Internal Tidak Terbaca, Muncul 0 MB pada TWRP Recovery Xiaomi Kamu? Ini Cara Memperbaikinya

Internal memory Xiaomi kamu malah jadi 0 MB setelah masuk ke mode TWRP Recovery? Padahal jelas-jelas sebelumnya ada dan masih ada banyak data di dalamnya? Wah-wah, masa seperti admin nih. Okey silahkan simak tata cara mengatasi 0 MB TWRP Recovery Xiaomi berikut ini!

Internal Tidak Terbaca, Muncul 0 MB pada TWRP Recovery Xiaomi Kamu? Ini Cara Memperbaikinya

Internal Tidak Terbaca, Muncul 0 MB pada TWRP Recovery Xiaomi Kamu? Ini Cara Memperbaikinya
Internal Tidak Terbaca, Muncul 0 MB pada TWRP Recovery Xiaomi Kamu? Ini Cara Memperbaikinya

Kasus 0 MB pada Smartphone Xiaomi yang menggunakan TWRP Recovery sebenarnya tidak terlalu banyak ditemui. Namun bakal jadi masalah ketika dijumpai.. Hahaha.. serius saja, admin juga pernah menemui kasus dimana internal memory Xiaomi Mi 5 PRO dan Mi A1 admin jadi 0 MB setelah masuk ke mode Recovery. Padahal jelas-jelas ketika disambungkan ke komputer dalam kondisi menyala normal, itu semua data-datanya ada.

0 MB di TWRP Recovery ini bakal jadi masalah tersendiri ketika kita coba menginstall mode semisal Root Magisk, ataupun ingin memflashing ulang rom Miui. Karena semua file yang sudah kita masukkan tadi tidak akan terbaca. Walhasil mau tidak mau biasanya admin akali dengan menggunakan Flashdisk USB OTG. Tapi kan masak setiap kali ingin menginstall mod via TWRP selalu pakau Flashdisk OTG.

Admin sendiri sebenarnya kurang tahu pasti apa penyebab dari 0 MB pada TWRP Recovery ini, namun biasanya 0 MB pada TWRP ini diakibatkan karena admin coba mengganti TWRP lama dengan TWRP baru. Nah mungkin saja karena berbeda format pembacaan, enkripsi atau lain sebagainya sehingga internal memory kita yang seharusnya ada isinya, ini malah dibaca 0 MB saja.

Sebenarnya ada cara yang paling mudah untuk memperbaiki 0 MB pada TWRP Recovery Xiaomi yaitu:
1. Silahkan kamu backup semua data-data penting yang ada di Smartphone Xiaomi ke komputer
2. Backup juga aplikasi dan game yang sudah pernah terinstall menggunakan Titanium Backup. Buat yang belum tahu cara penggunaannya bisa kamu cek tutorial lengkap beserta videonya di sini
3. Nah hasil backup Aplikasi dan game tadi kamu pindahkan juga ke komputer atau MicroSD
4. Kemudian masuk ke mode TWRP Recovery dengan cara tekan dan tahan tombol Power beserta volume atas secara bersamaan hingga muncul logo MI (dalam kondisi mati)
5. Setelah berhasil masuk ke mode TWRP > pilih wipe > format data > ketikkan Yes lalu tekan ikon centang
6. Nanti TWRP Recovery akan memformat semua internal memory kamu
7. Biasanya sih tidak lama dan sekarang coba lihat internal memory kamu sekarang


Sejauh admin coba, dengan cara di atas bisa sukses mengatasi internal memory yang 0 MB pada mode TWRP Recovery Xiaomi. Biasanya admin akan coba untuk mereboot TWRP tersebut juga agar lebih yakin saja. Kasus ini admin temui di Mi A1 dan Mi 5 PRO namun juga bisa terjadi pada Smartphone Xiaomi tipe lain seperti Redmi Note 5, Redmi 5, Redmi 6, Redmi 7, Redmi Note 6, Redmi Note 7, Redmi Note 4, Redmi 4, Mi MAX, Mi MIX, Mi Note, Mi6, Mi8 dan lain sebagainya

Nah itulah dia tata cara mengatasi 0 MB pada TWRP Recovery Xiaomi. Jika dirasa bermanfaat silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Miuitutorial Indonesia guna mendapatkan tutorial terbaru Xiaomi berbahasa Indonesia. Salam admin Miuitutorial.com
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url