-->

Inilah 3 Perbedaan Mendasar Antara Official TWRP dan Custom TWRP Recovery Smartphone Xiaomi: Nomor 3 Wajib Kamu Tahu!

Pernahkah kamu bertanya-tanya sebenarnya apa berbedaan antara Custom TWRP Official Recovery dengan Official TWRP recovery? dan pastinya juga kamu seringkan mendengar kedua nama tadi? Nah buat kamu yang penasaran, di artikel kali ini admin akan coba jelaskan 3 perbedaan antara Official TWRP dengan Custom TWRP tersebut. Silahkan disimak.

Inilah 3 Perbedaan Mendasar Antara Official TWRP dan Custom TWRP Recovery Smartphone Xiaomi: Nomor 3 Wajib Kamu Tahu!

Inilah 3 Perbedaan Mendasar Antara Official TWRP dan Custom TWRP Recovery Smartphone Xiaomi: Nomor 3 Wajib Kamu Tahu!
Inilah 3 Perbedaan Mendasar Antara Official TWRP dan Custom TWRP Recovery Smartphone Xiaomi: Nomor 3 Wajib Kamu Tahu!

Pastinya sebagai pengguna Smartphone Android, terkhusus untuk pengguna Smartphone Xiaomi sudah sering sekali mendengar nama TWRP Recovery Custom TWRP Recovery. Bahkan bisa dibilang setelah membeli sebuah Smartphone Xiaomi, pasti kamu akan disarankan untuk juga segera menginstall TWRP Recovery. Kenapa demikian? Itu tidak lain karena fungsi dan manfaat dari TWRP recovery yang sangat mendasar dan pastinya akan sangat bergantung sekali dengan tool yang satu ini.

Nah buat yang belum tahu, fungsi utama dari sebuah TWRP Recovery adalah menginstall mod semisal root, custom rom, mod lainnya serta bisa membackup, merestore rom yang digunakan. Termasuk juga bisa memformat dan sebagai media MTP. Dari penjelasan tadi saja kamu sudah bisa menangkap kan kenapa TWRP Recovery pada sebuah Smartphone Xiaomi itu sangat penting?! Namun pernah kah kamu bertanya-tanya apa sih perbedaan dari Custom TWRP Recovery dengan Official TWRP Recovery?

Karena kan pastinya kedua nama tadi sering sekali kamu dengar atau baca tutorialnya di Miuitutorial.com. Pastinya admin yang suka menulis tutorial tersebut tidak sembarangan menyebut nama tadi. Nah buat kamu yang pingin tahu perbedaannya, di artikel kali ini admin akan bahas 3 perbedaan mendasar antara Custom TWRP recovery dengan Official TWRP Recovery. Yuk langsung kita simak sama-sama:

BootScreen Logo
Ciri pertama yang paling kentara dari kedua TWRP Recovery tersebut adalah tampilan BootScreen. Yah memang sih mau BootScreen nya dimanapun tidak akan berpengaruh sama sekali dengan performa atau fitur dari TWRP Recovery tersebut, namun inilah yang menjadi perbedaannya. BootScreen untuk Official TWRP sendiri tampilan dengan logo TWRP dari TeamWin dengan warna biru dan akses abu-abunya sedangkan Custom TWRP Recovery lebih variatif karena tampilannya bisa berbeda-beda. Sebagai contoh untuk custom TWRP recovery dari ZCX tampil dengan logo Alien berwarna merah.

Fitur
Nah ini dia yang akan menjadi pembeda jelas antara Official TWRP Recovery dengan Custom TWRP Recovery yaitu fitur. Sebagai contoh Custom TWRP Recovery memiliki kemampuan untuk tetap bisa menginstall Update rom Miui OTA. Jadi jika ada notifikasi pembaruan rom dari server Xiaomi, maka kamu langsung bisa menginstallnya melalui Custom TWRP Recovery ini, sedangkan jika kamu masih menggunakan Official TWRP Recovery, maka sama sekali tidak bisa menginstall OTA Miui.

Selain itu di Custom TWRP Recovery kamu juga bisa menghapus aplikasi system rom Miui sedangkan di Official TWRP tidak bisa. Terdapat juga kemampuan untuk bisa membackup Modem dan juga partisi EFS. Kedua file ini sangat penting sekali agar Smartphone Xiaomi kamu terbebas dari yang namanya hilang baseband, IMEI, MAC Address dan lain sebagainya yang mengakibatkan Smartphone Xiaomi kamu tidak bisa menangkap sinyal operator.

Selain yang sudah admin sebutkan tadi, masih ada banyak lagi fitur yang terdapat pada custom TWRP recovery, dan pastinya setiap versi Custom TWRP Recovery bergantung pada developernya.

Kustomisasi
Admin yakin sudah pada hafal kan dengan User Interface dari TWRP Recovery. Yah kira-kira seperti itulah tampilannya. Dari zaman ke zaman tidak banyak perubahan. Sehingga membuat kita penggunanya juga merasa bosan. Nah untuk beberapa custom TWRP Sendiri memberikan kemampuan mengganti tampilan atau tema, sehingga tampilannya tidak monoton. Tema ini sendiri ada yang bersifat build in atau sudah bawaan dari TWRP Recovery nya namun juga ada yang bersifat Add on atau bisa kamu gonta-ganti.

Dari ketiga perbedaan tadi, bisa admin bilang untuk urusan update Custom TWRP Recovery sangat bergantung pada developernya, sehingga tak jarang versi Custom ini lebih lambat updatenya atau bahkan ditinggalkan. Sedangkan versi official nya lebih cepat dan juga lebih update soal dukungan versi Rom Android.

Itulah dia 3 perbedaan mendasar antara Official TWRP Recovery dengan Custom TWRP Recovery di Smartphone Xiaomi. Untuk lebih jelasnya bisa kamu tonton videonya di bawah ini:


Jika dirasa bermanfaat silahkan +1, like dan bagikan serta jangan lupa untuk Subscribe channel Miuitutorial Indonesia guna mendapatkan tutorial Xiaomi terbaru berbahasa Indonesia. Salam admin miuitutorial.com

Inilah 3 Perbedaan Mendasar Antara Official TWRP dan Custom TWRP Recovery Smartphone Xiaomi: Nomor 3 Wajib Kamu Tahu!