Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk

MCdodo: Adakah Kabel USB Type-C yang Otomatis Mati Ketika Pengisian Baterai Xiaomi Penuh?

Sedang mencari kabel USB Type-C yang cocok untuk Smartphone Xiaomi? terlebih yang sudah mendukung Quick Charge 3.0 dari Qualcomm? Ini admin kasih rekomendasi kabel USB Type-C dari MCdodo. Selain sudah mendukung fitur tadi juga MCdodo menambahkan 1 fitur unik yaitu Auto Disconected. Penasaran seperti apa fitur Auto Disconected tersebut? Simak ulasannya berikut!

MCdodo: Adakah Kabel USB Type-C yang Otomatis Mati Ketika Pengisian Baterai Xiaomi Penuh?

MCdodo: Adakah Kabel USB Type-C yang Otomatis Mati Ketika Pengisian Baterai Xiaomi Penuh?
MCdodo: Adakah Kabel USB Type-C yang Otomatis Mati Ketika Pengisian Baterai Xiaomi Penuh?

Semua vendor Smartphone sekarang pada berlomba-lomba menambahkan fitur Fast Charging atau Quick Charging pada produk mereka. Yang paling terkenal pastinya adalah Quick charge by Qualcomm yang mana sekarang sudah masuk pada 3.0 dan akan sebenar lagi masuk ke 4.0. Yup Pengisian cepat dan Smartphone Android sekarang ini seperti satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.

Kalau dulu kepala charger yang diberikan kepada pembeli memiliki output Ampere maksimal di 1.5A namun sekarang Standard tersebut sudah berubah menjadi 2A. Jadi jika kamu mendapati ada vendor ponsel lain yang masih memberikan kepala charger berukuran 1.5A, SEGERA TINGGALKAN!! Apalagi dengan kapasitas baterai di tahun 2017 ini yang sudah minimal 3000 mAh, bisa dipastikan bakal mewajibkan Smartphone yang mereka miliki tersebut sudah memiliki fitur Quick Charge minimal 2.0 by Qualcomm

Dari sekian banyak vendor Smartphone Android di dunia ini, Xiaomi adalah salah satu vendor yang begitu getol menyematkan fitur pengisian cepat dari Qualcomm ini melalui lini ponsel berprosesor Snapdragon. Sebut saja pada awal perkenalan ada Xiaomi Redmi Note 3 PRO yang aslinya sih masuk dalam daftar Quick Charger dari Qualcomm namun pada saat itu sepertinya Xiaomi masih malu-malu, namun setelah diperkenalkannya Xiaomi Mi5 Gemini yang merupakan ponsel Flagship di tahun 2016, barulah Xiaomi secara terang-terangan menyebutkan jika Flagship mereka ini sudah mendukung Quick Charge 3.0 dari Qualcomm.

Tentu ini menjadi sebuah baik bagi pengguna Smartphone Xiaomi sekaligus bikin iri pengguna ponsel Xiaomi terdahulu. Oleh karena ini banyak developer yang berlomba-lomba membuat kernel unlock Quick Charger 2.0 yang salah satunya adalah Redmi Note 3 PRO. Sayangnya untuk bisa menggunakan teknologi pengisian daya super cepat ini, harus ada beberapa syarat yang dipenuhi selain devicenya itu sendiri sudah mendukung QC 3.0 yaitu kepala Charger dan Kabel USB yang digunakan harus sudah mampu membawa Up to 3 Ampere.

Di pasaran sendiri ada begitu banyak yang menjual kabel USB Type-C dengan embel-embel sudah support Quick Charger 3.0 dari Qualcomm yang salah satunya adalah AUKEY yang sudah pernah admin bahas di sini dan satunya lagi yang akan kita bahas sekarang yaitu MCdodo. Sudah ada yang pernah dengan merek MCdodo? Jarang ya? Sama admin juga baru pertama kali ini mendengar merek MCdodo.

Untuk video unboxingnya ada di bawah ini:


Kalau cuma berbekal fitur Quick Charge 3.0 dari Qualcomm sebenarnya sudah banyak kabel USB Type-C yang seperti itu tapi apa yang menjadikan MCdodo berbeda? Tidak lain adalah karena adanya fitur Auto Disconected. Yup, dengan fitur pemutus arus secara otomatis ini maka kekhawatiran kamu akan mengecharge ponsel Xiaomi ketika di malam hari yang pernah admin bahas di sini akan segera hilang.

Pasalnya jika proses pengisian daya penuh maka secara otomatis kabel USB Type-C MCdodo akan memutus arus tersebut yang ditandai dengan matinya lampu yang ada pada ujung kabel USB.
Sepengalaman admin selama menggunakan kabel USB Type-C dari MCdodo ini pada Xiaomi Mi5 PRO, proses pengisian hingga penuh dalam kondisi menyala dari lampu hijau hingga mati sendiri membutuhkan waktu kurang dari 1 jam, sedangkan jika di charger hingga penuh dalam kondisi mati total, maka hanya membutuhkan waktu setengahnya bahkan lebih cepat lagi.

Hal ini terjadi menurut pengamatan admin jika proses pengisian baterai dilakukan pada saat menyala maka secara langsung baterai yang diisi juga ikut digunakan, belum lagi banyaknya aplikasi sosial media seperti Facebook, Instagram dan lain sebagainya yang berjalan di belakang layar membuat proses pengisian baterai yang tadinya harus penuh justru berkurang.

Oleh karena itu ada baiknya ketika mengecharge baterai dilakukan dalam kondisi mati, karena proses pengisian akan optimal, selain itu juga bisa memperpanjang usia pakai baterai. Untuk lebih lengkapnya ulasan soal kabel USB Type-C dari MCdodo ini, sudah admin buatkan video review lengkap di bawah ini:


Adapun Smartphone Xiaomi yang sudah didukung Pengisian daya Quick Charger 3.0 by Qualcomm plus support Kabel USB Type-C dari MCdodo antara lain: Mi5 Gemini, Mi6 (up to 4.0), Mi MAX 2, Mi MIX, Mi MIX 2, Mi Note 2, Mi Note 3, Mi5s, Mi5s Plus, Mi5x, Mi A1 (silahkan tulis di kolom komentar jika ada device yang terlewatkan).

Sebagai tambahan, admin juga sertakan video pembanding dari kabel USB Type-C Mcdodo dengan Aukey:


Oh iya Kabel USB MCdodo ini tidak hanya tersedia untuk tipe Type-C namun juga ada untuk USB tipe Micro dan juga Lighting untuk Apple. Sekian ulasan dari kabel USB Type-C MCdodo, semoga menjadi bahan referensi kamu dalam menentukan mana kabel USB Type-C yang cocok untuk Xiaomi dan jangan lupa untuk +1, like dan bagikan. Semoga bermanfaat, salam admin miuitutorial.com

Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk: Admin Miuitutorial.com Ingin Sekali Menjawab Setiap Pertanyaan yang Agan Berikan, Hanya Saja Dikarenakan Admin Ada Kegiatan Offline Sehingga Tidak Dapat Selalu Berada di Depan Komputer. Admin Menyarankan Agan untuk Membaca Komentar-Komentar Terdahulu Kemudian Menge-Tag Nama Agan yang Sudah Berhasil Menjalankan Tutorial Tersebut Agar Bisa Medapatkan Respon Jawaban yang Lebih Cepat. Terima Kasih Atas Kerjasamanya