Baru Pertama Kali Punya Smartphone Xiaomi? Bingung Mau Ngapain? Ikuti Panduannya di sini

Apakah Rom Smartphone Xiaomi Saya Ini Distributor Abal-Abal? Terus Apa Bedanya Rom Official Global, China dan Distributor?

Pasti banyak yang bertanya-tanya apa sebenarnya perbedaan antara rom distributor, Official stable china, stable global, dan developer rom china. Sampai-sampai ketika ingin membeli Smartphone Xiaomi, pertanyaan seperti ini yang sering muncul, "gan apakah rom yang terinstall pada Smartphone Xiaomi tipe ini sudah menggunakan rom global atau masih distributor?", "Tolong donk gan dipasangkan rom official!" jawaban seller "iya bisa gan, tapi ada biaya tambahannya". Silahkan simak ulasan perbedaan antara rom distributor, official, dan developer china ini agar kamu bisa menjadi pembeli Smartphone Xiaomi yang pintar dan tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan! Apalagi buat yang perantauan.. Hehehehe

Apakah Rom Smartphone Xiaomi Saya Ini Distributor Abal-Abal? Terus Apa Bedanya Rom Official Global, China dan Distributor?

Apakah Rom Smartphone Xiaomi Saya Ini Distributor Abal-Abal? Terus Apa Bedanya Rom Official Global, China dan Distributor?
Apakah Rom Smartphone Xiaomi Saya Ini Distributor Abal-Abal? Terus Apa Bedanya Rom Official Global, China dan Distributor?

Sejujurnya admin baru kali ini mengetahui bahwa yang namanya Smartphone bisa ada istilah rom distributor Abal-Abal. Karena pada dasarnya masih baru dalam menggunakan Smartphone Xiaomi ini. Sebagai contoh admin sebelumnya adalah pengguna Smartphone Android Sony Xperia dan selalu membeli secara resmi yang tentunya dengan garansi yang jelas serta tidak ada istilahnya terinstall rom distributor Abal-Abal.

Semenjak menjamurnya e-commerce di Indonesia dan datangnya vendor Smartphone Xiaomi yang menawarkan Smartphone berspesifikasi tinggi dengan harga yang masuk akal, bisa dibilang murah dari kompetitor, membuat admin berpindah haluan ke Smartphone Xiaomi yang ciamik ini.

Pada awalnya xiaomi itu masuk ke Indonesia secara resmi, dimulai dengan produknya Xiaomi Redmi 1s yang hadir via flash sale, disusul Redmi Note 3G, Redmi 2, Mi4i, Redmi 2 Prime yang tentunya beserta garansi resmi.

Istilah rom distributor Abal-Abal ini muncul ketika adanya peraturan pemerintah Indonesia tentang kewajiban vendor ponsel luar apabila ingin berjualan ponsel 4G di Indonesia harus memenuhi kandungan lokal sebanyak 30%. Nah semenjak itulah muncul istilah rom distributor Abal-Abal, karena sekarang Smartphone Xiaomi yang masuk ke Indonesia tidak lagi melalui distributor resmi, ya macem E*a***a. Sebenarnya sih dari jaman Redmi note 3G sudah ada istilah "bukan rom asli", tapi tidak disebut dengan "rom distributor abal-abal" seperti sekarang ini.

Sekarang banyak distributor berlomba-lomba mendatangkan Smartphone Xiaomi ini ke Indonesia karena permintaan yang tinggi dari Mi Fans Indonesia yang ingin sekali segera mencicipi teknologi terbaru dari xiaomi.

Berdasarkan penjelasan di atas, sekarang kamu sudah tahu kan asal mula istilah rom distributor Abal-Abal? Hehehe.. Lantas bagaimana cara membedakan antara rom distributor Abal-Abal, rom official stable global, rom stable china, dan developer rom china supaya kita sebagai pembeli Smartphone juga ikut smart seperti ponselnya? Simak beberapa penjelasan admin miuitutorial.com berikut ini:

Apakah Rom Smartphone Xiaomi Saya Ini Distributor Abal-Abal? Terus Apa Bedanya Rom Official Global, China dan Distributor?
Contoh rom distibutor

Ciri-ciri Rom Distributor Abal-Abal:
- Umumnya rom distributor itu terdiri dari 5 angka atau lebih, contohnya v7.1.1.0.0 atau v7.1.1.9.9.9.9.1.1.1
- Tidak pernah bisa mendapatkan notifikasi update rom dari Xiaomi sekalipun sudah kamu coba refresh berkali-kali dan dengan sangat yakin punya kecepatan internet 10GB/detik
- Sering kali kamu mendapati munculnya iklan secara tiba-tiba di Smartphone Xiaomi kamu atau bahkan iklan tersebut selalu tampil baik di homescreen, notifikasi, ketika membuka aplikasi. Pokoknya iklan tersebut benar-benar mengganggu
- Sering kali aplikasi yang kamu buka tertutup sendiri padahal sudah diupdate via playstore
- Baterai terasa sangat boros sekalipun beberapa aplikasi yang tidak terpakai sudah dihapus, hal ini biasanya dikarenakan manajemen ram rom distributor Abal-Abal yang buruk

Ciri-ciri Rom Official Global Stabil:
- Yang paling kentara dari rom official global adalah sudah terpasangnya playstore beserta aplikasi Google lainnya
- Sudah ada bahasa Indonesianya
- yang tentunya lagi untuk rom Official bisa mendapatkan notifikasi update rom secara resmi dari xiaomi

Ciri-ciri Rom Official China Stabil:
- Bisa dibilang ini adalah kebalikan dari Official Rom Global Stabil
- Tidak ada playstore beserta aplikasi google lainnya
- tidak ada bahasa Indonesia
- tapi pastinya tetap mendapatkan update
- Ciri-ciri tom official china dan global itu adalah terdiri dari 4 angka, contohnya v7.2.3.0, v7.3.2.0 atau v7.3.6.0

Ciri-ciri Rom Developer China
- Biasanya diawali dengan angka 6
- terdapat tulisan beta pada miui version. Silahkan cek di bagian setting > about phone
- lebih cepat dapat update dari kedua rom di atas (china dan global), biasanya 1 minggu sekali di hari hari jumat. Istilahnya orange Friday.
- Kalau ada fitur terbaru dari xiaomi, pasti rom dev china ini yang akan kebagian duluan
- Sampai kapanpun rom dev china akan bersatus beta

"Terus apa yang dimaksud dengan Custom rom Android?"
Custom rom Android adalah sebuah rom smartphone android yang dimofifikasi sedemikian dengan menambahkan beberapa fitur khusus yang tidak terdapat pada official rom atau mengurangi beberapa fitur yang dianggap mengganggu kinerja/performa yang diharapkan oleh sang pembuat custom rom. Apakah smartphone xiaomi memiliki custom rom sendiri? pada dasarnya custom rom dibuat oleh pihak ketiga yang dalam hal ini adalah mi fans sehingga custom rom sendiri tidak dibuat oleh pihak xiaomi. Pada umumnya custom rom pada smartphone xiaomi dibangun dari official developer rom atau yang lebih dikenal beta rom tapi juga ada yang diambil dari based stable rom china.

Sekarang kamu sudah mengetahui bagaimana cara membedakan antara rom distributor abal-abal, rom official china dan global stable dan rom dev china berdasarkan ciri-ciri di atas yang sudah admin paparkan. Lalu bagaimana caranya agar kamu sebagai pembeli smartphone xiaomi tidak mendapatkan rom distributor abal-abal? berikut tips nya:
1. Pastikan kamu membeli smartphone xioami di gerai atau toko resmi karena sudah terjamin baik secara rom maupun garansi. Namun ini berlaku buat smartphone xiaomi tipe lama seperti redmi note 3G, Redmi 2 dan redmi 2 prime, Mi Pad 1 Nvidia, dan yang terbaru adalah Redmi Note 3 PRO Snapdragon
2. Apabila tipe smartphone xiaomi yang kamu incar tidak terdapat pada toko resmi, beli lah di toko online terpercaya kemudian tanyakan kepada penjualnya apakah rom yang terpasang di smartphone xiaomi tersebut masih menggunakan rom distibutor abal-abal atau sudah terpasang official rom (penjual yang baik pasti akan menjelaskan produknya secara jujur). Sehngga ketika kamu menerimanya nanti tidak perlu repot-repot lagi melakukan flashing rom.
3. Bagaimana kalau sudah terlanjur membeli smartphone xiaomi dan ternyata terinstall rom distributor abal-abal? ada dua cara, yaitu kamu flashing rom sendiri atau menyerahkannya pada jasa servisan. Biasanya tempat kamu membeli smartphone xiaomi itu juga menyediakan jasa flashing rom, tapi tidak seluruhnya penjual menyediakan jasa ini.
4. Jika kamu memilih opsi pertama untuk melakukan flashing rom sendiri, sebagai referensi admin coba bantu tampilkan daftar tutorial cara berpindah dari rom distibutor abal-abal ke rom official sesuai dengan tipe masing-masing:
+ Xiaomi Redmi Note 3 Pro di sini
+ Xiaomi Redmi Note 3 Mediatek di sini
+ Xiaomi Redmi Note 2/ Prime di sini
+ Xiaomi Redmi Note 3G di sini
+ Xiaomi Redmi 1s di sini
+ Xiaomi Redmi 2/ Prime di sini
+ Xiaomi Redmi 3 Reguler di sini
+ Xiaomi Redmi 3 PRO di sini
+ Xiaomi Mi4i di sini
+ Xiaomi Mi4c di sini
+ Xiaomi Mi4s di sini
+ Xiaomi Mi5 di sini
+ Xioomi Redmi 3s di sini

Semoga ulasan tentang perbedaan antara rom distibutor, official dan dev rom china ini bermanfaat buat kamu yang sedang ingin membeli smartphone xiaomi. Memiliki smartphone xiaomi itu sebenarnya tidak merepotkan tapi mengasyikkan karena kamu sebagai pemiliknya juga dituntut ikut smart agar bisa memahami smartphone milik sendiri. Jangan lupa +1, like dan bagikan tutorial ini. Salam admin miuitutorial.com

Admin Miuitutorial.com Ingin Sekali Menjawab Setiap Pertanyaan yang Agan Berikan, Hanya Saja Dikarenakan Admin Ada Kegiatan Offline Sehingga Tidak Dapat Selalu Berada di Depan Komputer. Admin Menyarankan Agan untuk Membaca Komentar-Komentar Terdahulu Kemudian Menge-Tag Nama Agan yang Sudah Berhasil Menjalankan Tutorial Tersebut Agar Bisa Medapatkan Respon Jawaban yang Lebih Cepat. Terima Kasih Atas Kerjasamanya