Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk

Apa itu DAC dan Bagaimana Cara Mengetahui Jenis DAC pada Smartphone Xiaomi? Ini Tutorialnya!

Apa itu DAC dan apakah Smartphone Xiaomi juga memiliki DAC? Jika Xiaomi punya DAC, lantas DAC seperti apa yang dipasangkan? Apakah Dedicated DAC atau SoC DAC? Bagaimana cara mengetahui jenis DAC yang tertanam pada Smartphone Xiaomi? Dari pada penasaran, coba tutorial yang satu ini.

Apa itu DAC dan Bagaimana Cara Mengetahui Jenis DAC pada Smartphone Xiaomi? Ini Tutorialnya!

Apa itu DAC dan Bagaimana Cara Mengetahui Jenis DAC pada Smartphone Xiaomi? Ini Tutorialnya!
Apa itu DAC dan Bagaimana Cara Mengetahui Jenis DAC pada Smartphone Xiaomi? Ini Tutorialnya!

Tahukah kamu apa saja yang sering diributkan anak Audiophile kere hore selain cans (baca headset, Headphone, IEM) karakter, merek, dan jenis apa saja yang cocok menemani sebuah DAP (Digital Audio Player)? DAC atau Digital Audio Converter, yup bahasan yang satu ini tidak pernah lepas dari pecinta Audiophile. Tujuan mereka cuma satu yaitu bisa merasakan Eargasm yang sesungguhnya.

Kenapa DAC menjadi topik yang paling sering diperbincangkan? Tidak lain karena DAC adalah mesin utama dari pengolah algoritma suara. Bagus, mahal bahkan murah sekalipun, DAC akan sangat berperan penting dalam menentukan detail suara. Biasanya semakin bagus DAC maka hasil suara yang diolah pun semakin bagus.

Namun begitu peran Cans juga sangat berpengaruh, saling berhubungan. Ada Digital Audio Converter (DAC) yang punya karakter warm (contohnya Wolfson pada iPod 5.5 video) dan Cirrus Logic pada iPhone generasi kelima dengan karakternya yang Bright.

Setiap orang punya selara yang berbeda-beda. Ada yang suka Warm karena lebih nyaman digunakan dalam waktu lama, lebih adem, Sound Stage yang luas dan ada juga yang suka DAC tipikal Bright a.k.a jernih dengan maksud ingin mendapatkan detail lebih dalam.

Nah masalahnya buat Audiophile besertifikat kere hore (contohnya admin), memiliki sebuah DAP dengan DAC khusus yang diperuntuhkan untuk Hi-Res Audio bukanlah sebuah prioritas, dalam artian harus punya satu DAP yang cuma buat play musik.

Cukup dengan memanfaatkan Smartphone Xiaomi yang selama ini sudah dipunya.
"Apakah semua Smartphone Xiaomi punya DAC?" So pasti, bahkan Nokia 3310 jadul pun punya DAC. Karena kalau tidak ada DAC tidak akan ada suaranya. Dulu DAC (Digital Audio Converter) bukanlah suatu bagian yang menjadi prioritas, namun semenjak adanya Hi-Res Audio, maka membeli sebuah Smartphone Xiaomi pun menjadi sebuah pertimbangan sendiri.

Hingga saat ini, baru ada Xiaomi Mi Note PRO yang punya dedicated DAC alias DAC terpisah dari prosesor yang mana membuat keluaran suara jadi lebih kaya, detail dari pada ponsel Xiaomi lain. Ditahun 2017 ini adalah Xiaomi Mi A1 yang merupakan hasil kolaborasi dengan Project Google melalui Android One. Digadang-gadang juga memiliki performa bagus dibidang suara karena sudah ada DAC khusus.

Nah yang jadi pertanyaannya sekarang adalah bagaimana cara mengetahui DAC yang sudah terpasang pada Smartphone Xiaomi? Okelah memang ponsel Xiaomi sekarang bukan Mi A1 atau Mi Note PRO, namun setidaknya dengan mengetahui jenis DAC, kamu akan sedikit tahu serta bisa mencari informasi, seperti apa karakter DAC yang kamu miliki.

Oleh karena itu, admin akan bagikan cara mengetahui jenis DAC yang ada pada Smartphone Xiaomi. namun sebelum itu, pastikan ponsel Xiaomi kamu sudah dalam keadaan root superSU, buat yang belum root bisa mampir ke sini.

Bahan:
- Minimal ADB dan fastboot di sini
- Android Emulator di sini

Cara 1: Via CMD
1. Aktifkan mode USB debugging terlebih dahulu pada Smartphone Xiaomi kamu dengan cara tap 7x pada Miui version di about phone
2. Sambungkan Smartphone Xiaomi ke komputer via kabel USB
3. Jalankan Minimal ADB dan Fastboot lalu ketikkan perintah "adb shell" tanpa tanda kutip lalu tekan enter
4. Dilanjutkan dengan mengetikkan perintah "su" tanpa kutip juga
5. Kemudian ketikkan "cat /proc/asound/cards"
6. Lalu lihat hasilnya

Cara 2: Via Android Emulator
1. Untuk cara kedua ini sebenarnya sama saja hanya beda media
2. Jalankan Android Emulator > ketikkan perintah su
3. Lanjut ketikkan perintah cat /proc/asound/card
4. Kemudian enter
5. Agar lebih mudah dipahami, sudah admin buatkan tutorial ini dalam bentuk video:


Sejauh ini admin belum mendapatkan tentang spesifikasi detail dari DAC yang tertanam pada Smartphone Xiaomi, karena pada umumnya DAC ini adalah satu paket atau bawaan dari SoC Snapdragon dan Mediatek. Walhasil DAC ini mengikuti seri Prosesor.

Ini hanya berdasarkan pengamatan admin saja. Contoh DAC pada Snapdragon 650 yang dipakai pada Xiaomi Redmi Note 3 PRO dan 652 pada Mi MAX 1 memiliki spesifikasi yang tidak jauh berbeda atau bahkan bisa dibilang mirip. Terlebih keduanya memiliki seri awal yang sama yaitu seri 600.
Kesamaan seperti ini juga besar kemungkinan berlaku pada SoC Snapdragon lainnya seperti seri 800 (820 pada Mi5 Gemini, 821 pada Mi5s/Plus, dan 835 pada Mi6). Namun untuk seri 800 awal seperti Snapdragon 801 pada Mi4, dan 810 pada Mi Note PRO punya DAC yang berbeda.

Ingat, itu hanyalah hasil dari pengamatan admin saja, tidak ada yang benar-benar berdasarkan sumber data yang valid. Cara ini bisa dipraktekkan pada seluruh tipe Smartphone Xiaomi mulai dari seri lawas seperti Redmi 1s, Redmi 2/Prime, Redmi 3/Pro, Redmi 3s/X/Prime, Redmi 4 Prada/A/Prime, Redmi 4X, Redmi Note 3G, Redmi Note 2/Prime, Redmi Note 3 MTK, Redmi Note 3 PRO, Redmi Note 4X/PRO, Redmi Note 5A, Mi3, Mi4, Mi4i, Mi4c, Mi4s, Mi5, Mi5s/Plus, Mi6, Mi MAX, Mi MAX 2, Mi Note/PRO, Mi A1, dan lain sebagainya.

Buat kamu yang lebih paham soal DAC yang tertanam pada Smartphone Xiaomi, silahkan tulis di kolom komentar dan jangan lupa untuk +1, like dan bagikan. Salam admin miuitutorial.com

Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk: Admin Miuitutorial.com Ingin Sekali Menjawab Setiap Pertanyaan yang Agan Berikan, Hanya Saja Dikarenakan Admin Ada Kegiatan Offline Sehingga Tidak Dapat Selalu Berada di Depan Komputer. Admin Menyarankan Agan untuk Membaca Komentar-Komentar Terdahulu Kemudian Menge-Tag Nama Agan yang Sudah Berhasil Menjalankan Tutorial Tersebut Agar Bisa Medapatkan Respon Jawaban yang Lebih Cepat. Terima Kasih Atas Kerjasamanya