Baru Pertama Kali Punya Smartphone Xiaomi? Bingung Mau Ngapain? Ikuti Panduannya di sini

Berminat Membeli Smartphone Seken/Bekas Xiaomi Miui? Biar Aman Bebas Tipu-tipu: Simak 10 Tips Smart Buyer Berikut Ini

Sedang kepincut dengan smartphone xiaomi redmi note 3 pro, atau seri redmi lainnya? atau bahkan flagship xiaomi semisal Mi5 dan Mi Note/PRO. Akan tetapi dana tidak cukup untuk membeli unit baru sehingga kamu berencana untuk membeli dalam kondisi seken/bekasnya saja? Namun kamu takut kena tipu sehingga dapat smartphone xiaomi abal-abal? Bersama admin miuitutorial.com, kali ini admin akan coba kasih panduan cara beli smartphone xiaomi seken/bekas secara aman dan bebas tipu-tipu. Simak berikut ini.

Berminat Membeli Smartphone Seken/Bekas Xiaomi Miui? Biar Aman Bebas Tipu-tipu: Simak 10 Tips Smart Buyer Berikut Ini

Berminat Membeli Smartphone Seken/Bekas Xiaomi Miui? Biar Aman Bebas Tipu-tipu: Simak 10 Tips Smart Buyer Berikut Ini
Berminat Membeli Smartphone Seken/Bekas Xiaomi Miui? Biar Aman Bebas Tipu-tipu: Simak 10 Tips Smart Buyer Berikut Ini

Walaupun terbilang harga smartphone xiaomi itu murah bahkan lebih banyak masuk katogori mid end sampai low end, namun nyatanya peminat ponsel seken a.k.a bekas a.k.a tangan kedua di Indonesia ini masih banyak peminatnya. Padahal kalau dipikir-pikir kenapa tidak beli yang baru saja kan?! hehe.. tapi alasan orang membeli ponsel seken xiaomi karena bisa dapat harga yang jauh lebih murah lagi dari harga barunya. Masuk akal juga, ditambah kondisi barang yang masih cukup layak untuk dibeli.

Pada artikel sebelumnya admin sudah pernah membahas bagaimana cara atau tips mebedakan antara smartphone xiaomi baru (brand new in box) dengan pon xiaomi refurbish di sini. Nah, pada kesempatan ini admin akan coba kasih beberapa tips bagaimana cara membeli ponsel xiaomi seken yang benar, aman dan pastinya bebas tipu-tipu. Jangan sampai kegembiraan kamu setelah meminang smartphone xiaomi idaman itu menjadi sirna lantaran beberapa hal fatal yang akan admin bahas pada artikel kali ini.

1. Sesuaikan Budget dan Tipe Ponsel Xiaomi yang Kamu Incar
Point pertama yang harus kamu tentukan ialah budget. Admin sarankan ambil ponsel xiaomi yang sesuai dengan budget kamu. Misalkan punya dana kisaran 1,5jt sampai 2jt, masih bisa dapat redmi note 3 pro versi 32/3 GB atau Mi4 64GB. Sedangkan jika dana kamu mepet di 1jt, redmi 3/pro bisa jadi pilihan. Intinya apa yang kamu incar sesuaikan dengan dana yang kamu pegang. Jangan sampai cuma gegara ponsel xiaomi seken bisa sampai pinjem uang kosan teman, hahaha..

2. Komparasi Harga
Sama halnya membeli smartphone xioami baru, membeli ponsel xiaomi seken juga harus komparasi harga, tapi ingat jangan sampai tergiur harga super murah. Misalkan jual Mi4 bootloop dengan harga super duper murah. Jangn mudah tergiur karena bisa jadi mi4 tersebut rusak parah atau fake alias palsu. Senagaj dibikin bootloop/brick supaya tidak ketahuan palsunya. Syukur bin bruntung lagi memang kamu dapat harga murah

3. Jika Terpaksa Membeli Online Yakinkan untuk Membeli pada Penjual Terpercaya
Saran admin memang supaya membeli ponsel seken xiaomi secara offline saja karena bisa cek kondisi fisik secara real/nyata. Namun jika ternyata lokasi penjual berbeda kota dengan kamu. Ada baiknya beli pada seller terpercaya. Misalkan sudah memeiliki riwayat penjualan barang sebelumnya lancar atau jika memang penjual baru pertama kali menjual barang, minta penjual untuk rekber di Tokopedia atau Bukalapak agar terhindar dari tindak penipuan. Selain itu tanyakan juga kondisi fisik dari ponsel xiaomi yang kamu incar tadi. Minta kepada penjual untuk memberikan foto dari beberapa sudut secara detail agar apa yang kamu lihat di foto sama kondisinya pada saat kamu terima barang. Oh iya.. sepele namun sangat bermanfaat, minta penjual untuk membungkus ponsel xiaomi tersebut dengan bublewarp ganda agar terhindar dari guncangan bahkan kerusakan pada saat proses pengiriman.

4. Cek Kelengkapan dan Kondisi Fisik
Poin empat ini lebih tepatnya sambungan dari pont tiga tadi yaitu cek secara teliti kondisi fisik smartphone xiaomi tersebut. Lihat dengan jelas dari segala sisi semisal di sudut-sudut apakah ada dent atau baret. Khusus untuk xiaomi berbahan metal, lihat apakah ada semacam gompel di sudut-sudutnya. Selain itu cek juga apakah kabel USB dan kepala charger masih original serta dusbox yang masih utuh. Lebih bagus lagi jika unit xiaomi yang kamu beli tersebut masih masuk masa garansi distributor/TAM. Oh iya, minta juga struk pembelian tangan pertama agar nanti jika terjadi sesuatu bisa dengan mudah klaim ke toko. Sepengetahuan admin dari jaman redmi 1s sampai mi5 pro yang admin pegang ini belum pernah ada headset di dalam paket penjual ponsel xiaomi, jadi jangan bertanya lagi ke penjual apakah headsetnya ada.. hehehe

5. Cek IMEI
Cek IMEI di sini maksudnya cek apakah imei di ponsel xiaomi tersebut masih utuh atau Invalid. Kerena jika invalid berarti ponsel xiaomi tersebut sudah pernah bermasalah sebelumnya sehingga jika kamu gunakan tidak akan bisa digunakan untuk berkomunikasi seperti SMS dan juga telpon bahkan untuk internetanpun tidak bisa. Selain itu cek juga kecocokan antara IMEI tersebut dengan nomor IMEI yang ada di dusbox.

6. Cek Mesin
Untuk smartphone xiaomi keluaran terbaru memang sulit untuk mengecek mesin secara fisik karena design unibody dari xiaomi itu sendiri. Tapi ada baiknya kamu sudah membawa aplikasi sensor box kemudian install di ponsel xiaomi tersebut lalu lihat apakah ada sensor yang error. Sedangkan buat smartphone xiaomi keluaran lama seperti redmi 1s, redmi note 2/prime, redmi note 3G WCDMA, redmi 2/prime, redmi note 4G bisa dengan mudah mengecek kondisi mesin sepeti dengan memperhatikan apakah masih ada segel Mi berwarna orange di salah satu baut kemudian apakah kerta putih tanda air masih berwana putih atau sudah merah. Karena kalau sudah berwarna merah, berarti ponsel xiaomi tersebut pernah kemasukan air.

7. Akun Mi Wajib Sudah Log out
Poin 7 ini paling penting dan jangan sampai kamu lewatkan. Ingat! Jangan pernah mau membeli smartphone xiaomi yang akun Mi nya terkuci. Entah itu alasannya lupa password, akun mi nya dibikinkan orang konter, dibikinkan teman, dan sebagainya. Karena akan cukup sulit mem-Bypass akun MI, terlebih untuk ponsel xiaomi tipe terbaru sekarang. Kamu pastikan penjual melakukan log out akun Mi sebelum proses transaksi terjadi. WAJIB!

8. Jangan Terburu-buru, Cek Ulang Lagi
Agar lebih yakin lagi, cek ulang konsisi, kelengkapan dan akun Mi dari ponsel xiaomi tersebut. Kalau sudah benar-benar yakin tidak ada kendala, silahkan lanjutkan untuk proses transaksi. Jika ada keperluan mendadak, abaikan dulu atau bahkan batalkan COD, minta waktu lain. Karena ada beberapa pembeli yang mungkin ada urusan mendadak, sehingga terburu-buru pada saat COD/ketemuan sehingga tidak benar-benar memeriksa ponsel xiaomi seken yang dia beli. Ketika sampai di rumah baru ketahuan ada minus/cacat dan sebagainya kemudian menyalahkan penjual. Padahal kalau saja teliti pada saat COD, hal-hal seperti ini bisa dihindari.

9. Tanyakan Penjual Bertempat Tinggal Dimana
Maksud dari poin 9 ini agar ada kenapa-napa bisa minta pertanggung jawaban dari penjual. Syukur-syukur yang jual itu kenal atau bahkan masih teman. Misalkan baru kenal, lebih bagus lagi COD/ketemuan di rumah penjual. Selain bisa cek secara puas dan menyeluruh juga bisa menambah teman.

10. Berdoa
Jika kesembilan point di atas sudah kamu lakukan, langkah terakhir ialah berdoa. Hahaha.. namanya juga buatan manusia, pasti ada saja barang cacat pabrik. Semoga kamu tidak mendapatkan produk cacat tersebut.

Selain kesepuluh tips di atas, ada baiknya pada saat COD atau ketemuan, usahakan untuk membawa powerbank sendiri agar bisa dengan mudah melakukan cek/pengetesan charging baterai. Lebih bagusnya lagi COD di siang hari (Malam hari tidak disarankan) di tempat yang ramai semisal cafe, pom bensin, pinggir jalan, pasar dengan maksud agar meminimalisir tindak kejahatan seperti perampokan atau penipuan. Admin sendiri sudah 3x memiliki pengalaman COD menjual ponsel xiaomi seken terhitung dari redmi note 3G, Redmi Note 3 Mediatek, dan yang baru-baru ini redmi note 3 PRO. Kesemuanya alhamdulillah lanjar jaya karena pada saat bertransaksi admin persilahkan calon pembeli untuk cek barang sepuasnya, ga jadi ga apa-apa. Selain itu admin paparkan kekurangan dari ponsel xiaomi yang admin jual.

Semoga Tips aman cara membeli ponsel xiaomi bekas a.k.a seken bebas tipu-tipu ala admin kali ini bermanfaat buat kamu khususnya yang akan membeli ponsel xiaomi seken. Jika kamu punya saran tambahan terkait artikel ini silahkan tulis di kolom komentar. Ingat jadilah smart buyer! Jangan cuma HP nya saja yang smart, hehehe.. Bantu admin untuk +1, like dan bagikan. Salam admin miuitutorial.com

Admin Miuitutorial.com Ingin Sekali Menjawab Setiap Pertanyaan yang Agan Berikan, Hanya Saja Dikarenakan Admin Ada Kegiatan Offline Sehingga Tidak Dapat Selalu Berada di Depan Komputer. Admin Menyarankan Agan untuk Membaca Komentar-Komentar Terdahulu Kemudian Menge-Tag Nama Agan yang Sudah Berhasil Menjalankan Tutorial Tersebut Agar Bisa Medapatkan Respon Jawaban yang Lebih Cepat. Terima Kasih Atas Kerjasamanya