-->

Cara Save dan Load File XML GCAM pada Smartphone Xiaomi Ranpa Root: Redmi Note 8/PRO

Ada yang masih bingung atau belum tahu bagaimana caranya menyimpan dan membaca (Save dan Load) file XML pada aplikasi Mod GCAM yang ada di Smartphone Xiaomi? dan apa sebenarnya fungsi dari file XML GCAM tersebut? Nah di postingan kali ini admin akan coba bagikan ke kamu setidaknya bagaimana cara membaca dan menyimpan file XML Google Camera pada Xiaomi Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 PRO. untuk lebih jelasnya bisa kamu simak pada postingan ini.

Cara Save dan Load File XML GCAM pada Smartphone Xiaomi Ranpa Root: Redmi Note 8/PRO

Cara Save dan Load File XML GCAM pada Smartphone Xiaomi Ranpa Root: Redmi Note 8/PRO
Cara Save dan Load File XML GCAM pada Smartphone Xiaomi Ranpa Root: Redmi Note 8/PRO

Selama admin menggunakan Smartphone Xiaomi khususnya ketika menggunakan aplikasi GCAM di Xiaomi Mi 5 PRO dan Mi A1, belum ketemu yang namanya file XML. Karena memang pada saat itu pengaturan pada Google Camera didapatkan dari pengalaman atau kebiasaan kita sendiri atau selera sendiri ingin mensetting GCAM itu seperti apa optimalnya. Namun sekarang sepertinya GCAM sudah mendukung penyimpanan file konfigurasi dalam format XML sehingga ketika dibutuhkan oleh pengguna lain bisa disharing atau setidaknya ketika coba pasang GCAM di Smartphone Xiaomi lainnya tidak perlu setting-setting ulang lagi.

Setidaknya itulah fungsi dari file XML yang ada pada GCAM. Di dalam file XML tersebut terdapat berbagai macam pengaturan atau konfigurasi yang mana fungsinya untuk memaksimalkan penggunaan, foto dan video yang dihasilkan oleh GCAM juga bisa jernih dan tajam tanpa perlu melakukan pengaturan manual lagi. Buat mereka yang kurang begitu paham soal pengaturan GCAM ini juga sangat terbantu dengan file XML hasil sharing sehingga bisa langsung di load melalui aplikasi Google Camera.

Setidaknya terdapat 2 metode dalam Save dan Load file XML pada GCAM yaitu:

Metode 1:
1. Silahkan kamu buat folder bernama "Configs" (tanpa tanda kutip) di dalam internal Smartphone Xiaomi kamu
2. Kemudian jalankan aplikasi Google Camera lalu masuk ke opsi lain-lain atau more > setting > lalu tap opsi Save settings
3. Secara otomatis nanti akan muncul opsi untuk menyimpan konfigurasi dari GCAM yang sudah ada
4. Silahkan kamu namai file konfigurasi tersebut lalu tekan tombol save
5. Nah sekarang pengaturan kamera GCAM kamu sudah tersimpan dan sewaktu-waktu bisa di load lagi
6. Untuk mengecek file Configs tadi silahkan kamu gunakan file Manager > lalu masuk ke internal memory. Secara default beralat di direktori /GCam/Configs/ folder (contoh: /GCam/Configs/config-name.xml).

Metode 2:
1. Gunakan File Manager bawaan dari Smartphone Xiaomi atau juga bisa menggunakan file manager dari pihak ketiga, lalu pergi ke direktori "/GCam/Configs/" dan jika tidak ada silahkan kamu buat folder bernama "GCam" di internal memory lalu di dalam folder tersebut kamu buat lagi folder bernama "Configs"
2. Silahkan kamu ambil file Configs GCAM untuk Xiaomi Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 PRO di sini
3. Lalu taruh file XML hasil unduhan tadi ke folder Configs
4. Lanjut jalankan aplikasi GCAM > tap double pada layar kamera dan nanti secara otomatis akan muncul opsi untuk membaca file Configs XML yang mana yang diinginkan
5. Selesai

Jadi semudah itulah cara menyimpan dan membaca file Configs XML pada Google Camera Mod dan file XML tadi bisa kamu sharing ke teman-teman sesama pengguna Smartphone Xiaomi yang kebetulan punya tipe Smartphone Xiaomi yang sama. Tutorial ini tidak sebatas pada Xiaomi Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 PRO saja tapi bisa di semua tipe Smartphone Xiaomi yang GCAM nya itu sudah mendukung penyimpanan Konfigurasi.

Semoga tutorial ini bermanfaat dan jangan lupa untuk +1, like dan bagikan serta subscribe channel Miuitutorial Indonesia untuk Tips dan trik Xiaomi berbahasa Indonesia lainnya. Salam admin miuitutorial.com

Cara Save dan Load File XML GCAM pada Smartphone Xiaomi Ranpa Root: Redmi Note 8/PRO