Coba Tutorial Cara Memindahkan Data Game & Aplikasi Ke Micro SD Berikut Ini! Solusi untuk Internal Memory Smartphone Xiaomi Kamu Penuh: Tested Mi A1

Hayo ngaku, siapa saja yang kemarin sering bertanya "Min, bagaimana cara memindahkan data-data game dan aplikasi yang ada di internal memory Xiaomi ke kartu Memory Eksternal Sandisk? Coz sudah sesak banged internal memory saya". Selamat karena permintaan kamu tersebut admin kabulkan. Yuk simak cara memindahkan data game dan aplikasi Smartphone Xiaomi ke Micro SD berikut ini.

Internal Memory Smartphone Xiaomi Kamu Penuh? Coba Tutorial Cara Memindahkan Data Game & Aplikasi Ke MicroSD Berikut Ini! Tested Mi A1

Coba Tutorial Cara Memindahkan Data Game & Aplikasi Ke Eksternal Memory Berikut Ini! Solusi untuk Internal Memory Smartphone Xiaomi Kamu Penuh: Tested Mi A1
Coba Tutorial Cara Memindahkan Data Game & Aplikasi Ke Eksternal Memory Berikut Ini! Solusi untuk Internal Memory Smartphone Xiaomi Kamu Penuh: Tested Mi A1

Semakin ke sini apalagi di tahun 2017 sekarang, standar kapasitas penyimpanan untuk sebuah internal Smartphone Xiaomi sudah meningkat, yang awalnya adalah 16GB berubah menjadi 32GB. Yup kalau kamu lihat sudah cukup jarang bahkan sedikit sekali vendor Smartphone yang menyematkan memory penyimpanan internal 16GB. Paling kecil saat ini adalah 32GB dan itu bahkan bisa kamu temukan pada ponsel buatan lokal.

Jadi makin ke sini kartu penyimpanan eksternal atau yang lebih dikenal dengan Micro SD sudah semakin jarang digunakan. Ya karena itu tadi, menyimpan data-data aplikasi, game, foto, dokumen, dan video semuanya bisa kamu taruh di internal memory. Bahkan kalau admin perhatikan tren menggunakan kartu Micro SD di kalangan pengguna Smartphone Xiaomi sudah cukup menurun walau masih ada sebenarnya yang pakai Micro SD untuk ponsel Xiaomi mereka.

Alasan untuk tetap menggunakan Micro SD sebagai secondary penyimpanan tidak lain karena kekhawatiran mereka akan data-data penting yang bisa saja hilang tanpa disengaja. Semisal karena suatu hal ponsel Xiaomi mereka rusak, bootloop, hardbrick dan sebagainya sehingga semua data-data penting tersandera di internal memory dan tak bisa diselamatkan, atau karena ingin menginstall mod,insiden flashing rom yang menghapus semua data-data di internal memory juga turut pengguna Xiaomi masih banyak menggunakan Micro SD.

Admin sendiri dulu ketika masih menggunakan Xiaomi Redmi Note 3G, Redmi Note 3 Mediatek, dan Redmi Note 3 PRO juga cukup ketergantungan dengan Micro SD. Alasannya sama seperti yang sudah admin jelaskan di atas tadi. Namun semenjak pindah ke Xiaomi Mi5 PRO berkapasitas penyimpanan 128GB minus kehadiran slot Micro SD, mau tidak mau membuat admin harus menghilangkan keinginan menggunakan kartu Micro SD. Total semua data-data penting sekarang tersimpan rapih di internal memory Mi5 PRO. Nah pada saat punya Xiaomi Mi A1 ini admin baru bisa kembali menggunakan Micro SD.

Mumpung masih ingat, admin akan coba bagikan cara memindahkan data game dan aplikasi yang ada di internal memory ke eksternal memory Micro SD. Buat kamu yang masih setia menggunakan Micro SD dan masih merasa kurang akan semakin sesaknya ruang penyimpanan internal memory bisa menggunakan cara ini. Admin sendiri sudah mengujinya di Xiaomi Mi A1, dan pastinya juga berfungsi pada Smartphone Xiaomi tipe lain asalkan punya slot Micro SD.

Adapun syarat yang harus kamu penuhi agar bisa menggunakan trik ini adalah pastikan Smartphone Xiaomi kamu sudah dalam kondisi root (buat yang belum root bisa ke sini untuk mengikuti tutorialnya) dan juga ruang penyimpanan kartu Micro SD kamu masih cukup luas. Jika sudah terpenuhi lanjut ke bahan-bahan berikut:
- Folder Mount di sini

Caranya:
1. Ambil aplikasi folder Mount di atas kemudian install seperti biasa di Smartphone Xiaomi kamu
2. Jalankan folder Mount lalu beri root akses
3. Tekan tombol "+" di pojok kanan atas > lalu isi nama game atau aplikasi
4. Untuk sumber kamu arahkan tempat dimana data game tersebut di simpan. Biasanya ada di folder Android/data/ atau Android/obb
5. Sedangkan untuk tujuan bisa dibuat otomatis atau kamu bisa menentukan secara manual
6. Jika sudah langsung tekan tombol centang yang ada di pojok kanan atas
7. Proses pemindahan data akan berjalan, tunggu saja hingga selesai
8. Geser Switch game yang sudah kamu pindahkan tadi
9. Set as boot pada folder Mount sehingga secara otomatis akan berjalan setiap kali smartphone kamu reboot
10. Masuk juga ke security > autorun > lalu centang folder Mount
11. Selesai
12. untuk video tutorialnya sedang di upload


Aplikasi folder Mount di atas aslinya adalah aplikasi gratis yang harus d upgrade ke PRO version jika ingin mendapatkan fitur lebih, jadi buat kamu yang merasa terbantu dengan aplikasi tersebut silahkan dibeli versi full nya. Murah kok cuma seharga 2 mangkuk bakso saja dan semua fiturnya bisa kamu gunakan seumur hidup.

Oh iya cara serupa sudah pernah admin bagikan di sini, namun sepertinya masih banyak yang bertanya karena admin menuliskan judul untuk Xiaomi Redmi saja, padahal bisa digunakan untuk semua tipe xiaomi. Supaya tidak bertanya-tanya lagi, berikut adalah daftar Smartphone Xiaomi yang data game dan aplikasinya bisa dipindahkan ke eksternal memory:

Redmi 1s Redmi Note 3 Mediatek
Redmi 2 Redmi Note 3 PRO Kenzo
Redmi 2 Prime Redmi Note 3 SE Kate
Redmi 3 Redmi Note 4 Mediatek
Redmi 3 PRO Redmi Note 4X
Redmi 3s/x/Prime Redmi Note 4 PRO
Redmi 3x Redmi PRO
Redmi 3s Prime Redmi Note 5A
Redmi 4 Prada Mi MAX
Redmi 4A Mi MAX 2
Redmi 4 Prime Mi A1
Redmi 4X Mi5x
Redmi Note 3G Mi4s
Redmi Note 4G -
Redmi Note 2 -
Redmi Note 2 Prime -

ke depannya admin akan coba bikin tutorial cara memindahkan data game dan aplikasi yang lebih seru lagi menggunakan Link2SD. Untuk saat ini coba tutorial yang satu ini dulu karena terbilang sangat mudah ketimbang LInk2SD. Jika kamu punya masukan saran silahkan tulis di kolom komentar dan jangan lupa untuk +1, like dan bagikan. Semoga bermanfaat, salam admin miuitutorial.com
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url