Sebenarnya Apa Perbedaan Antara Rom Miui versi China dan Global Serta Apa Kelebihan Serta Kekurangannya? Temukan Penjelasannya Di Sini

Sebenarnya apa sih perbedaan antara Rom Miui versi China dan Rom Miui versi Global? Apakah masing-masing memiliki kelebihan serta kekurangannya? Tolong dong kasih penjelasan lengkap dari kedua rom Miui tadi! Hem... soal penjelasan seperti ini sudah pernah admin bahas di sini dan di sini, namun untuk lebih jelasnya akan admin coba bahas lebih mendalam melalui artikel berikut ini!

Sebenarnya Apa Perbedaan Antara Rom Miui versi China dan Global Serta Apa Kelebihan Serta Kekurangannya? Temukan Penjelasannya Di Sini

Sebenarnya Apa Perbedaan Antara Rom Miui versi China dan Global Serta Apa Kelebihan Serta Kekurangannya? Temukan Penjelasannya Di Sini
Sebenarnya Apa Perbedaan Antara Rom Miui versi China dan Global Serta Apa Kelebihan Serta Kekurangannya? Temukan Penjelasannya Di Sini

Bagi pengguna lama Smartphone Xiaomi, kehadiran Rom Miui versi China, Global, developer dan stabil tentu sudah menjadi hal biasa dan pastinya juga sudah bisa menentukan kira-kira rom Miui versi mana yang akan mereka gunakan. Secara masing-masing versi rom Miui memiliki tujuan serta fungsinya masing-masing dan tak jarang juga ada kelebihan serta kekurangan dari versi rom Miui tersebut. Namun bagaimana buat mereka yang baru saja membeli Smartphone Xiaomi? Pastinya berbagai versi rom Miui ini akan membuat bingung atau buat kamu yang selama ini pakai Smartphone Xiaomi tapi tahunya cuma pakai saja malah baru tahu jika ada 4 versi rom Miui?

Okey di artikel kali ini admin akan membahas perbedaan antara rom Miui versi China dengan Global. Beserta turunannya serta kelebihan dan kekurangan dari masing-masing versi rom Miui tersebut, berikut ini penjelasannya:

Rom Miui Versi China
Ini dia cikal bakal rom Miui dan segala versi rom Miui. Yah, rom Miui versi China adalah versi awal yang biasanya selalu diluncurkan pertama kali setiap kali ada versi rom Miui terbaru. Kenapa Rom Miui versi China bisa jadi yang pertama diluncurkan? itu tidak lain karena Google sebagai perusahaan raksasa pencarian di internet di Blokir di China, termasuk juga semua layanannya seperti Gmail, Gmaps, Playstore dan lain sebagainya. Padahal semua layanan Google tadi adalah bagian dari Rom Android.

Karena Xiaomi merupakan perusahaan asal negeri China, mau tidak mau Xiaomi harus patuh dan tunduk pada peraturan tersebut, sehingga membuat rom Miui menjadi 2 versi yaitu China dan Global. Sebagaimana namanya, Rom Miui China diperuntukkan untuk pengguna Smartphone Xiaomi di negara China. Jadi tidak heran jika banyak aplikasi berbahasa Mandarin yang ada di rom Miui China, selain itu tidak adanya sama sekali aplikasi Google seperti Gmaps, Playstore dan lain sebagainya. Jadi pure cuma ada aplikasi dan layanan dari China saja semisal baidu yang menggantikan Google Search.

Adapun turunan dari Rom Miui China ini adalah:
Rom Miui China Developer: Rom Miui China versi ini akan duluan hadir sebelum versi finalnya muncul. Ini tidak lain karena rom Miui China Developer dibuat memang khusus untuk beta tester yang mana masih dalam tahap pengembangan. Nantinya jika semua bug sudah diperbaiki dan segala fitur yang direncanakan sudah fix, maka barulah keluar versi Stabil.

Rom Miui China Stabil: Rom Miui China versi Stabil ini merupakan lanjutan dari versi developernya dan merupakan versi final dari Beta. Akan sangat sedikit sekali jika muncul bug di versi ini tapi tetap saja jika ada keluhan dari penggunanya, maka versi stabil ini akan mendapatkan perbaikan berupa patch, atau penambahan fitur dan biasanya juga penambahan fitur tersebut akan diuji coba duluan pada rom Miui China versi Developer.

Rom Miui Versi Global
Masih serupa dengan rom Miui versi China, rom Miui Versi Global ini justru kontranya. Dimana rom ini memang ditujukan untuk masyarakat global atau pengguna Smartphone Xiaomi yang ada di negara lain selain China, seperti benua Amerika, Eropa, Asia termasuk Indonesia Di dalamnya. Rom Miui versi Global mendukung lebih dari 65 bahasa termasuk bahasa Indonesia. Di rom Miui Global ini juga kamu bisa mendapatkan beragam aplikasi serta layanan Google di dalamnya.

Buat pengguna Smartphone Xiaomi di Indonesia, tentu rom Miui versi Global ini sangat direkomendasikan karena kamu bisa menggunakan rom Miui beserta semua layanan Google di dalamnya serta dukungan bahasa Indonesia itu sendiri. Untuk lebih jelasnya tentang perbedaan, kelebihan serta kekurangan dari rom Global, bisa kamu simak video di bawah ini:


Mau pakai rom Miui versi ataupun versi global sebenarnya kembali lagi ke preferensi kamu. Admin pribadi lebih suka menggunakan rom Miui versi Global, karena kemudahannya tadi dalam mengakses semua aplikasi dan layanan Google. Silahkan berdiskusi via kolom komentar jika kamu punya pendapat lain dan jangan lupa untuk +1, like dan bagikan artikel ini serta jangan lupa Subscribe Channel Miuitutorial Indonesia. Salam admin Miuitutorial.com
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url