Smartphone Xiaomi Kamu Tiba-Tiba Mati Total Tidak Bisa Dinyalakan Sama Sekali? Coba Tutuorial Unbrick 100% Berhasil Ini: Tested Mi5 PRO

Tiba-tiba Smartphone Xiaomi kamu mati sendiri atau sama sekali tidak bisa dinyalakan sekalipun sudah ditekan tombol Power lama, sudah disambungkan ke kabel charger dan komputer juga sama sekali tidak ada tanda-tanda hidup? Bahkan LED lampu notifikasi berwarna merah juga tidak menyala? Padahal posisi baterai juga masih cukup penuh? Sama, admin juga mengalaminya, tepatnya di Xiaomi Mi5 PRO. Berikut ini adalah cara test point yang admin lakukan supaya bisa memperbaiki Smartphone Xiaomi yang mati total.

Smartphone Xiaomi Kamu Tiba-Tiba Mati Total Tidak Bisa Dinyalakan Sama Sekali? Coba Tutuorial Unbrick 100% Berhasil Ini: Tested Mi5 PRO

Smartphone Xiaomi Kamu Tiba-Tiba Mati Total Tidak Bisa Dinyalakan Sama Sekali? Coba Tutuorial Unbrick 100% Berhasil Ini: Tested Mi5 PRO
Smartphone Xiaomi Kamu Tiba-Tiba Mati Total Tidak Bisa Dinyalakan Sama Sekali? Coba Tutuorial Unbrick 100% Berhasil Ini: Tested Mi5 PRO

Baru juga selesai Shalat subuh, admin sudah kedatangan masalah. Masalah yang bikin jantung berdegup kencang, diiringi keringat dingin bercucuran. "Apa emangnya min?" Itu tidak lain karena Xiaomi Mi5 PRO admin mati total alias tidak bisa dinyalakan lagi. Sekalipun admin sudah tekan tombol Power lama sampai jara jemari ini terasa pegal. Tetap saja Xiaomi Mi5 PRO ini tidak menunjukkan tanda-tanda kehidupan.

Padahal hampir semua artikel tutorial yang pernah admin buat di website www.miuitutorial.com berasal dari Xiaomi Mi5 PRO ini. Apa jadinya jika Mi5 PRO benar-benar tidak bisa menyala lagi tidak bisa diperbaiki lagi. Mana tanggal gajian masih lama lagi. "Terus sebenarnya kejadiannya gimana min? Apa penyebabnya Xiaomi Mi5 PRO nya bisa mati total seperti itu?"

Terakhir kali posisi Mi5 PRO admin masih menyala dengan Miui 7 terinstal di dalamnya. Admin sengaja pindah ke Miui 7 karena memang ingin bernostalgia sembari menunggu Miui 9.5 yang kabar-kabarnya bakal keluar update OTA nya di pertengahan bulan April 2018. Sekalian juga admin buatkan videonya tentang bagaimana cara downgrade dari Miui 9 ke Miui 7.

Awalnya semua berjalan lancar, Xiaomi Mi5 PRO juga sukses terinstall Miui 7, sinyal dan IMEI aman. Semua fungsi pokoknya lancar jaya. Namun karena admin lupa akan suatu hal, jadi admin coba untuk kembali lagi ke Miui 9 dengan cara merestore nya langsung melalui custom TWRP Recovery, yang sebelum pindah ke Miui 7 juga sudah admin backup terlebih dahulu rom Miui 9 nya.

Nah karena suatu keteledoran yaitu admin lupa untuk melakukan wipe atau format secara penuh system, data, dan cache. Jadi admin langsung restore saja. Membuat Xiaomi Mi5 PRO admin sama sekali tidak bisa dinyalakan setelah proses restore selesai. Padahal admin ingat pada saat itu posisi kapasitas baterai juga masih cukup banyak. Proses restore rom Miui 9 juga sama sekali tidak ada yang error. Cuma memang karena mungkin sisa-sisa data dari Miui 7 masih terdapat di partisi sistem, sehingga ketika dilakukan restore dengan rom Miui 9 via TWRP terjadi bentrok.

Walhasil pagi ini admin harus direpotkan dengan masalah seperti ini. Sebagai opreker sejati yang memang suka menginstall berbagai mod di Smartphone Xiaomi, tentu admin tidak menyerah begitu saja. Berbagai cara sudah admin lakukan semisal dengan mencharge baterai Mi5 ini, menekan tombol kombinasi Power dengan volume atas dan bawah, akan tetapi hasilnya tetap nihil.

Dan akhirnya sampailah admin pada cara terakhir dan paling ampuh terpamungkas,, haha.. yaitu dengan metode test point. Ini bukan kali pertamanya admin membuat tutorial test point untuk Xiaomi Mi5 PRO. Sebelumnya juga sudah admin buatkan di sini beserta videonya juga. Namun mungkin pada saat itu posisinya kamera admin belum bagus sehingga gambar yang dihasilkan masih buram. Di artikel kali ini admin akan coba memperbaikinya.

Adapun bahan-bahan yang perlu kamu persiapkan untuk bisa menjalankan metode Test Point ini adalah:
- USB Driver Xiaomi di sini
- Mi Flashtool dan Mi PC Suite di sini
- Fastboot rom di sini
- Pinset serta obeng khusus hape. Cek rekomendasinya di sini
- Kabel USB original

Caranya:
1. Silahkan kamu install USB Driver Xiaomi beserta Mi Flashtool ke komputer. Posisi admin di sini menggunakan Windows 10 PRO 64bit Latest update.
2. Setelah itu jalankan Mi Flashtool. Posisikan Mi Flashtool sudah siap flashing. Arahkan Mi Flashtool untuk me-load Fastboot rom yang sudah di ekstrak sebelumnya.
3. Buka bagian belakang Xiaomi Mi5 PRO menggunakan kop kaca atau alat dari Jakemy.
4. Setelah terbuka back cover. Lepas semua baut yang melekat di bagian mesin atau main board menggunakan obeng
5. Lepas kabel flexibel baterai. Posisinya ada di sebelah kiri
6. Setelah terlepas, cari posisi atau letak test point dari Xiaomi Mi5 PRO. Posisinya ada di sebelah kanan

Tiba-tiba Smartphone Xiaomi kamu mati sendiri atau sama sekali tidak bisa dinyalakan sekalipun sudah ditekan tombol Power lama, sudah disambungkan ke kabel charger dan komputer juga sama sekali tidak ada tanda-tanda hidup? Bahkan LED lampu notifikasi berwarna merah juga tidak menyala? Coba tutorial unbrick berikut Ini!

7. Satukan dua titik tadi menggunakan pinset
8. Sembari kedua titik test point tadi tersambung, kamu sambungkan ujung kabel USB ke Xiaomi Mi5 PRO (sebelumnya ujung kabel USB juga sudah kamu sambungkan ke komputer)
9. Buka Device Manager pada komputer > Cek di bagian Port > jika terdeteksi sebagai COMx 9008. Selamat Xiaomi Mi5 PRO kamu sukses masuk ke mode download EDL
10. Tekan tombol Refresh pada Mi Flashtool. Pastikan muncul COMx, lalu tekan tombol Flash untuk memulai proses flashing ulang
11. Posisi pada saat flashing berlangsung, titik test point masih terlepas dari kabel flexibel baterai
12. Jika proses flashing sudah selesai, kamu bisa melepas titik test point dan sambungkan kembali kabel flexibel baterai
13. Tutup dan baut kembali Mi5 PRO kemudian nyalakan

Proses booting akan berjalan sangat lama dan ini wajar, mengingat ini proses booting pertama kali setelah selesai flashing rom. Buat kamu yang bertanya-tanya apa yang terjadi ketika di tengah proses flashing berlangsung, kedua titik test point terlepas? Jawabannya adalah akan terjadi error, proses flashing akan terhenti. Xiaomi Mi5 PRO kamu akan terputus dan tidak terdeteksi lagi di device manager Windows

Satu-satunya cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengulangi proses dari awal. Apabila pada percobaan kedua dan seterusnya muncul error Hello Packet seperti yang pernah admin bahas di sini, silahkan tutup Mi Flashtool kamu lalu jalankan ulang kembali. Nantinya Mi Flashtool akan mengidentifikasi kembali error Hello Packet tersebut kemudian me-reset nya. Biarkan proses reset selesai hingga proses flashing berjalan.

Satu hal lain yang perlu kamu perhatikan adalah harus teliti dan sabar. Apalagi ini berkaitan dengan hardware sehingga jika kamu teledor, bisa saja merusak komponen lainnya. Oh iya cara ini sebenarnya tidak berlaku hanya pada Xiaomi Mi5 PRO saja tadi juga bisa kamu gunakan pada Smartphone Xiaomi tipe lain baik itu versi lawas maupun versi terbaru. Yang paling penting adalah Smartphone Xiaomi tersebut sudah menggunakan CPU dari Qualcomm dengan chipset Snapdragon. Karena cuma Smartphone Xiaomi yang menggunakan chipset Qualcomm lah yang bisa melakukan test point.


Berikut ini adalah daftar dari Smartphone Xiaomi yang bisa menggunakan metode Test Point:
- Redmi 1s
- Redmi 2/Prime
- Redmi 3/PRO
- Redmi 3s, Redmi 3x, Redmi 3s Prime
- Redmi 4, Redmi 4A, Redmi 4 Prime, Redmi 4X
- Redmi 5, Redmi 5A, Redmi 5 Plus
- Redmi Note 3 PRO Kenzo, Redmi Note 3 Special Edition Kate
- Redmi Note 4 PRO Mido
- Redmi Note 5A, Redmi Note 5, Redmi Note 5 Plus
- Mi3
- Mi4, Mi4i
- Mi5, Mi5s, Mi5s Plus
- Mi6
- Mi Note/PRO
- Mi MAX 1, Mi MAX 2, Mi MAX 3
- Mi MIX 1, Mi MIX 2, Mi MIX 2s
- Mi PAD 1 Nvidia

Semua link dari artikel tentang tutorial test point di atas sudah admin rangkum menjadi satu link di sini. Silahkan dipelajari letak-letak dari masing-masing test point. Secara umum caranya sama saja.
Sekian tutorial cara test point kali ini. Semoga bencana yang menimpa Xiaomi Mi5 PRO mati total ini bisa bermanfaat buat kamu. Bantu admin untuk +1, like dan bagikan. Salam admin Miuitutorial.com
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url