GPS Xiaomi Mi5 Kamu Kurang Akurat dan Sulit Diperbaiki Setelah Update ke Miui Android Nougat? Coba Tutorial yang Satu Ini

Berharap setelah update k Miui 8 Based Android 7 Nougat, GPS pada Xiaomi Mi5 kamu bisa lebih akurat dalam mengunci lokasi? Tapi ternyata masih sama saja dan malah lebih sulit lagi diperbaiki dibanding masih menggunakan Android Marshmallow? Dalam artikel kali ini admin akan bagikan bagaimana cara memperbaiki GPS pada Xiaomi Mi5 yang sudah terlanjur update ke Miui 8 Nougat. Silahkan disimak baik-baik.

GPS Xiaomi Mi5 Kamu Kurang Akurat dan Sulit Diperbaiki Setelah Update ke Miui Android Nougat? Coba Tutorial yang Satu Ini

GPS Xiaomi Mi5 Kamu Kurang Akurat dan Sulit Diperbaiki Setelah Update ke Miui Android Nougat? Coba Tutorial yang Satu Ini
GPS Xiaomi Mi5 Kamu Kurang Akurat dan Sulit Diperbaiki Setelah Update ke Miui Android Nougat? Coba Tutorial yang Satu Ini

Kalau dulu yang namanya GPS cuma ada di perangkat khusus penentu lokasi seperti Garmin, TomTomTom dan sebagainya. Jadi jika ingin bisa menentukan posisi kamu sekarang apakah sudah resmi jadi pacar atau cuma PHP-an, wajib pakai alat khusus yang namanya GPS. Tapi saat ini GPS tidak hanya terdapat pada alat khusus tadi saja, namun sudah bisa kamu temui di perangkat mobile seperti Smartphone.

Yup semenjak kehadiran Smartphone bersistem operasi Android, fitur GPS atau Global positioning System ini sudah sangat mudah untuk ditemui bahkan sudah menjadi fitur wajib, hal ini juga tidak terlepas dari layanan sosial media semisal facebook, instagram, path yang dapat menampilkan lokasi dari foto yang diambil oleh pengguna. Dengan begitu orang-orang dapat mengetahui di mana lokasi dari pengambilan foto tersebut.

Apakah Smartphone Xiaomi juga dibekali fitur GPS? So pasti ada dan tidak pernah absen dari semua jajarannya, mulai dari harga paling murah sekelas Redmi 1s hingga yang termahal sekelas flagship seperti Mi6. Namun begitu yang namanya bikinan manusia tidak ada yang sempurna. Masalah krusial yang hingga saat ini tidak pernah terselesaikan oleh pengguna Smartphone Xiaomi Mi5 baik itu yang versi biasa, prime hingga PRO adalah issue GPS.

GPS pada Xiaomi Mi5 terkesan lemah dalam penangkapan sinyal satelit, belum lagi soal akurasi yang sering kali melenceng dari posisi asli si pengguna, terlebih yang sudah menggunakan Miui 8 based Android 7 Nougat. Jadi lebih sulit untuk diperbaiki. Okelah kalau bergeser cuma 10 meter, tapi ini bisa pindah jalan. Bahkan admin sendiri yang dulu masih di rumah lama juga posisi admin terdeteksi berada di seberang jalan yang mana lokasinya lebih kurang 500 meter dari rumah admin. Walau begitu admin masih bisa memaklumi karena posisi rumah yang diapit oleh banyak gedung tinggi.

Namun demikian masalah GPS pada Mi5 masih dapat diperbaiki oleh kebaikan hati para developer pihak ketiga yang sepertinya memang punya masalah serupa yaitu dengan mengubah sedikit pada bagian konfigurasi GPS. Karena pengaturan GPS ini hanya bisa diakses melalui direktori sistem. Oleh karena ini pastikan Xiaomi Mi5 kamu sudah dalam kondisi root superSU sebelum menjalankan tutorial ini. Jika masih belum root bisa ikuti caranya di sini. Adapun bahan dan langkah-langkahnya sebagai berikut.

Bahan:
- GPS Config di sini
- Root Explorer di sini

Caranya:
1. Install terlebih dahulu root explorer yang kamu dapatkan dari atas ke Mi5
2. Pilih file Config GPS sesuai dengan negara (Indonesia)
3. Taruh file Config GPS tersebut ke internal memory Xiaomi Mi5
4. Dengan menggunakan Root Explorer buka direktori /system/etc/
5. Gantikan gps.conf yang asli dengan gps.conf yang sudah kamu ambil dari sumber di atas
6. Perhatikan juga permissionnya menjadi rw-r--r--
7. Jika sudah langsung reboot saja
8. Jangan lupa mengaktifkan GPS akurasi tinggi di pengaturan

Bukannya pengguna Xiaomi Mi5 tidak mengirimkan laporan bug GPS ini kepada pihak Xiaomi, hanya saja memang seperti tidak ada keselesaian yang jelas tentang GPS yang kurang akurat ini. Buat kamu yang belum berhasil dengan cara di atas juga bisa pakai cara yang sudah pernah admin bagikan di sini, di sini, dan di sini.

Ada satu cara lagi yang bisa dibilang tidak butuh akses root, yaitu dengan menggunakan aplikasi bernama GPS fix. Aplikasi ini bisa kamu dapatkan di Google Playstore. Saran dari admin usahakan lokasi tempat dimana kamu menggunakan GPS tersebut agak jauh dari gedung-gedung tinggi atau tempat yang tertutup berlapis semisal baseman. Admin sendiri setelah pindah rumah ke lokasi yang lebih terbuka lebih mudah mendapatkan sinyal satelit GPS hingga 17 satelit.

Sekian tutorial cara memperbaiki GPS yang kurang pada Xiaomi Mi5 yang sudah menggunakan Miui 8 Based Android 7 Nougat. Mari berdiskusi di kolom komentar jika ada yang kurang dipahami dan jangan lupa untuk +1, like dan bagikan. Semoga bermanfaat, salam admin miuitutorial.com
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url