Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk

Xiaomi Mi5, Redmi 4 dan Redmi 3 Series Tidak Bisa Masuk Mode EDL Download Lagi? ByPass dengan Beberapa Cara Berikut Ini

Hello Pengguna smartphone Xiaomi Indonesia! Sudah Pada tahu kah kalau mode download EDL pada beberapa tipe ponsel xiaomi seperti Redmi 4 series, Mi5, Mi5s/Plus, Redmi 3 series sudah di nonaktifkan? Jadi jangan heran jika kamu tidak bisa masuk lagi ke mode EDL downloadn ini. Nah buat kamu yang masih bertanya-tanya apa itu mode EDL Donwload dan apa fungsi dari mode Download EDL pada smartphone Xioami tersebut? Mari kita ulas sama-sama.

Xiaomi Mi5, Redmi 4 dan Redmi 3 Series Tidak Bisa Masuk Mode EDL Download Lagi? ByPass dengan Beberapa Cara Berikut Ini

Xiaomi Mi5, Redmi 4 dan Redmi 3 Series Tidak Bisa Masuk Mode EDL Download Lagi? ByPass dengan Beberapa Cara Berikut Ini
Xiaomi Mi5, Redmi 4 dan Redmi 3 Series Tidak Bisa Masuk Mode EDL Download Lagi? ByPass dengan Beberapa Cara Berikut Ini

Sepengingat admin selama menggunakan smartphone Android, terhitung semenjakan menggunakan Xperia Series by Sony dan Sony Ericsson, bisa dibilang mode fastboot sebagai jalan utama untuk bisa melakukan modifikasi, mulai dari flashing rom, unlock bootloader, install custom TWRP hingga root superSU. Baru semenjak menggunakan smartphone xioami yaitu Redmi Note 3 PRO, admin baru mengenal yang namanya mode Download EDL.

Hal ini disebabkan oleh kebijakan baru dari xiaomi yang mengunci semua bootloader ponsel mereka sedari pabrik. Berbeda ketika dulu admin masih menggunakan Redmi Note 3G WCDMA, Redmi 2, Mi4 bisa dengan mudah melakukan flashing rom melalui mode fastboot. Jadi semenjak kebijakan baru tersebut, bisa dibilang semua smartphone xiaomi mulai dari Redmi Note 3 PRO, Redmi 3/Pro, Redmi 3s/x, Redmi 4/A/Prime, Mi5, Mi5s/Plus, Mi MAX, Mi4c, Mi4s, Mi Note 2, Mi Note PRO harus menginstall rom mereka atau istilah umumnya disebuat flashing rom melalui mode donwload EDL.

Namun apa jadinya jika mode EDL donwload ini secara perlahan mulai dimatikan/ditutup? Nah issue ini yang bikin beberapa pengguna smartphone xioami kalang kabut. Terlebih bagi mereka yang belum sempat melakukan unlock bootloader alias masih berstatus locked bootloader. Seperti yang pernah admin alami ketika ingin mencoba melakukan flashing rom pada Xiaomi Mi5. Ketika mencoba mengetikkan perintah adb reboot edl, bukan mode download yang admin dapatkan tapi malah Mi5 admin restart sendiri. Padahal ketika masih menggunakan rom miui v8.0.2.0 masih bisa leluasa masuk ke mode EDL donwload ini.

Awalnya admin pikir ini dikarenakan Mi5 PRO admin yang sudah berstatus unlock bootloader, rupanya setelah admin lihat di forum-forum, memang benar rom miui 8 untuk Mi5 versi terbaru secara default sudah dinonaktifkan mode EDL donwloadnya. Admin sudah coba cari cara memunculkan lagi mode download EDL pada Mi5 pro ini bahkan sampai mati total dan harus test point segala, namun hasilnya tetap nihil. Berkaca dari pengalaman tersebut, admin akan coba berbagi tips bagaimana cara masuk ke mode download EDL lagi.

1. Coba Lagi Masuk Mode EDL
Terdengar konyol memang, sudah tahu tidak bisa masuk mode EDL download tapi masih disuruh coba lagi, hehe.. Tapi apa salahnya jika kamu coba lagi, siapa tahu memang tidak berhasilnya masuk mode download EDL lebih dikarenakan driver yang belum terinstall dengan benar di komputer kamu, kabel USB yang rusak, atau belum disable driver signature (tutorial di sini). Langkah terakhir dari cara satu ini ialah coba pindah ke komputer lain. Namun jika hasilnya tetap sama juga, silahkan lanjut ke cara nomor 2. Oh iya, cara masuk mode EDL tanpa menggunakan printah alias tinggal sekali klik untuk redmi note 3 pro juga bisa kamu jumpai di sini

2. Coba Metode DFC atau Deep Flash Cable
Sejatinya metode DFC ini lazim digunakan jika smartphone xioami kamu seperti redmi note 3 pro, Mi5 dan lainnya sedang mengalami bootloop, brick sehingga tidak memungkinkan untuk bisa masuk ke homescreen guna mengaktifkan mode USB debugging. Nah metode DFC ini jadi senjata pamungkasnya, untuk tutorial test point bisa kamu jumpai di sini dan di sini

3. Test Point
Seperti halnya DFC, cara test point ini juga lebih sering digunakan untuk menghidupkan kembali smartphone yang mati namun dengan situasi yang lebih menyeramkan ketimbang DFC seperti mati total atau hardbrick. Admin sendiri sudah pernah melakukan test point pada Redmi Note 3 PRO dan Mi5 PRO dan hasilnya smartphone xioami admin yang cuma berkedip merah LED nya atau bahkan yang sampai mati total bisa dihidupkan kembali. Nah karena bisa melakukan flashing rom dengan metode test point inilah berarti bisa juga digunakan untuk mem-bypass mode EDL download yang sudah dikunci. Hal ini jugalah yang sudah dilakukan oleh beberapa pengguna Xiaomi Redmi 4 prime dan Redmi 4A yang tidak bisa melakukan flashing rom padahal official rom globalnya sudah keluar.

Berikut adalah daftar tutorial cara test point pada beberapa model smartphone xioami yang sudah pernah admin bagikan:
a. Redmi Note 3 PRO di sini
b. Redmi 3s/x di sini
c. Redmi 4 Prime di sini
d. Redmi 4A di sini
e. Mi5 di sini
f. Mi4 di sini
g. Mi MAX di sini
h. Mi5s di sini
i. Mi3 di sini
j. Redmi Note 4G/Redmi Note Prime di sini
k. Redmi 2/Prime di sini dan di sini
l. Selengkapnya juga bisa ke sini

Tentunya metode test point ini adalah cara terakhir yang bisa kamu lakukan guna mem-bypass mode EDL donwload, karena dengan menggunakan cara test point ini bisa dipastikan kamu harus merusak segel garansi. Oh iya, sejauh ini test point hanya admin temukan pada smartphone xiaomi yang menggunakan prosesor dari Snapdragon by Qualcomm, sedangkan untuk ponsel Xiaomi yang menggunakan prosesor Mediatek masih aman-aman saja.

Saran dari admin agar kedepannya tidak terkendala lagi masuk ke mode EDL download, ada baiknya kamu melakukan unlock bootloader sehingga bisa dengan mudah melakukan flashing rom dimanapun dan kapanpun tanpa harus repot-repot lagi berurusan dengan komputer dan juga Mi Flashtool. Untuk tutorial unlock bootloader bisa kamu lihat di sini. Sekian tips cara masuk ke mode EDL download pada smartphone Xiaomi. Apabila kamu punya cara lain yang lebih mudah, silahkan tulis di kolom komentar. bantu admin untuk senantiasa +1, like dan bagikan. Salam admin miuitutorial.com

Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk: Admin Miuitutorial.com Ingin Sekali Menjawab Setiap Pertanyaan yang Agan Berikan, Hanya Saja Dikarenakan Admin Ada Kegiatan Offline Sehingga Tidak Dapat Selalu Berada di Depan Komputer. Admin Menyarankan Agan untuk Membaca Komentar-Komentar Terdahulu Kemudian Menge-Tag Nama Agan yang Sudah Berhasil Menjalankan Tutorial Tersebut Agar Bisa Medapatkan Respon Jawaban yang Lebih Cepat. Terima Kasih Atas Kerjasamanya