Xiaomi Redmi 2/Prime Kamu Hardbrick tapi Getarnya Terus Menyala? Ini Tutorial Cara Memperbaikinya

Xiaomi Redmi 2/Prime kamu tidak bisa dinyalakan sama sekali, tidak bisa masuk mode recovery bahkan mode fastboot sekalipun? dan yang anehnya lagi walaupun xioami redmi 2/prime kamu tidak bisa dihidupkan, tetapi getarnya masih terus menyala? Aneh kan?! Apakah ini yang dinamakan hardbrick atau memang ada komponen hardware yang rusak pada Xiaomi Redmi 2/Prime? Mari kita cari solusinya sama-sama.

Xiaomi Redmi 2/Prime Kamu Hardbrick tapi Getarnya Terus Menyala? Ini Tutorial Cara Memperbaikinya

Xiaomi Redmi 2/Prime Kamu Hardbrick tapi Getarnya Terus Menyala? Ini Tutorial Cara Memperbaikinya
Xiaomi Redmi 2/Prime Kamu Hardbrick tapi Getarnya Terus Menyala? Ini Tutorial Cara Memperbaikinya

Umumnya jika Xiaomi Redmi 2/Prime mengalami bootloop, bootstuck pada smartphone xioami, maka bisa dipastikan ponsel xioami tersebut masih menunjukkan tanda-tanda hidup. Yah setidaknya walaupun tidak bisa masuk ke homescreen dan hanya berputar-putar saja di logo Mi. Bagaimana dengan Hardbrick?

Jikalau Redmi 2/Prime mengalami brick maka sama sekali tidak menunjukkan tanda-tanda bisa dinyalakan. akan tetapi kondisi brick pasa smartphone xioami juga terbagi menjadi 2 yaitu Softbrick dan Hardbrick. Softbrick tadi yang sudah admin jelaskan di awal sedangkan harbrick terbagi lagi menjadi 2 kemungkinan yaitu kondisi pertama Redmi 2/Prime Mengalami Hardbrick tapi bisa terdeteksi di komputer, sedangkan kondisi kedua ialah sama sekali Redmi 2/Prime tidak terdeteksi di komputer.

Bagaimana kalau Xiaomi Redmi 2/Prime tersebut mengalami Hardbrick tapi ketika disambungkan ke komputer malah secara terus menerus motor atau getarnya itu selalu menyala? Apakah ini kerusakan pada software atau sudah merambat pada Hardware dari si Redmi 2/Prime itu sendiri? Nah bingung kan?! Nah syukurnya ternyata bukan kamu seorang yang mengalami kondisi ini, ada salah satu member forum en Miui yang juga mengalaminya yaitu klidiscope (kredit to him).

Sepengalaman dia, kondisi Redmi 2/prime yang hardbrick namun tetap menyala getarnya secara terus menerus bukan dikarenakan kerusakan hardware pada Xiaomi Redmi 2/Prime melainkan murni karena hardbrick. Kondisi seperti ini masih bisa tertolong. langkah-langkah seperti apa dan bagaimana caranya memperbaiki Redmi 2/Prime dari kondisi hardbrick seperti ini? Yuk kita simak sama-sama tutorialnya.

Bahan:
- Obeng khusus untuk membuka HP/Ponsel
- Pinset atau tembaga serat tunggal juga bisa
- Mi flashtool dan mi pc suite terbaru bisa kamu ambil di sini
- Fastboot rom Redmi 2 global stable di sini | versi Redmi 2 prime di sini
- kabel USB original xioami

Caranya:
1. Silahkan ambil Mi flashtool dan Mi PC suite di atas lalu install ke komputer kamu. Admin sarankan untuk mendisable driver signature terlebih dahulu sebelum menginstall keduanya. Untuk tutorial cara disable driver signature bisa kamu lihat di sini
2. Lanjut ambil fastboot rom di atas lalu ekstrak menggunakan aplikasi winrar. Pastikan format file fastboot rom tersebut adalah .tgz apabila masih .tar silahkan dirubah dulu. Untuk memudahkan, kamu taruh saja hasil ekstrakan fastboot rom tadi di disk D luar
3. Jalankan Mi flashtool yang sudah kamu install tadi lalu pilih browse > kemudian arahkan ke hasil ekstrakan fastboot rom redmi 2/prime tadi (arahkan ke file yang ada .bat nya bukan ke folder image)
4. Nah ini tahan yang cukup menegangkan. Kamu bongkar Redmi 2/prime menggunakan Obeng khusus teknisi hp tadi. Berikut adalah gambar Redmi 2/prime yang sudah berhasil disassembly:

Xiaomi Redmi 2/Prime Kamu Hardbrick tapi Vibrator/Getarnya Terus Menyala? Ini Tutorial Cara Memperbaikinya

5. Sambungkan Redmi 2/prime sekarang ke komputer kamu menggunakan kabel USB. Biasanya getar dari redmi 2/prime akan terus menyala. Abaikan saja!
6. Kamu perhatikan letak test point dari resmi 2/prime ini yang tandai dengan lingkaran merah. terdapat 2 titik yang harus kamu sambungkan menggunakan pinset atau serat tembaga tadi

Xiaomi Redmi 2/Prime Kamu Hardbrick tapi Vibrator/Getarnya Terus Menyala? Ini Tutorial Cara Memperbaikinya

7. Sembari disambungkan test point nya tadi kamu tekan refresh pada mi flashtool. Coba lihat apakah Redmi 2/prime kamu sudah terdeteksi sebagai COMx. jika terdetaksi kamu lanjut flashing saja menggunakan mi flashtool tadi
8. Apabila telah berhasil di flashing, langsung lepaskan sambungan kabel USB dari redmi 2/prime kemudian nyalakan
9. Selamat Sekarang Xiaomi Redmi 2/Prime kamu sudah bisa dihidupkan kembali

Catatan:
- Segala resiko ditanggung penumpang

Sebagai catatan tambahan, metode ini bisa kamu lakukan pada Xiaomi Redmi 2/Prime jika kerusakan tersebut bukan dikarenakan oleh keteledoran kamu (Human Error) semisal keceplung di air, Terbanting/dibanting, Terlindah kendaraan, apalagi sampai terkena air laut. Sudah ikhlaskan saja. Selain itu persiapkan segala peralatan yang dibutuhkan guna membuka back cover belakang redmi 2/prime.

Silahkan lihat-lihat video di youtube bagaimana cara disassembly si redmi 2/prime. Sekian tutorial dari admin bagaimana cara memperbaiki Xiaomi Redmi 2/prime yang mengalami hardbrick + getar yang terus menyala. Jika ada yang kurang dipahami dari terkait tutorial ini silahkan tulis di kolom komentar. Bantu admin untuk +1, like dan bagikan tutorial ini. Semoga bermanfaat . Selamat libur akhir tahun. Salam admin miuitutorial.com
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url