Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk

5 Alasan Kenapa Smartphone Xiaomi Saya Tidak Mendapatkan Notifikasi Update OTA Miui 8 Versi Terbaru: Kamu Normor Berapa?

"Kenapa Smartphone Xiaomi saya tidak mendapatkan pembaruan Rom Miui 8 via OTA? Padahal teman-teman saya yang lain sudah mendapatkan notifikasi update? Apakah rom yang saya gunakan masih rom distributor? Jangan-jangan ponsel Xiaomi saya palsu alias fake? Kok Xiaomi pilih kasih dalam memberikan update? Atau karena saya kurang tampan dan pemberani?" Kalau admin sih setuju alasan terakhir, hehe.. yuk kita bahas sama-sama kenapa sebuah smartphone Xiaomi tidak bisa mendapatkan update rom Miui 8 terbaru via OTA.

5 Alasan Kenapa Smartphone Xiaomi Saya Tidak Mendapatkan Notifikasi Update OTA Miui 8 Versi Terbaru: No. 6 Bikin Heboh

5 Alasan Kenapa Smartphone Xiaomi Saya Tidak Mendapatkan Notifikasi Update OTA Miui 8 Versi Terbaru: Kamu Normor Berapa?
5 Alasan Kenapa Smartphone Xiaomi Saya Tidak Mendapatkan Notifikasi Update OTA Miui 8 Versi Terbaru: Kamu Normor Berapa?

Kalau kamu perhatikan di grup-grup facebook Xiaomi, ada cukup banyak pengguna yang menanyakan pertanyaan-pertanyaan serupa seperti "Kenapa Smartphone Xiaomi saya tidak bisa mendapatkan update OTA?, kenapa saya masih tidak dapat notifikasi update rom miui 8 padahal pengguna yang lain dapat?" Dan sebagainya. Nah intinya mereka penasaran kenapa tidak mendapatkan pemberitahuan update, padahal jelas-jelas ada pembaruan ke miui 8 versi terbaru. Berdasarkan pengamatan dan pengalaman admin selama menggunakan Smartphone Xiaomi, ada 5 alasan kenapa ponsel Xiaomi sulit atau bahkan tidak mendapatkan update OTA"

1. Masih Menggunakan Rom Distributor Abal-abal
Yup alasan yang paling klasik serta populer ialah masih terpasang rom distributor abal-abal. Ya mau gimana lagi soalnya hampir semua Smartphone Xiaomi yang masuk ke pasar Indonesia dibawa oleh distributor. Kalaupun ada yang resmi tidak banyak jumlahnya seperti Redmi 1s, Redmi 2, Redmi Note 3G WCDMA, Redmi 4x, Redmi 4A, Redmi Note 4 Pro with Snapdragon, Mi 4i. Itu pun masih ada juga kok yang dijual di distributor. Jadi buat pengguna baru atau yang berencana membeli Smartphone Xiaomi ada baiknya untuk menanyakan terlebih dahulu ke penjualnya apakah ponsel Xiaomi yang mereka jual masih terpasang rom distributor atau sudah menggunakan rom official Miui. Buat yang sudah terlanjur membeli tanpa bertanya sebelumnya, bisa membaca artikel di sini tentang bagaimana cara membedakan antara rom distributor abal-abal dengan rom official miui 8.

2. Sudah Terpasang Custom TWRP dan Root SuperSU
Sadar ataupun tidak, buat pengguna Smartphone Xiaomi yang sudah menginstall custom TWRP dan root superSU maka ponsel Xiaomi mereka akan kesulitan untuk mendapatkan notifikasi pembaruan miui 8 via OTA. Hal ini terjadi karena ada modifikasi file di dalam sistem rom Miui 8 sehingga meniadakan notifikasi update. Sekalipun muncul notifikasi pembaruan miui 8 rom via OTA maka akan muncul error "Can't Verify Update" (cek di sini untuk penjelasan lengkapnya, jadi jangan jika sudah mengunduh file OTA zip nya namun malah error proses instalasi

3. Pernah Diinstall Mod
Kalau yang ini sebelas dua belas lah dengan no. 2 di atas dan kamu pasti sudah pada tahu alasannya. Apalagi smartphone Xiaomi yang sudah dihapus berbagai aplikasi bawaannya, jamin tambah sulit lagi untuk menginstall update OTA. Oleh karena itu buat admin lebih prepare install full rom ketimbang via OTA karena file full rom nya suatu waktu nanti bisa digunakan kembali untuk merestore rom dan sebagainya
.
4. Tidak Terdaftar Sebagai Beta Tester
Biasanya notifikasi update rom akan muncul di smartphone Xiaomi kamu jika sebelumnya sudah mendaftarkan diri sebagai Beta tester. Sepengingat admin ketika jaman masih pakai Xiaomi Redmi Note 3 PRO kemarin ada lowongan untuk menjadi beta tester rom Miui 8 (waktu itu masih Miui 7), jika kamu tertarik menjadi beta tester maka bisa mendaftarkan akun mi kamu ke administrator forum Miui. Lalu kamu akan diminta untuk menginstall rom beta melalui link yang sudah disediakan. Nanti jika ada pembaruan dari rom Miui beta tersebut maka kamu bisa mendapatkan notifikasi update via OTA. Buat yang belum terdaftar sebagai beta tester namun masih ngotot untuk menggunakan rom beta (seperti contoh ini), maka kamu tidak akan mendapatkan notifikasi update. Jadi wajib minta file update OTA nya melalui pengguna yang sudah terdaftar sebelumnya menjadi beta tester.

5. Random Update
Berbeda dengan kasus beta tester di atas yang harus sudah mendaftarkan diri sebelumnya, Random update ini hanya akan muncul pada pengguna tertentu saja. Tertentu di sini maksudnya pihak Development Xiaomi memilih secara acak dan itu jumlahnya tidaklah banyak. Random update biasanya diberikan untuk menguji sekaligus mendapatkan feed back (umpan balik) dari pengguna terkait rom yang akan mereka berikan secara global. Misalkan versi rom Miui 8 Global stabil sekarang ini adalah 8.2.2.0, nah bakal ada beberapa pengguna saja yang mendapatkan notifikasi update ke 8.2.4.0, dan setelah diinstall pengguna memberikan feed back baik maka pihak xiaomi akan meneruskan update tersebut ke pengguna Xiaomi secara menyeluruh. Namun jika terdapat bug, maka bisa jadi update tersebut akan ditunda sementara atau bahkan di Rolling out (ditarik kembali ke versi yang lebih jadul). Pernah kejadian di Xiaomi Redmi Note 3 PRO. Admin lupa versi rom keberapa, tapi benar-benar ditarik jauh ke versi belakang.

6. Kurang Tampan dan Varokah
Hahaha... kalau alasan yang ini cuma bercanda saja. Jangan di ambil hati. Tenang masih ada emak yang akan mengakui kamu sebagai anak paling tamvan sedunia, hahaha..

Sekarang sedikit banyak sudah tahukan kenapa Smartphone Xiaomi kamu tidak mendapatkan notifikasi update rom Miui 8 versi terbaru via OTA? Jadi silahkan perbaiki mana yang masuk kategori kamu. Kalau kamu bukan pengguna yang suka mod atau oprek-oprek, pakai smartphone Xiaomi untuk keperluan biasa saja bakal lebih mudah mendapatkan notifikasi update. Kalau admin sendiri lebih suka update full rom ketimbang OTA, entah kenapa karena memang sudah suka dari awal seperti itu. Oh iya jadi kelupaan, buat kamu yang tetap kekeuh ingin pasang custom TWRP tapi juga ingin mendapatkan notifikasi update rom miui 8 via OTA bisa menggunakan custom TWRP ZCX. Karena TWRP ZCX ini ada opsi untuk tetap bisa menginstall update OTA. Untuk saat ini memang tidak semua device Xiaomi kebagian TWRP ZCX , jadi silahkan kamu cek saja melalui kategori yang ada di sini. Okey sekian artikel kali ini tentang alasan kenapa ada Smartphone Xiaomi yang tidak mendapatkan notifikasi update OTA. Silahkan tulis di kolom komentar jika ada yang kurang dipahami. Jangan lupa +1, like dan bagikan. Semoga bermanfaat, salam admin miuitutorial.com

Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk: Admin Miuitutorial.com Ingin Sekali Menjawab Setiap Pertanyaan yang Agan Berikan, Hanya Saja Dikarenakan Admin Ada Kegiatan Offline Sehingga Tidak Dapat Selalu Berada di Depan Komputer. Admin Menyarankan Agan untuk Membaca Komentar-Komentar Terdahulu Kemudian Menge-Tag Nama Agan yang Sudah Berhasil Menjalankan Tutorial Tersebut Agar Bisa Medapatkan Respon Jawaban yang Lebih Cepat. Terima Kasih Atas Kerjasamanya