-->

Praktekkan 10 Tips Ini Jika Ingin Sukses 100% Unlock Bootloader Xiaomi

Walau terbilang sangat singkat, bahkan tidak lebih dari 1 menit untuk bisa unlock bootloader Smartphone Xiaomi, namun pada praktiknya sendiri terkadang pengguna Xiaomi diharuskan menunggu minimal 36 jam, 72 jam atau bahkan ratusan jam. Malah ada yang sampai 720 jam ke depan baru bisa unlock bootloader. Kalau dijadikan hari sih wajib nunggu 30 hari lamanya.

Praktekkan 10 Tips Ini Jika Ingin Sukses 100% Unlock Bootloader Xiaomi

Praktekkan 10 Tips Ini Jika Ingin Sukses 100% Unlock Bootloader Xiaomi
Praktekkan 10 Tips Ini Jika Ingin Sukses 100% Unlock Bootloader Xiaomi

Tambah kesal saja? Unlock bootloader Xiaomi yang seharusnya cuma menghabiskan waktu kurang dari 1 menit bisa molor sampai 1 bulan. Ini tidak lain karena adanya kebijakan baru dari Xiaomi yang makin memperketat permintaan untuk unlock. Hal ini juga mungkin karena banyaknya request unlock yang datang dari pengguna Xiaomi di seluruh dunia sehingga "mungkin saja" mereka membuat semacam jadwal berurut.

Seperti kasus dimana admin harus menunggu sekitar 3 hari lebih agar bisa unlock Xiaomi Redmi 3s yang pernah admin post artikel serta videonya di sini dan setelah lewat dari 36 jam itu, admin tidak serta merta langsung bisa unlock loh. Ada error yang harus ditemui semisal tidak terdeteksilah, info device yang tidak bisa dibacalah dan masih banyak lagi. Walau memang pada akhirnya admin berhasil unlock bootloader juga di Redmi 3s ini.

Padahal beberapa Smartphone Xiaomi admin lalu seperti Xiaomi Redmi Note 3 MTK, Redmi Note 3 PRO, Redmi Note 4 PRO, hingga Mi5 PRO Black Ceramic pun bisa dengan mudah unlock bootloader tanpa harus menunggu beberapa hari. Asalkan akun Mi yang digunakan untuk unlock sudah mendapatkan SMS persetujuan dari Xiaomi, maka sudah bisa langsung unlock.

Nah buat kamu pengguna Smartphone Xiaomi entah itu Redmi Note 5, Redmi Note 6, Redmi Note 7, Redmi 4, Redmi 5, Redmi 6, Redmi 7, Mi MAX, Mi MIX, Mi6, Mi8, Mi PAD yang ingin unlock Bootloader dan supaya bisa sukses 100% tanpa menemui kendala berarti. Berikut ini sudah admin siapkan beberapa Tips bermanfaat:

1. Akun Mi Sudah Terverifikasi
Nah yang satu ini wajib kamu lakukan supaya proses unlock bisa berjalan lancar. Perizinan untuk unlock ini juga penting dan menjadi syarat utama. Biasanya nanti setelah berhasil diterima, nantinya kamu akan mendapati SMS pemberitahuan dari mereka jika akun Mi yang dimiliki sudah Terverifikasi.

2. Gunakan Rom Miui Official Terbaru
Kemudian pastikan jika rom Miui yang sedang terinstall di Smartphone Xiaomi kamu tersebut adalah rom official alias bukan rom distributor abal-abal. Karena ada beberapa tipe Smartphone Xiaomi yang awalnya tidak secara resmi masuk ke Indonesia, sehingga rom Miui yang dipasangkan pun adalah rom non official. Walhasil kalau sudah seperti ini akan sangat sulit untuk bisa unlock bootloader. Buat kamu yang belum tahu bagaimana caranya membedakan antara rom Miui official dengan rom Miui distributor abal-abal bisa cek panduannya di sini.

3. Gunakan Mi Unlock Tool Terbaru
Mi Unlock tool sendiri adalah tool resmi yang dikeluarkan oleh Xiaomi agar pengguna Smartphone Xiaomi di seluruh dunia bisa dengan mudah melakukan unlock. Agar bisa mendapatkan tool Mi unlock ini, sangat mudah sekali tinggal kamu unduh melalui tautan yang ada di sini, kemudian sign ini menggunakan akun Mi yang sebelumnya sudah disetujui. Oleh karena itu juga pastikan komputer atau laptop kamu sedang tersambung ke internet ketika sedang unlock bootloader.

4. Log In Akun Google Sebelum Unlock
Walau sepele, tapi ini sangat manjur sekali dalam melakukan proses unlock bootloader. Terbukti ketika admin coba unlock bootloader di Xiaomi Redmi 3s kemarin. Tidak pernah berhasil unlock sekalipun sudah melampaui batasan 32 jam karena belum sign in akun Google. Namun setelah sign in, bisa dengan mudah unlock 100% tanpa ada kendala. Nah buat kamu yang ingin unlock, usahakan sudah sign in akun Mi dan akun Google juga. Caranya tinggal tambahan kan akun Google melalui pengaturan.

5. Bin Akun Mi
Opsi Bin ini bisa kamu dapati ketika sudah mengaktifkan mode pengembang. opsi Bin ini ada di setelan > setelan tambahan > mode pengembang > Status Mi Unlock. Tinggal kamu tap saja opsi tambahkan akun Mi dan secara otomatis ditambahkan jika sebelumnya kamu sudah log in akun Mi di Smartphone Xiaomi tersebut.

Agar bisa bin akun Mi ini, pastikan Smartphone Xiaomi kamu sedang tersambung ke jaringan internet melalui data selular, bukan Wifi karena memang dari sananya sendiri sudah seperti itu. Admin pernah mencoba melalui jaringan Wifi, namun hasilnya gagal.

6. Pastikan Unlock OEM dan USB Debugging Nyala
Kedua opsi ini bisa kamu temui setelah mengaktifkan mode pengembang dengan cara tap 7 kali pada versi Miui yang ada di tentang ponsel. Pastikan kedua opsi tadi sudah tercentang.

7. Aktifkan Pencarian Perangkat
Mode pencarian perangkat ini sebenarnya efektif digunakan jika Smartphone Xiaomi yang dimiliki sedang hilang atau dicuri, terjatuh dan lain sebagainya. Akan tetapi juga efektif dalam mempermudah kamu ketika proses unlock bootloader nanti. Cara mengaktifkan mode pencarian perangkat ini juga tinggal kamu akses Mi akun yang ada di pengaturan > Akun Mi > Mi Cloud > pastikan opsi cari perangkatnya aktif.

8. Kartu SIM Terpasang
Kartu SIM yang admin maksud di sini adalah kartu SIM alias nomor HP yang didaftarkan ketika mengisi formulir untuk perizinan unlock bootloader. Jadi pastikan jika kartu SIM tersebut juga sedang terpasang nantinya ketika proses unlock terjadi. Karena pada saat unlock nanti, Mi Unlock Tool akan memeriksa serta mencocokkan informasi antara yang ada di perangkat dengan yang ada di server mereka.

9. Gunakan Rom Developer
Walau sepengalaman admin di Redmi Note 3 PRO, Redmi Note 4 PRO dan Mi PRO kemarin tetap bisa unlock bootloader di rom global stabil, namun tidak ada salahnya jika kamu unlock di rom developer BETA. Karena sejatinya proses unlock ini awalnya ada untuk rom developer. Siapa tahu setelah pindah ke rom BETA bisa dengan mudah unlock.

10. Berdoa
Dari ke semua point di atas, jangan lupa untuk berdoa supaya proses unlock bootloader berjalan lancar. Selalu ada kekuatan maha dahsyat yang senantiasa meloloskan kita.


Walau mungkin nantinya ada kemungkinan bakal disuruh nunggu juga, namun tidak ada salahnya coba ikuti 9 Tips di atas. Karena ada beberapa pengguna Smartphone Xiaomi yang ketika unlock pun bisa langsung unlock saat itu juga. Jadi anggap saja mungkin nantinya bakal langsung bisa unlock.

Nah buat kamu yang punya saran supaya cepat bisa unlock lagi bisa tuliskan di kolom komentar. Sedangkan untuk bahasan lain soal error pada saat unlock bootloader Xiaomi bisa cek langsung beberapa tutorialnya di sini. Jika dirasa bermanfaat silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Miuitutorial Indonesia. Salam admin miuitutorial.com

Praktekkan 10 Tips Ini Jika Ingin Sukses 100% Unlock Bootloader Xiaomi