Miui 10 Punya Fitur Anti Rollback? Apa yang Dimaksud Anti Rollback dan Kenapa Pengguna Xiaomi Redmi Note 5 Dibikin Resah? Ini Penjelasannya!

Apa yang dimaksud dengan fitur Anti Rollback dan kenapa fitur ini sangat ditakuti oleh pengguna Smartphone Xiaomi, terutama buat mereka pengguna Xiaomi Redmi Note 5 Series serta apakah akan menimbulkan dampak buruk jika terkena fitur Anti Rollback ini? Okey di artikel kali ini admin akan membahas secara penuh apa yang dimaksud dengan fitur Anti Rollback dan kenapa fitur ini sangat ditakuti oleh para pengguna Xiaomi terkhusus buat mereka yang suka gonta-ganti rom. Silahkan dipahami!

Miui 10 Punya Fitur Anti Rollback? Apa yang Dimaksud Anti Rollback dan Kenapa Pengguna Xiaomi Redmi Note 5 Dibikin Resah? Ini Penjelasannya!

Miui 10 Punya Fitur Anti Rollback? Apa yang Dimaksud Anti Rollback dan Kenapa Pengguna Xiaomi Redmi Note 5 Dibikin Resah? Ini Penjelasannya!
Miui 10 Punya Fitur Anti Rollback? Apa yang Dimaksud Anti Rollback dan Kenapa Pengguna Xiaomi Redmi Note 5 Dibikin Resah? Ini Penjelasannya!

Belum selesai dengan gegap gempita hadirnya rom Miui 10 terbaru yang sudah lama ditunggu-tunggu oleh pengguna Smartphone Xiaomi di seluruh dunia. Kini berita baru yang tak kalah heboh tentang Xiaomi kembali muncul. Buat kamu yang sering aktif di grup-grup facebook Xiaomi, berita atau issue seputar fitur baru di rom Miui 10 berupa Anti Rollback pasti sudah cukup sering membacanya.

Admin miuitutorial.com sendiri awalnya menganggap jika issue Anti Rollback ini hanya berupa candaan saja kepada sesama penghuni grup Xiaomi, namun lama kelamaan kok berita seputar Anti Rollback di rom Miui 10 ini makin masif saja. Bahkan juga disertai dengan beberapa pembuktian tentang fitur Anti Rollback ini plus foto-fotonya akibat dari Anti Rollback.

Wah sudah mulai meresahkan nih, dengan inisiatif menggebu-gebu akhirnya admin coba cari-cari informasi seputar Anti Rollback di rom Miui 10 di Mbah Google dan hasilnya memang mengejutkan. Dimana forum sekelas XDA saja membahas issue fitur Anti Rollback ini dan juga mengutip pernyataan dari pihak Xiaomi yang menjelaskan maksud dari fitur Anti Rollback itu sendiri. Kalau sudah begini sih issue seputar Anti Rollback di Rom Miui 10 saat ini memang benar adanya dan bukan sekedar Hoax atau pencari sensasi saja.

Oh iya, buat kamu yang belum tahu, jika Anti Rollback ini adalah salah satu fitur yang ditanamkan oleh pihak Xiaomi pada rom terbaru mereka yaitu Miui 10 khususnya mulai dari versi 8.7.6 hingga ke atas nanti. Dimana fitur Anti Rollback ini membuat semua Smartphone Xiaomi yang sudah terinstall rom tersebut tidak bisa lagi kembali ke rom Miui versi lawas semisal Miui 9, Miui 8, Miui 7 dan kalau kamu masih bandel juga dengan menginstall ke rom Miui lawas tersebut alias Downgrade maka yang terjadi adalah brick alias mati total.

Sudah ada salah seorang dari pengguna Smartphone Xiaomi yang coba mendowngrade dari rom Miui 10 Publik beta v8.7.6 ke Miui 9 dan hasilnya Smartphone yang dia miliki Hardbrick, sekalipun sudah di Unbrick menggunakan metode test point, namun hasilnya tetap mati total. Walhasil si pemilik Smartphone tersebut harus merelakan sejumlah uangnya guna mengganti IC EMMC ke tukang service. Berikut ini adalah beberapa Screenshot yang bisa admin himpun soal fitur Anti Rollback di Rom Miui 10 terbaru.

Dan sejauh ini yang terkena imbas pertama kali dari fitur Anti Rollback ini adalah Smartphone Xiaomi seri Redmi Note 5, yang mana juga sudah bisa mencicipi rom Miui 10 versi 8.7.6 dengan based android OREO 8.1. Bagaimana dengan Smartphone Xiaomi tipe lain? Sepertinya tinggal menyusul saja.

Dari beberapa info yang admin dapat, berikut ini adalah ketentuan dari fitur Anti Rollback:
- Hanya Rom Miui 10 mulai dari v8.7.6 based Android OREO 8.1 saja yang memiliki fitur Anti Rollback
- Rom Miui 10 mulai dari versi 8.7.6 OREO 8.1 ke atas termasuk 8.7.10, 8.7.9 China dev, 9.5.22 China Stable, 9.5.17 global, 8.7.5 global akan terkena fitur Anti Rollback ini
- Jika Rom Miui 10 tersebut sekalipun sudah v8.7.6 tapi bukan based Android OREO 8.1 (misalkan Kitkat, Marshmallow, Nougat), maka tidak ada kan terkena fitur anti Rollback. Jadi kamu masih bisa dengan bebas mendowngrade ke rom Miui 9 serta ke bawahnya lagi, termasuk juga custom rom
- Fitur Anti Rollback ini sebenarnya bukanlah fitur yang disematkan sendiri oleh Xiaomi, melainkan fitur default atau fitur bawaan yang ada di rom Android OREO, alias pihak Google sendirilah yang membuat fitur tersebut, sedangkan Redmi Note 5 series yang pertama kali merasakannya


Sejatinya fitur Anti Rollback ini sangat bermanfaat karena akan mengurangi resiko hacker atau tangan jahil yang ingin meretas Smartphone Xiaomi kamu, terutama ketika Smartphone Xiaomi kamu hilang terjatuh atau dicuri. Karena selalu ada kemungkinan bagi mereka yang mengambilnya menginstall rom lawas atau custom rom sehingga bisa melakukan Bypass pada Smartphone Xiaomi tersebut. Ini juga yang menjadi kekhawatiran admin dulu pada fitur Mi Akun dan sekarang setidaknya sudah ada jalan penyelesaian.

Namun di sisi lain justru fitur Anti Rollback ini membelenggu kebebasan dari para developer pihak ketiga yang sudah terbiasa membuat custom rom based MIUI atau rom stock Android termasuk juga penggunanya. Karena kita ketahui sama-sama jika salah satu kelebihan dari Sistem operasi Android adalah kebebasannya dalam mengimplementasinya beragam mod, termasuk juga custom rom. Walhasil makin ke sini sistem operasi Android terlihat mengadopsi iOS bikinan Apple. Well, apapun itu alasannya semoga developer pihak ketiga bisa menemukan cara agar fitur Anti Rollback ini bisa dihilangkan untuk custom rom mereka nanti.

Sekian dulu bahasan admin tentang fitur terbaru nan menakutkan yang ada di rom Miui 10 v8.7.6 based Android OREO 8.1 yang bisa bikin mati total jika downgrade. Jika kamu punya informasi lain terkait fitur Anti Rollback ini atau ada yang keliru dari informasi ini, silahkan tambahkan atau koreksi di kolom komentar dan jangan lupa untuk +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Miuitutorial Indonesia. Salam Admin Miuitutorial.com
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url