Baru Pertama Kali Punya Smartphone Xiaomi? Bingung Mau Ngapain? Ikuti Panduannya di sini

Kenapa Tidak Ada Fitur Tilt Shift dan Snapshot pada Xiaomi Redmi Note 4 MTK Saya? Ini Tutorial Cara Mengaktifkannya

Kamu merasakan ada fitur kamera yang kurang pada Xiaomi Redmi Note 4 Mediatek sekarang? yup, fitur Tilt Shift dan Snapshot memang absen di Redmi Note 4 MTK. Apa itu tilt shift dan snapshot serta bagaimana cara mengaktifkan fitur tersebut? Melalui tutorial ini admin akan coba bagikan cara memunculkan fitur tersebut. Check this out!

Kenapa Tidak Ada Fitur Tilt Shift dan Snapshot pada Xiaomi Redmi Note 4 MTK Saya? Ini Tutorial Cara Mengaktifkannya

Kenapa Tidak Ada Fitur Tilt Shift dan Snapshot pada Xiaomi Redmi Note 4 MTK Saya? Ini Tutorial Cara Mengaktifkannya
Kenapa Tidak Ada Fitur Tilt Shift dan Snapshot pada Xiaomi Redmi Note 4 MTK Saya? Ini Tutorial Cara Mengaktifkannya

Memang tidak banyak yang menggunakan fitur Tilt Shift dan Snapshot pada smartphone Xiaomi. Agar mudah dioperasikan, mode otomatis memang jadi rekomendasi untuk semua kalangan, terkhusus buat para pemula kayak admin, hehe.. Apa itu mode Tilt Shift dan Snapshot? Admin coba jelaskan secara sederhana dan mudah dipahami saja, mode tilt shift itu yang kalau di foto hasilnya nanti fokus di tengah tapi burem di sekitarnya. Tilt shift itu bukan efek bokeh, namun burem atau sama pada backgroud berbentuk lingkaran. Fokus lingkaran ini bisa kamu atur sendiri ketika mau mengambil foto.

Sedangkan Snapshot itu adalah fitur kamera yang ada di smartphone xiaomi yang mana dengan fitur ini kamu bisa mengambil foto secara cepat. Istilahnya kayak mode quick capture gitu. Hanya saja fitur snapshot ini mengabaikan integrasi autofokus, jadi foto yang dihasilkan dari fitur snapshot kurang fokus atau bahkan sampai berbayang. Sehingga fotur snapshot ini lebih seruing digunakan untuk mengambil moment yang sangat cepat saja. Misalnya nge-gap pacar jalan sama mantannya, hahaha... (kalo punya..)

Agar fitur Snapshot dan Tilt Shift ini bisa diaktifkan pada xiaomi redmi note 4 mediatek, maka langkah pertama yang harus kamu lakukan ialah harus sudah dalam kondisi root, jadi buat kamu yang redmi note 4 nya belum root, silahkan mampir ke sini dulu untuk tutorialnya. Okey admin asumsikan redmi note 4 kamu sudah root SuperSU sekarang, lanjut install aplikasi yang bernama root explorer di sini | di sini | di sini | atau di sini, lalu jalankan aplikasi tersebut. Apabila meminta akses root, silahkan kamu tekan yes/ok. Masuk ke direktori System > etc > device_features> nanti di dalamnya nanti kamu akan menjumpai sebuah file bernama nikel.xml

Caranya:
1. Buka Nikel.xml tersebut, kemudian cari kode berikut: <bool name="support_camera_tilt_shift">false</bool>
2. Tugas kamu adalah merubah tulisan false tersebut menjadi true sehingga kodenya nanti akan menjadi seperti ini <bool name="support_camera_tilt_shift">true</bool>.

3. Eitss.. tugas kamu belum selesai, karena yang kamu aktfikan tadi hanya fitur Tilt shift nya saja, sedangkan fitur Snapshot belum.
4. Cari kode seperti ini <bool name="support_camera_quick_snap">false</bool>, sama seperti tadi kamu ubah tulisan false menjadi true sehingga kode tersebut berubah menjadi <bool name="support_camera_quick_snap">false</bool>

Jika semua kode tadi sudah dirubah silahkan simpan nikel.xml lalu reboot Xiaomi Redmi Note 4 Mediatek kamu akan fitur kameranya bisa aktif. Tutorial ini dibuat Khoirul bin Ade@facebook grup reno4, jadi kredit to him. Admin bantu bagikan agar semua pengguna xiaomi redmi note 4 bisa memaksimalkan fitur kameranya. Selain itu ilmu yang bermanfaat memang harus dibagikan kan? hehe..

Hasil dari foto Tilt Shif anatara lain:

Kenapa Tidak Ada Fitur Tilt Shift dan Snapshot pada Xiaomi Redmi Note 4 MTK Saya? Ini Tutorial Cara Mengaktifkannya
sumber foto by embah gugel and edited by miuitutorial.com

Apakah cara ini juga bisa diterapkan pada tipe smartphone xioami lainnya? sebelumnya caar ini sudah diterapkan pada xiaomi redmi note 3 mediatek, jadi untuk tipe lain seperti redmi note 2/prime, redmi note 3g wcdma dan lainnya bisa. Sekian tutorial cara mudah mengaktifkan/menambahkan fitur Tilt Shift dan Snapshot pada Xiaomi Redmi Note 4 Mediatek. Jika ada yang kurang dipahami dari fitur tersebut, silahkan tanya via kolom komentar dan jangan lupa +1, like dan bagikan tutorial ini. Salam sesama pengguna xiaomi di Indonesia, admin miuitutorial.com

Admin Miuitutorial.com Ingin Sekali Menjawab Setiap Pertanyaan yang Agan Berikan, Hanya Saja Dikarenakan Admin Ada Kegiatan Offline Sehingga Tidak Dapat Selalu Berada di Depan Komputer. Admin Menyarankan Agan untuk Membaca Komentar-Komentar Terdahulu Kemudian Menge-Tag Nama Agan yang Sudah Berhasil Menjalankan Tutorial Tersebut Agar Bisa Medapatkan Respon Jawaban yang Lebih Cepat. Terima Kasih Atas Kerjasamanya