Pingin Statusbar Ala iOS iPhone: Bisakah Smartphone Xiaomi Dibuat Seperti Itu? Ini Tutorial Caranya!

Pernahkah kamu perhatikan secara seksama jika terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara statusbar yang ada apa Android dengan iOS? Khususnya pada bahasan kali ini adalah Xiaomi. Apakah perbedaan itu? Buat yang matanya cukup jeli, pasti sadar jika status bar yang ada pada Android Xiaomi terdapat garis pembatas (biasanya berwarna hitam) dengan aplikasi yang sedang dibuka. Selain itu juga warna dari statusbar tersebut tidak selaras dengan warna dari aplikasi yang sedang dibuka. Oleh karena itu dalam tutorial ini admin akan bagikan bagaimana cara membuat statusbar pada smartphone Xiaomi bisa senada dengan aplikasi yang dibuka seperti yang sudah ada pada iOS iPhone, iPad dan iPod. Simak berikut ini.

Pingin Statusbar Ala iOS iPhone: Bisakah Smartphone Xiaomi Dibuat Seperti Itu? Ini Tutorial Caranya!

Pingin Statusbar Ala iOS iPhone: Bisakah Smartphone Xiaomi Dibuat Seperti Itu? Ini Tutorial Caranya!
Pingin Statusbar Ala iOS iPhone: Bisakah Smartphone Xiaomi Dibuat Seperti Itu? Ini Tutorial Caranya!

Buat pengguna veteran smartphone Android pastinya sudah tidak asing lagi dengan status bar khas ala android. Kalau dulu pas baru pertama kali keluar, warna statusbar didominasi warna hitam pekat yang kemudian di atasnya bertengger beberapa icon sebagai indikator dari aplikasi yang sedang dibuka, sedang berjalan serta indikator sinyal, baterai dan lain sebagainya. Pokoknya status bar ala Android ini sudah fenomenal banged. Barulah sekarang-sekarang ini warna background dari status bar sudah agar berubah yang dulunya hitam pekat menjadi hitam transparan. Namun tetap saja ada Gap/pembatas antara statusbar tersebut dengan aplikasi yang sedang kamu buka.

Beda cerita dengan sistem operasi tetangga yaitu iOS yang sudah menerapkan sinkronisasi antara warna statusbar dengan aplikasi yang sedang dibuka. Jadi kamu tidak akan pernah menemukan pembatas yang bikin sakit mata di produk bikinan Apple tersebut. Nah sekarang yang jadi pertanyaannya adalah apakah smartphone Android terkhusus Xiaomi dibuat statusbarnya seperti iOS Apple? Sudah tentu pasti bisa. Namanya juga Android dan ini sudah admin praktekkan lama semenjak di Sony Xperia, Redmi Note 3G WCDMA, Redmi Note 3 MTK, Redmi Note 3 Pro, dan Mi5 Pro dan kesemuanya berhasil merubah gaya statusbar jadi ala iOS. Perlu diingat, untuk dapat mempraktekkan tutorial ini pastikan smartphone Xiaomi kamu sudah dalam kondisi root superSU dan juga sudah terinstal xposed framework. Buat yang belum root bisa ikuti caranya di sini, dan pasang xposed sudah admin jelaskan secara detail di sini. Yang masih locked bootloader bisa unlock melalui tutorial di sini. Jika kesemua syarat tadi sudah terpenuhi, mari kita mulai tutorialnya.

Bahan:
- Xposed module Perpect Color Bar di sini

Caranya:
1. Install seperti biasa module di atas seperti kamu menginstall aplikasi android lainnya
2. Setelah diinstall, jangan langsung dibuka tapi pergi ke aplikasi Xposed > module > lalu centang Perpect Color bar > reboot ponsel Xiaomi
3. Setelah selesai reboot dan masuk ke homescreen > segera buka aplikasi tadi
4. Pastikan Master Switch sudah tercentang
5. Cek bagian compability > centang disable processing System UI
6. Lalu reboot kembali
7. Untuk opsi yang lain bisa kamu sesuaikan sendiri
8. buat yang punya kuota lebih bisa tonton tutorial ini dalam bentuk video:


Catatan:
- Segala resiko ditanggung penumpang

Mungkin sebagian dari kamu yang membaca tutorial ini bertanya-tanya, "Kenapa harus root dan pakai xposed segala kalau cuma sekedar ingin merubah warna status bar? Kan tinggal install tema lain saja maka statusbar tadi bisa berubah menjadi transparant!" Admin sudah pernah lakukan hal tersebut sebelumnya, memang warna dari statusbar berubah yang sebelumnya hitam transparan menjadi transparan, tapi tidak ikut berubah dengan warna aplikasi yang sedang dibuka. Kalaupun warnanya senada maka tulisan yang ada pada statusbar tersebut. Selain itu karena trik statusbar ala iOS ini menggunakan module xposed, jadi mungkin ada beberapa bug yang kamu temukan, tapi sejauh ini tidak mengganggu. Untuk mengatasi bug tersebut tinggal menunggu update saja dari developernya. Oh iya, cara ini tidak hanya berlaku pada smartphone buatan Xiaomi saja melainkan bisa kamu terapkan juga pada Xiaomi tipe lain. Okey sekian tutorial kali ini, jangan lupa +1, like dan bagikan. Semoga bermanfaat, salam admin miuitutorial.com
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url