Baru Pertama Kali Punya Smartphone Xiaomi? Bingung Mau Ngapain? Ikuti Panduannya di sini

Touchscreen Smartphone Xiaomi Kamu Gerak-Gerak Sendiri Ketika di Charge? ini Tutorial + Penjelasan Lengkapnya

Padahal tidak disentuh, tapi touchscreen smartphone xiaomi kamu bisa gerak-gerak sendiri? Hemm.. Mungkinkah sedang ada hantu yang coba memainkan ponsel xiaomi kesayanganmu? Nah loch.. jangan-jangan terlalu banyak dosa yang tersimpan di dalam sana? hahaha.. dari pada main tebak-tebakan, mending admin langsung bahas saja dan kasih solusi bagaimana cara mengatasi layar sentuh smartphone xiaomi yang tiba-tiba gerak sendiri. Let's check this out!

Touchscreen Smartphone Xiaomi Kamu Gerak-Gerak Sendiri Ketika di Charge? ini Tutorial + Penjelasan Lengkapnya

Touchscreen Smartphone Xiaomi Kamu Gerak-Gerak Sendiri Ketika di Charge? ini Tutorial + Penjelasan Lengkapnya
Touchscreen Smartphone Xiaomi Kamu Gerak-Gerak Sendiri Ketika di Charge? ini Tutorial + Penjelasan Lengkapnya

Perkara layar sentuh yang bisa gerak-gerak sendiri ini bukan pertama kali admin alami, pada saat dulu masih jadi pengguna smartphone android Xperia juga seperti itu. Terkhusus ketika admin coba mencharge baterai xperia kemudian sambil dimainkan. Rupanya hal ini juga terjadi ketika admin berpindah menggunakan smartphone besutan xiaomi. Sebagai contoh pada saat itu admin menggunakan smartphone xiaomi Redmi Note 3G WCDMA dan hal ini pun terjadi juga ketika admin menggunakan redmi note 3 pro.

Dalam kondisi normal sebenarnya layar sebenarnya tidak ada masalah sama sekali. Semua fungsi touchscreen normal dan bisa mendeteksi sampai 10 titik sentuh namun lagi-lagi ketika digunakan pada saat pengisian baterai, maka layar sentuh smartphone xiaomi redmi note 3 pro admin seperti lompat-lompat. Disentuh apa yang ditekan apa. Pokoknya kayak ditekan oleh hantu. Yang admin khawatirkan adalah jangan-jangan touchscreen xiaomi ini yang rusak. hemm.. Setelah diselidiki ternyata inilah beberapa penyebab kenapa layar sentuh smartphone xiaomi bisa menekan(lompat-lompat) sendiri:

1. Adanya arus listrik statis yang bocor atau masuk dari kabel charger sehingga mempengaruhi sensor layar sentuh pada smartphone xiaomi. Cara mengatasinya adalah
a. Gunakan kepala charger dan kabel data asli xiaomi, karena memang kabel USB asli bawaah xiaomi itu sudah dilengkapi dengan pengisolasi/penahan arus listrik statis yang fungsinya agar tidak merusak komponen yang ada pada ponsel xiaomi itu sendiri, termasuk layar sentuh
b. Jika ternyata kabel USB original xiaomi kamu hilang, dapat diganti dengan kabel USB yang memiliki penghambat atau lebih dikenal dengan ferrite bead a.k.a ferrite core. Nah loch apa itu ferrite bead/ferrite core? Itu tuh kayak tabug kecil biasanya berwarna hitam yang ada di kedua ujung atau salah satu sisi kabel USB. Bentuknya seperti tabung dan kalau diangkat cukup berat. Contoh gambar ferrite bead/ferrite core di bawah ini:

Touchscreen Smartphone Xiaomi Kamu Gerak-Gerak Sendiri Ketika di Charge? ini Tutorial + Penjelasan Lengkapnya

Selain sebagai penghambat atau pengisolasi arus listrik statis yang masuk ke smartphone xioami kamu, ferrite bead/ferrite core ini juga berfungsi sebagai pemberat agar kabel USB kamu tidak mudah jatuh dari atas meja.

c. Seperti pada point A, apabila kepala charger dan kabel USB asli xiaomi hilang. Usahakan untuk membeli yang asli, jangan mudah tergiur pada paket charger murah meriah di konter-konter yang harganya 15rb-an itu. Buat apa coba harga murah tapi kedepannya bisa merusak smartphone xiaomi kamu. Keluar uang lebih bisa menyelamatkan benda kesayangan kamu.
2. Kerusakan pada touchscreen sehingga harus diganti dengan komponen baru. untuk point kedua ini sudah berhubungan dengan hardware. Jadi harus dilakukan penggantian panel layar sentuh pada smarphone xiaomi kamu. Hal in bisa terjadi karena point pertama atau juga karena usia dan kebiasaan kamu dalam meletakkan smartphone. Contohnya menaruh smartphone xiaomi di dalam kantong celana jeans yang ketat. Tanpa kamu sadari, kebiasaan buruk menaruh ponsel xiaomi di kantung celana jeans akan membuat panel layar sentuh terus tertekan, sehingga mempercepat usia taouchscreen xiaomi. Jadi taruh saja di dalam tas atau bagasi kendaraan jika kamu sedang berkendara.

Jadi kesimpulannya, panel layar sentuh smartphone xiaomi yang gerak-gerak sendiri dikarenakan adanya arus listrik statis yang bocor pada kabel USB ataupun berasal dari kepala chargernya. Sehingga terkesan touchscreen tersebut gerak-herak atau lompat-lompat sendiri ketika ditekan.

Okey.. Segala penjelasan yang sudah admin miuitutorial.com paparkan di atas berdasarkan pengalaman admin sendiri. Jadi jika terdapat kekeliruan dalam penyebuta istilah atau apapun itu mohon untuk dikoreksi. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk +1, like dan bagikan tutorial ini supaya admin bisa lebih bersemangat dalam menghasilkan tutorial xiaomi yang lebih berkualitas lagi. Selamat menunaikan shalat jumat by admin miuitutorial.com

Admin Miuitutorial.com Ingin Sekali Menjawab Setiap Pertanyaan yang Agan Berikan, Hanya Saja Dikarenakan Admin Ada Kegiatan Offline Sehingga Tidak Dapat Selalu Berada di Depan Komputer. Admin Menyarankan Agan untuk Membaca Komentar-Komentar Terdahulu Kemudian Menge-Tag Nama Agan yang Sudah Berhasil Menjalankan Tutorial Tersebut Agar Bisa Medapatkan Respon Jawaban yang Lebih Cepat. Terima Kasih Atas Kerjasamanya