-->

Cara Mumunculkan Logo Operator Bergambar di Statusbar Xiaomi Miui 10 Terbaru

Tutorial serupa tentang cara menambahkan logo operator di Smartphone Xiaomi ini sebenarnya sudah pernah admin bahas melalui postingan yang ada di sini. Namun admin penasaran saja, apakah cara tersebut juga bisa berfungsi di UI terbaru dari Mi yaitu Miui 10. Secara pada saat mencobanya kemarin masih di Miui 8 atau Miui 9. Nah buat kamu yang penasaran apakah bisa melakukan hal sama di Miui 10. Bisa cek langsung tutorial berikut!

Cara Mumunculkan Logo Operator Bergambar di Statusbar Xiaomi Miui 10 Terbaru

Cara Mumunculkan Logo Operator Bergambar di Statusbar Xiaomi Miui 10 Terbaru
Cara Mumunculkan Logo Operator Bergambar di Statusbar Xiaomi Miui 10 Terbaru

Penting ga penting sih sebenarnya logo operator di status bar, secara tanpa adanya logo operator saja bilah statusbar sudah penuh gegara icon notifikasi dari aplikasi lain. Contohnya saja facebook, Instagram dan Whatsapp yang sekali notif saja bisa bikin sesak. Belum lagi jika kamu memainkan game online, bakal tambah banyak lagi icon notifikasi yang berjejalan.

Namun ya selera orang beda-beda, ada yang suka minimalis dan ada juga yang suka rusuh. Logo operator pun tidak jadi masalah jika ditempatkan di statusbar. Dari Miui nya sendiri sebenarnya sudah memberikan fasilitas untuk menambahkan nama operator di statusbar, akan tetapi hanya sebatas text biasa. Walhasil dari segi estetika sebenarnya tidak menarik.

Oleh karena itu admin menawarkan cara menambahkan nama operator yang lebih keren yaitu dengan Logo bergambar dan karena ini bukanlah fitur bawaan dari rom Miui 10 Xiaomi, maka mau tidak mau kamu harus bisa memenuhi syaratnya sebelum bisa menjalankan tutorialnya yaitu Root. Bebas sih mau root SuperSU atau Magisk. Buat kamu yang belum root bisa ikuti cara mudahnya di sini.

Setelah itu bisa langsung siapkan bahan-bahannya berikut:
- Font Mod support logo operator Indonesia di sini
- Root Explorer di sini

Caranya:
1. Silahkan kamu ambil kedua bahan di atas kemudian taruh di internal memory. Untuk Root Explorer bisa langsung install seperti kamu biasa menginstall aplikasi android lainnya
2. Setelah itu jalankan aplikasi Root Explorer tadi
3. Pergi ke direktori Root/system/font
4. Kemudian backup file ttf bernama NotoColorEmoji.ttf ke Micro SD atau tempat lain yang kamu anggap aman
5. Setelah itu hapus NotoColorEmoji.ttf tadi
6. Kemudian kamu copy lalu pastekan NotoColorEmoji.ttf hasil mod (dari link di atas) ke direktori Root/system/font
7. Kemudian ubah permissionnya menjadi -rw--r--r
8. Setelah itu coba reboot Smartphone Xiaomi kamu
9. Setelah berhasil masuk ke homescreen lagi > masuk ke pengaturan > pilih notifikasi dan status bar > nama operator > kemudian kamu pilih saja logo operator mana yang ingin digunakan
10. Supaya lebih mudah dipahami, sudah admin buatkan tutorialnya berikut:


Entah untuk Miui 10 ini admin belum menemukan pengaturan khusus bagaimana caranya menampilkan logo operator di statusbar pada saat digunakan. Jadi logo operator ini hanya muncul pada Lockscreen saja. Namun nantinya jika admin menemui cara tersebut akan admin segera update tutorial ini.

Nah itulah dia cara menambahkan logo operator bergambar di Xiaomi Miui 10 terbaru. Tutorial ini sudah admin coba sendiri pada Xiaomi Mi5 PRO yang menggunakan Miui 10 dan pastinya juga berfungsi pada Smartphone Xiaomi tipe lain semisal Mi6, Mi8, Redmi Note 4, Redmi Note 5, Redmi Note 6, Redmi Note 7, Redmi 7, Redmi 5, Redmi 6, Redmi 4, Mi MAX, Mi MIX, Mi Note dan lain sebagainya. Silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Miuitutorial Indonesia. Salam admin miuitutorial.com

Cara Mumunculkan Logo Operator Bergambar di Statusbar Xiaomi Miui 10 Terbaru