidak semua orang bisa membeli barang di toko online luar negeri, termasuk admin. Belum lagi pemasangan module tombol power tersebut dengan membongkar smartphone xiaomi kita. Kalau masih garansi kan enak, bisa klaim.

Lah kalau beli ponsel xiaominya di distributor?! tamatlah sudah. Nah, berkaca dari pengalaman admin tersebut, dari pada harus mengganti module (tombol power, volume atas dan bawah), lebih baik kita mengupayakan untuk mengurangi penggunaan tombol power pada smartphone xiaomi, seperti yang admin miuitutorial.com lakukan pada Xiaomi Redmi Note 3 PRO ini. Istilahnya sedia payung untuk berdua,.. hah apa lagi ini? -___-" Sedia payung sebelum hujan maksudnya. Berikut antisipasi penggunaan tombol power ala admin miuitutorial.com

Bahan:
- Power Off apk di sini
- Restart apk di sini

Silahkan ambil kedua bahan di atas lalu install seperti biasa di smartphone xiaomi kamu. Perlu diingat kedua aplikasi di atas membutuhkan akses root. Jadi jikab belum root silakan ikuti tutorialnya di sini

Cara Mematikan/nonaktif Smartphone Xaomi tanpa tombol power:
1. Setelah diinstall APK power off silahkan buka aplikasinya
2. Secara otomatis hitungan mundur akan dimulai (5 detik)
3. Pada detik ke 00, aplikasi power off akan meminta hak akses root
4. Silahkan kasih hak akses root

Cara Reboot/memuat ulang Smartphone xiaomi Tanpa bantuan tombol power:
1. Pastika aplikasi restart sudah terpasang dengan benar di ponsel xiaomi kamu
2. Buka aplikasi tersebut
3. secara otomatis hitungan mundur 5 detik akan dimulai
4. Saat hitungan ke 00, aplikasi restart akan meminta akses root
5. Done, ponsel Xiaomi kamu reboot sendiri

Sebagai bonus, admin akan berikan tutorial senderhana tanpa root sama sekali untuk membuat screen off. Screen off itu bukan mematikan ponsel tapi membuat layar redup. Sederhanya mengunci layar smartphone xiaomi kamu tanpa lagi-lagi menggunakan tombol power.
1. Posisikan smartphone xiaomi kamu pada home screen
2. Cubit layar xiaomi, maka akan muncul pilihan seperti gambar di bawah ini:

Menghemat Penggunaan Tombol Power pada Smartphone Xiaomi ala Miuitutorial.com Tested by Admin 100% Worked

3. Setelah itu pilih Widget > toggle > kunci/lock
5. Setelah itu secara otomatis smartphone xiaomi kamu akan mati sendiri
4. Kemudian akan muncul semacam widget yang fungsinya untuk screen off layar ponsel xiaomi kamu

Menghemat Penggunaan Tombol Power pada Smartphone Xiaomi ala Miuitutorial.com Tested by Admin 100% Worked

5. Selesai

Sedangkan jika ingin menghidupkan layar smartphone xiaomi dari posisi off (bukan mati) ke layar hidup bisa menggunakan cara:
1. Masuk ke pengaturan atau setting
2. Pilih setelan tambahan atau additional option
3. Pilih tombol/button
4. Centang bangung dengan tombol volume
5. Jadi tiap kali ingin menghidupkan layar xiaomi, cukup menekan tombol volume saja

Jadi cara kerjanya, setiap kali kamu ingin meng-screen off layar ponsel xiaomi, kamu tekan widget tersebut. Cara ini lebih mudah dan ringkas ketimbang mengakses screen off widget dari toggle notifikasi.


Catatan:
- Untuk menghidupkan smartphone xiaomi dari posisi mati ke hidup tidak ada jalan lain selain menekan tombol power. Jadi tombol power disini kita gunakan sebagai cara untuk menghidupkan saja, selebihnya serahkan pada widget dan aplikasi.
- Bagi yang sudah terpasang custom TWRP, bisa menggunakan updater > reboot to recovery guna mekases TWRP, dari pada menekan tombol power dan vulume atas
- Sebagai variasi juga bisa menggunakan doble tap to sleep via module xposed
- Beruntunlah bagi smartphone xiaomi kamu yang mempunya double tap to wake dan fingerprint sensor, jadi untuk menyalakan layar bisa menggunakan kedua fitur tersebut, seperti mi4c dan Mi5 serta seri redmi dan mi yang sudah mendukung fingerprint
- cara lain soft reboot juga bisa melalui Xposed atau sejenisnya yang menyediakan fitur softreboot
- Hampir setiap pengguna pasti sudah mengetahui cara yang admin bagikan di tutorial ini. Tapi tidak ada salahnya admin mengingatkan kembali akan fitur sederhana yang sudah disematkan secara default pada MIUI

Update:
Agar bisa masuk ke mode custom TWRp recovery pada Xiaomi tanpa harus menggunakan tombol power lagi, ini admin sudah sertakan video tutorialnya.


Silahkan tulis di kolom komentar jika kamu mengetahui cara lain guna menghemat penggunaan tombol power di ponsel xiaomi ini. Semoga pengalaman admin bermanfaat buat kamu. Jangan lupa +1, like dan bagikan tutorial ini jika dirasa bermanfaat. Salam admin miuitutorial.com
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url