Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk

Proses Charging Baterai Smartphone Xiaomi Kamu Lambat? Coba 7 Cara Ampuh Berikut Ini

Pernahkah kamu mengalami kondisi dimana ketika di charge Smartphone Xiaomi yang kamu miliki justru lambat mengisi? Padahal kalau normal cuma butuh waktu 2 jam saja, sedangkan ini sudah 3 jam tapi masih belum penuh juga? Okey fix berarti kamu punya masalah seperti yang pernah admin alami. Okey di artikel kali ini admin akan bagikan 7 cara atau langkah-langkah yang bisa kamu lakukan guna mengatasi Smartphone Xiaomi yang lama dicharge.

Proses Charging Baterai Smartphone Xiaomi Kamu Lambat? Coba 7 Cara Ampuh Berikut Ini

Proses Charging Baterai Smartphone Xiaomi Kamu Lambat? Coba 7 Cara Ampuh Berikut Ini
Proses Charging Baterai Smartphone Xiaomi Kamu Lambat? Coba 7 Cara Ampuh Berikut Ini

Ritual mengisi daya baterai atau istilah kerennya itu charging baterai sudah menjadi kebiasaan yang akan selalu kita lakukan pada sebuah perangkat mobile, termasuk Smartphone di dalamnya. Jumlah dari pengisian daya Smartphone juga bervariasi. Ada yang cukup 1 kali untuk satu hari penuh namun ada juga yang sampai berulang kali melakukan pengisian daya baterai lantaran Smartphone tersebut digunakan secara intensif. Lama charging baterai juga bervariasi, ada yang 3 jam untuk pengisian dari 0% ke 100%, namun ada juga yang cuma butuh waktu kurang dari 2 jam, bahkan bis sampai 1,5 jam saja untuk pengisian dari 0 hingga 100%.

Semua itu tentunya dipengaruhi berbagai faktor seperti besaran Ampere yang mengalir dari kepala charger ke Smartphone atau teknologi pengisian daya baterai, semisal Qualcomm dengan Quick Chargingnya yang hingga saat ini sudah mencapai generasi ke-4. Namun apa jadinya jika waktu pengisian baterai yang bisa kamu lakukan kurang dari 2 jam, tiba-tiba molor menjadi lebih dari 3 jam? Malah setelah 3 jam tersebut, persentase yang nambah juga tidak seberapa? Wah-wah, kalau sudah seperti ini tentu bakal membuat kita pusing tujuh keliling.

Betapa tidak, Smartphone yang sudah menjadi kebutuhan sehari-hari kita sudah biasa dibawa ke mana-mana, kini justru terpasung bersama charger yang tak kunjung mengisi penuh. Nah kasus seperti ini sendiri sudah pernah admin alami pada Xiaomi Mi5 PRO yang mana sudah menggunakan teknologi pengisian cepat 3.0 dari Qualcomm (Quick Charger v3.0) yang kalau secara teknis harusnya bisa menghantarkan arus Ampere up to 3A pada saat proses charging berlangsung. Namun nyatanya butuh waktu 6 jam lebih untuk bisa bertambah 10% saja, dan kalau admin perhatikan lama kelamaan tidak mengisi.

Setelah admin selidiki ternyata masalah charging baterai yang lambat ini ada di kabel USB Type-C yang sudah tidak bagus lagi. Walhasil harus dilakukan penggantian. Berbekal pengalaman tersebut, di artikel kali ini admin akan bagikan 7 cara atau langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi Smartphone Xiaomi yang lambat charging atau lambat dalam melakukan pengisian daya baterai:

Proses Charging Baterai Smartphone Xiaomi Kamu Lambat? Coba 7 Cara Ampuh Berikut Ini

1. Periksa Perkiraan Waktu Pengisian Baterai
Agar bisa mengetahui waktu perkiraan lama charging, setidaknya kamu sudah harus paham berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya baterai Smartphone Xiaomi tersebut pada saat baru pertama kali dibeli. Kemudian coba bandingkan dengan perkiraan waktu sekarang.
Jika terdapat selisih waktu yang cukup besar, maka bisa dipastikan memang ada masalah dengan proses charging pad Smartphone Xiaomi yang kamu miliki. Untuk mengetahui waktu perkiraan tersebut bisa dengan melihat langsung melalui lockscreen.

2. Lakukan Pengecekan pada Ampere yang Mengalir dari kepala Charger ke Smartphone Xiaomi
Arus listrik yang masuk dari kepala charger ke sebuah Smartphone Xiaomi akan menjadi penentu seberapa cepat proses charging tersebut berlangsung. Sepengalaman admin pada Mi5 PRO kemarin yang mana biasanya ampere yang masuk lebih dari 2A, ini justru malah di bawah 800mAh.
Walhasil proses pengisian daya menjadi sangat lama bahkan cenderung tidak terisi. Untuk bisa mengetahui jumlah ampere yang mengalir bisa menggunakan USB Ampere tester yang pernah admin bagikan reviewnya di sini

Proses Charging Baterai Smartphone Xiaomi Kamu Lambat? Coba 7 Cara Ampuh Berikut Ini

3. Cek Kondisi Kabel USB
Masih berkaitan dengan Ampere tadi, kondisi kabel USB. Yah jadi kondisi kabel USB ternyata sangat berpengaruh terhadap lamanya proses charging baterai Xiaomi. Hal ini sudah admin buktikan sendiri pada Xiaomi Mi5 PRO Gemini yang mana kalau dilihat secara tampilan fisik, kabel USB Type-C tersebut tidak ada tanda-tanda terkelupas. Namun pada saat coba digunakan kemudian di test menggunakan ampere meter, terlihat sangat jelas jika arus yang masuk sangat kecil. Admin coba berspekulasi dengan membeli kabel USB Type-C yang baru merek Aukey yang pernah admin review di sini dan hasilnya proses charging di Xiaomi Mi5 Pro admin kembali normal.

Proses Charging Baterai Smartphone Xiaomi Kamu Lambat? Coba 7 Cara Ampuh Berikut Ini

4. Cek Kondisi Kepala Charger
Sebenarnya jika selama kamu menggunakan Charger Asli bawaan Xiaomi, sedikit akan terjadi masalah termasuk soal lama pengisian daya baterai ini. Namun beda cerita jika kamu menggunakan kepala charger abal-abal yang biasa kamu beli di konter-konter. Nah itu yang bisa saja memperlambat proses charging. Namun jika ternyata sudah menggunakan charger original Xiaomi tapi masih saja seperti itu. Bisa jadi unit kepala charger yang kamu terima memang tidak dalam keadaan prima alias sudah mengalami penurunan performa. Guna lebih jelas lagi bisa coba kamu cek menggunakan ampere meter.

Selain kepala charger bawaan Xiaomi, kamu juga bisa menggunakan beberapa merek charger after market seperti Aukey, Angker dan lain sebagainya. Penjelasan untuk yang satu ini sudah admin tuangkan dalam artikelnya di sini.

5. Usia Baterai
Selain yang sudah admin sebutkan di atas tadi, usia dari baterai juga berpengaruh. Jadi jika semua cara sudah kamu lakukan seperti yang sudah admin sebutkan di atas tadi, tapi tetap juga masih lama proses charging, bisa jadi sumber utamanya justru dari baterai itu sendiri. Pastinya setiap baterai pada sebuah Smartphone memiliki usia pakai. Jadi tidak heran selain baterai yang semakin boros, usia pakai baterai juga bisa mempengaruhi waktu proses pengisian daya baterai juga. Tentang berapa lama usia pakai dari baterai Xiaomi bisa kamu simak penjelasan lengkap beserta videonya di sini.

Proses Charging Baterai Smartphone Xiaomi Kamu Lambat? Coba 7 Cara Ampuh Berikut Ini

6. Cek Issue Rom Miui yang Sedang Kamu Gunakan
Walau terbilang jarang, tapi sepertinya dulu pernah ada yang mengeluhkan lamanya pengisian daya baterai akibat setelah update rom Miui. Admin sudah lupa terjadi di Redmi Note 3 PRO atau Mi5 Gemini tapi beberapa dari pengguna melaporkan jika setelah update rom Miui ke versi tertentu, waktu pengisian baterai menjadi lama.

Nah jika itu yang terjadi pada Smartphone Xiaomi kamu, maka coba cari tahu dulu ke grup tentang apakah memang ada bug dari rom Miui tersebut. Jika memang ada bug, maka kamu bisa mengambil 2 keputusan. Yang pertama yaitu downgrade ke rom Miui versi sebelumnya atau yang tidak terkena issue bug atau menunggu update patch terbaru.

Proses Charging Baterai Smartphone Xiaomi Kamu Lambat? Coba 7 Cara Ampuh Berikut Ini

7. Lakukan Flashing Ulang atau Format Data
Walau tidak terlalu admin rekomendasikan, tapi apa salahnya jika langkah terakhir ini digunakan yang itu dengan memflashing ulang atau melakukan format Factory. Usahakan pada saat ingin flashing rom, backup terlebih dahulu semua data-data penting yang ada di dalam internal memory, karena besar kemungkinan semua data-data tadi akan hilang.

Itulah 7 cara atau langkah-langkah yang bisa kamu lakukan guna mengatasi Smartphone Xiaomi yang lambat charging baterai. Ke semua itu based on pengalaman admin sendiri selama menggunakan Smartphone Xiaomi dan sejauh ini berhasil dalam mengatasi masalah tersebut.

Selain itu sudah admin buatkan juga beberapa artikel yang berkaitan dengan cara mengatasi proses charging yang lambat pada Smartphone Xiaomi ini di sini, di sini, di sini dan di sini. Silahkan dibaca-baca guna menambah bahan referensi. Apabila kamu punya informasi lain seputar artikel ini silahkan tulis di kolom komentar dan jangan lupa untuk +1, like, dan bagikan serta Subscribe channel Miuitutorial Indonesia. Salam admin miuitutorial.com

Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk: Admin Miuitutorial.com Ingin Sekali Menjawab Setiap Pertanyaan yang Agan Berikan, Hanya Saja Dikarenakan Admin Ada Kegiatan Offline Sehingga Tidak Dapat Selalu Berada di Depan Komputer. Admin Menyarankan Agan untuk Membaca Komentar-Komentar Terdahulu Kemudian Menge-Tag Nama Agan yang Sudah Berhasil Menjalankan Tutorial Tersebut Agar Bisa Medapatkan Respon Jawaban yang Lebih Cepat. Terima Kasih Atas Kerjasamanya