Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk

Berapa Kalipun Kamu Ganti Layar LCD Xiaomi Mi5 Selalu Bergaris (Dead Pixel)? Mungkin Ini Solusinya

Sudah coba gonta-ganti rom, bahkan beberapa kali ganti panel LCD, namun masih saja muncul garis-garis pada layar Xiaomi Mi5 kamu? Diklaim teknisi hape jika yang bermasalah dan perlu penggantian adalah eMMC? Padahal Mi5 pakai UFS? Dari pada salah langkah berujung kerugian. Simak cara memperbaikinya berikut ini (berdasarkan pengalaman).

Berapa Kalipun Kamu Ganti Layar LCD Xiaomi Mi5 Selalu Bergaris (Dead Pixel)? Mungkin Ini Solusinya

Berapa Kalipun Kamu Ganti Layar LCD Xiaomi Mi5 Selalu Bergaris (Dead Pixel)? Mungkin Ini Solusinya
Berapa Kalipun Kamu Ganti Layar LCD Xiaomi Mi5 Selalu Bergaris (Dead Pixel)? Mungkin Ini Solusinya

Salah satu bagian vital pada sebuah smartphone dalam hal ini adalah Xiaomi Mi5 adalah layar LCD. Yup walaupun kebanyakan orang akan memperhatikan spesifikasi semisal jenis prosesor Snapdragon berapa yang dipakai, GPU adrenonya versi berapa atau kapasitas RAM nya berapa giga, namun semua itu tidak akan berguna jika tidak dibarengi dengan tampilan layar LCD yang memukau. Namun begitu ada masalah yang cukup serius yang sering kali menimpa panel LCD, tidak lain dan tidak bukan adalah munculnya Dead Pixel, stuck Pixel dan yang baru-baru ini menimpa pengguna Xiaomi Mi5 adalah Striping Dead Pixel atau line Dead Pixel.

Istilah Line Dead Pixel atau Striping Dead Pixel sendiri bukanlah istilah baku yang sering kamu dengar, yup ini adalah istilah yang admin buat sendiri agar lebih mudah dalam penyebutannya, yang mana layar LCD pada Xiaomi Mi5 yang kena Striping Dead Pixel atau line Dead Pixel akan muncul garis-garis sendiri atau bahkan terlihat mengotak seperti membentuk sebuah motif. Motifnya sendiri beragam dan ini bukanlah bagian dari seni. Kecuali kalau memang kamu anggap Striping Dead Pixel atau line Dead Pixel ini adalah sesuatu yang keren.

Salah satu pengguna Xiaomi Mi5 yang kena Striping Dead Pixel atau line Dead Pixel ini adalah agan Akhmad Arifin Makhfudh@facebookgrupgemini yang sudah coba ke tukang servis untuk diganti dengan panel LCD yang baru namun hasilnya tetap saja garis-garis tersebut muncul. Bahkan setelah gonta-ganti LCD berapa kalipun tetap saja muncul garis-garis tersebut. Padahal harga panel LCD Mi5 sendiri kan tidak murah. Belum lagi setelah diganti LCD, teknisinya malah bilang yang kena bisa jadi eMMC. Just Info saja, Xiaomi Mi5 tidak menggunakan eMMC namun UFS yang mana UFS adalah generasi penyimpanan lebih bagus dari eMMC. Yup Memang masih cukup sulit untuk mencari spare part penggantinya.

Silahkan dikoreksi, sepengetahuan admin selama menggunakan Smartphone Android terkhusus Xiaomi ini terhitung dari Redmi Note 3G WCDMA, Redmi Note 3 MTK Hennesy, Redmi Note 3 PRO Kenzo hingga Mi5 PRO Gemini, yang namanya rusak atau bermasalah di UFS dan eMMC maka Smartphone Xiaomi tersebut akan sulit boot atau yang lebih parahnya lagi tidak bisa diflashing sama sekali menggunakan MI Flashtool.

Pernyataan ini juga admin dapatkan dari beberapa pengunjung miuitutorial.com yang sering bertanya serta berbagi informasi seputar masalah yang sama dan hasilnya memang Smartphone Xiaomi yang mengalami kerusakan pada eMMC nya akan menemui masalah pada saat boot, tiba-tiba Freeze atau beku sendiri saat digunakan, dan yang parah tidak bisa diflashing. Sedangkan untuk kasus layar LCD Xiaomi Mi5 yang muncul garis-garis tersebut berdasarkan dari salah seorang pengguna Mi5 juga yang pernah mengalami masalah ini adalah dikarenakan masalah pada IC Power.

Yup IC Power! Adalah agan Muhammad Yunus@facebookgrup Gemini yang pernah mengalami masalah Striping Dead Pixel atau line Dead Pixel. Beliau juga pernah berkonsultasi dengan teknisi ponsel dan hasilnya sama yaitu disarankan untuk melakukan penggantian panel LCD namun sebelum menggantinya agan Yunus terlebih dahulu membuat perjanjian jika benar panel LCD yang bermasalah silahkan diganti tapi jika bukan coba cek part komponen yang lain. Dan benar setelah dilakukan penggantian LCD, tetap saja muncul garis-garis nyata pada LCD Mi5, diganti berapa kalipun hasilnya sama.

Setelah dilakukan pengecekan pada komponen lain, didapati bahwa IC Power sudah tidak layak lagi digunakan, untuk itu perlu dilakukan penggantian part IC Power dan hasilnya selama 8 bulan ini sudah tidak muncul lagi garis-garis aneh di panel LCD. Nah buat kamu yang mengalami hal sama seperti di atas, silahkan cari IC Power dengan kode PM8996 dan PMI8994. Masing-masing harganya Rp 100.000,- sedangkan untuk upah pasangnya Rp 150.000,- (tergantung dari daerah masing-masing juga). Kedua IC Power tadi bisa kamu dapatkan di toko Online atau tempat-tempat penjualan spare part hape.

Berapa Kalipun Kamu Ganti Layar LCD Xiaomi Mi5 Selalu Bergaris (Dead Pixel)? Mungkin Ini Solusinya
IC Power PM8996 Xiaomi Mi5

Aslinya masalah LCD bergaris pada Xiaomi Mi5 ini dipostingkan pada grup facebook. Hanya saja postingan di grup sering kali tenggelam tertimpa dengan post yang lain dan admin lihat post seperti ini bermanfaat, siapa tahu ada yang mencari masalah spesifik seperti ini tapi bingung cara menyebutkannya seperti apa. Untuk itu admin buatkan artikel khususnya (All kredit to them).

Berapa Kalipun Kamu Ganti Layar LCD Xiaomi Mi5 Selalu Bergaris (Dead Pixel)? Mungkin Ini Solusinya
IC Power PMI8994 Xiaomi Mi5

Sekian tutorial cara memperbaiki LCD yang bergaris pada Xiaomi Mi5. Buat kamu pengguna Xiaomi yang sudah coba gonta-ganti rom serta panel LCD namun hasilnya tetap saja sama. Bisa coba saran di atas. Jadi tidak terbatas pada Mi5 saja, bisa kamu praktekkan pada Mi4, Mi4i, Mi4s, Mi4c, Mi5s/Plus, Redmi Note 2.Prime, Redmi 3s/x/Prime, Redmi 3/Pro, Redmi 4/A/Prime, Redmi 2/Prime, Mi MAX/2, Mi Note/Pro, dan sebagainya. Semoga bermanfaat, salam admin miuitutorial.com

Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk: Admin Miuitutorial.com Ingin Sekali Menjawab Setiap Pertanyaan yang Agan Berikan, Hanya Saja Dikarenakan Admin Ada Kegiatan Offline Sehingga Tidak Dapat Selalu Berada di Depan Komputer. Admin Menyarankan Agan untuk Membaca Komentar-Komentar Terdahulu Kemudian Menge-Tag Nama Agan yang Sudah Berhasil Menjalankan Tutorial Tersebut Agar Bisa Medapatkan Respon Jawaban yang Lebih Cepat. Terima Kasih Atas Kerjasamanya