Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk

Benarkah Layar LCD pada Smartphone Xiaomi Rawan Terkena Burn In? Lantas Bagaimana Cara Memperbaikinya?

Apa itu Burn In LCD? Apakah Burn In LCD sama dengan Dead Pixel? Kok ada yang pernah melaporkan jika layar pada Smartphone Xiaomi Redmi Note 4 PRO terkena Burn In. Apakah layar pada ponsel Xiaomi rawan terhadap Burn In? Nah untuk menjawab semua pertanyaan itu, admin miuitutorial.com sudah buatkan artikelnya. Silahkan disimak.

Benarkah Layar LCD pada Smartphone Xiaomi Rawan Terkena Burn In? Lantas Bagaimana Cara Memperbaikinya?

Benarkah Layar LCD pada Smartphone Xiaomi Rawan Terkena Burn In? Lantas Bagaimana Cara Memperbaikinya?
Benarkah Layar LCD pada Smartphone Xiaomi Rawan Terkena Burn In? Lantas Bagaimana Cara Memperbaikinya?

Walau mungkin tidak semua orang pernah mengalaminya, atau mungkin memang belum pernah saja hingga sudah kejadian baru mencari artikel tentang cara memperbaikinya. Pada beberapa kasus ada sejumlah pengguna Smartphone Xiaomi yang pernah mengalami masalah pada layar LCD nya. Bukan Dead Pixel, Dead line Pixel seperti yang pernah admin bahas di sini, tapi tentang Burn In. Apa itu Burn in?

Kalau diartikan berdasarkan Google Translate sih, Burn in itu artinya terbakar di dalam, tapi masak iya ada acara bakar-bakaran di layar LCD Xiaomi? Burn In itu sendiri adalah kondisi dimana bagian tertentu dari layar Xiaomi meninggalkan bekas tampilan dalam waktu yang cukup lama.
Contoh sederhananya saja kamu membuka facebook, terus secara random ada yang membagikan logo facebook gede di beranda kamu. Nah logo itu ternyata mengandung warna yang cukup pekat sehingga logo ini tampak seperti menempel di layar sekalipun kamu sudah men-scroll beranda kamu atau membuka aplikasi lain.

Masalah Burn in sendiri sebenarnya tidak hanya menimpa pengguna Smartphone Xiaomi. Tapi bis juga terjadi pada smartphone buatan vendor lain. Untuk Xiaomi sendiri sudah ada pengguna Xiaomi Redmi Note 4 PRO with Snapdragon yang melaporkan kejadian Burn In Layar ini, yang kemudian diikuti oleh beberapa pengguna Xiaomi lain yang melaporkan jika mereka pernah mengalami hal yang sama.

Burn in layar LCD juga ada tingkatannya mulai dari yang ringan hingga yang parah. Untuk yang ringan biasanya akan ditandai dengan gambar dari hasil Burn in tadi muncul samar-samar pada layar dan biasanya masih bisa diatasi dengan mendinginkan layar LCD tersebut. Bagaimana cara mendinginkannya? Tinggal matikan saja Smartphone Xiaomi kamu lalu taruh di permukaan yang agak sejuk, lantai semen atau keramik misalnya (Ga dicelup ke air juga kali, haha)

Nah untuk Burn in tingkat sedang ini kayak gambling, kalaupun berhasil setidaknya butuh waktu lama untuk menghilangkan hasil dari Burn in tadi. Caranya juga masih sama yaitu dengan mendinginkan layar tersebut seperti yang sudah admin jelaskan di atas. Sedangkan untuk Burn In layar LCD yang sudah parah, mau tidak mau kamu harus mengganti panel LCD tersebut dengan yang baru.

Jika dirasa tidak terlalu mengganggu, abaikan saja efek dari Burn In layar ini, namun memang tidak dapat dipungkiri sangat sulit untuk mengabaikan bercak sekecil apapun dari layar LCD apalagi sampai Dead Pixel, Dead line Pixel hingga Burn in. Apa sih sebenarnya penyebab dari Burn in pada panel LCD Xiaomi?

Sama halnya seperti Yellowish, yellow tint, Dead Pixel dan line Dead Pixel adalah cacat pembuatan LCD dari pabrikan LCD itu sendiri selain itu juga pengaruh dari tipikal LCD nya. Untuk Xiaomi sendiri sejauh ini panel LCD yang gunakan dibuat oleh beberapa manufaktur seperti boe, Jdi, Sharp, Tianma dan kesemuanya itu dibuat random.

Jadi sekalipun sama-sama Xiaomi Redmi Note 4 PRO atau Redmi Note 3 PRO, kamu akan cukup sulit menemukan panel LCD dari 1 merek yang sama. Contoh saja admin dulu pernah pakai Redmi Note 3 PRO dapat panel LCD Boe yang cenderung warm, tapi ada juga pengguna Kenzo lain yang dapat panel LCD Tianma. Setelah pindah ke Mi5 PRO dapat panel JDI. Jadi faktor dari tipikal LCD itu juga berpengaruh terhadap kasus Burn in.

Silahkan kamu tulis cara yang lebih mudah memperbaiki layar LCD Xiaomi yang terkena Burn In di kolom komentar. Walau mungkin jarang ada yang kena, namun setidaknya bisa menambah referensi kamu kalau-kalau mungkin terkena kasus Burn In. Sekian tutorial kali ini semoga bermanfaat, dan jangan lupa untuk +1, like dan bagikan. Salam admin miuitutorial.com

Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk: Admin Miuitutorial.com Ingin Sekali Menjawab Setiap Pertanyaan yang Agan Berikan, Hanya Saja Dikarenakan Admin Ada Kegiatan Offline Sehingga Tidak Dapat Selalu Berada di Depan Komputer. Admin Menyarankan Agan untuk Membaca Komentar-Komentar Terdahulu Kemudian Menge-Tag Nama Agan yang Sudah Berhasil Menjalankan Tutorial Tersebut Agar Bisa Medapatkan Respon Jawaban yang Lebih Cepat. Terima Kasih Atas Kerjasamanya