-->

Layar Smartphone Xiaomi Cuma Bisa Dioperasikan 2 Jari Saja? Ini Cara Memperbaikinya

Layar pada Smartphone Xiaomi kamu Cuma bisa dioperasikan hanya dengan 2 jari saja? Tidak ada respons sama sekali, layar tidak bisa digulir dengan satu jari? Apakah ini bug pada rom Miui atau malah hardware touchscreen Xiaomi yang rusak? Eitss.. tunggu dulu, jangan keburu menilai, coba ikuti tutorial yang akan admin bagikan kali tentang bagaimana caranya memperbaiki layar Smartphone Xiaomi yang hanya bisa diusap 2 jari saja.

Layar Smartphone Xiaomi Cuma Bisa Dioperasikan 2 Jari Saja? Ini Cara Memperbaikinya

Layar Smartphone Xiaomi Cuma Bisa Dioperasikan 2 Jari Saja? Ini Cara Memperbaikinya
Layar Smartphone Xiaomi Cuma Bisa Dioperasikan 2 Jari Saja? Ini Cara Memperbaikinya

Pernahkah kamu mendapati kondisi dimana layar Smartphone Xiaomi kamu cuma bisa merespon 2 jari saja? Yah jadi pada saat swipe atau geser layar dengan satu jari sama sekali tidak berfungsi alias tidak merespon sentuhan kita? Apakah ini kerusakan dari hardware atau rom Miui nya dan apakah masih bisa diperbaiki? Temukan semua jawabannya dalam tutorial cara memperbaiki layar Smartphone Xiaomi yang hanya merespon 2 sentuhan jari saja.

Umumnya pengguna Smartphone itu adalah orang dengan kondisi fisik yang nomal, karena memang user interface Smartphone saat ini lebih mengedepankan tampilan serta interaksi antara jari (sentuhan) dengan layar. Jadi sangat wajar sekali jika banyak dari produsen Smartphone saat ini berlomba-lomba mengedepankan kualitas layar yang semakin bagus, semakin tajam dan semakin berwarna. Belum lagi dengan tingkat responsif layar yang kian hari semakin tinggi. Ini tidak lain karena mereka ingin memanjakan pengguna dari Smartphone itu sendiri. Tak terkecuali bagi Xiaomi yang merupakan salah satu produsen Smartphone Android saat ini.

Namun begitu bukan berarti cuma orang dengan kondisi normal saja yang berhak menggunakan Smartphone. Selain itu masih banyak saudara kita yng memlukan kebutuhan khusus atau yang kita kenal sebagai tuna daksa. Nah mereka-mereka ini tentu tidak bisa secara lancara atau cukup kesulitan jika ingin mengoperasikan Smartphone selancar, selues seperti orang normal pada umumnya. Sehingga membutuhkan sebuah fitur atau bantuan khusus agar mereka juga dapat mengoperasikan Smartphone. Fitur yang admin maksud ialah Talkback.

Dimana dengan fitur ini Smarthone Android seperti Xiaomi akan secara otomatis dan berkelanjutan akan memberitahukan setiap informasi yang ada di layar Smartphone melalui suara. Tentunya fitur Talkback ini akan membuat orang dengan berkebutuhan khusus bisa mengoperasikan Smartphone selayaknya orang nomal pada umumnya. Hanya saja mungkin fitur Talkback ini terkadang bisa aktif sendiri yang berakibat membingungkan si pengguna. Lah kok bisa?

Yah, bisa saja teman, adik atau anak kamu tiba-tiba tanpa sepengetahuan kamu memainkan Smartphone Xiaomi, lalu mereka tanpa sadar mengaktifkan fitur Talkback dan yang terjadi berikutnya adalah layar Smartphone Xiaomi hanya bisa digerakkan dengan usapan 2 jari saja. Celakanya kamu tidak tahu bahwa itu dikarenakan fitur Talkback yang aktif, malah menganggap jika Touchscreen atau panel LCD Xiaomi yang rusak.
Okey buat kamu yang menemukan masalah seperti sebenarnya cara memperbaikinya sangat mudah dan sama sekali tidak membutuhkan akses root seperti Magisk maupun superSU.

Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:
1. Masuk ke pengaturan
2. Kemudian gulir layar ke bawah
3. Cari opasi pengaturan tambahan > kemudian pilih menu aksebilitas
4. Pilih umpan balik atau Talkback
5. Matikan opsi tersebut
6. Selesai


Setelah mematikan opsi Talkback tadi, maka secara otomatis Smartphone Xiaomi kamu akan bisa kembali lagi dioperasikan dengan satu sentuhan jari saja. Selain masuk ke menu di atas tadi. Kamu juga bisa menghentikan sementara fitur Talkback dengan cara tekan dan tahan tombol volume atas dan bawah secara bersamaan. Nantinya akan muncul tulisan di layar serta status Talkback ditangguhkan pada statusbar dan kamu bisa masuk ke pengaturan yang sudah admin sebutkan di atas tadi.

Yah, jadi jangan panik jika kamu menemui masalah dimana Smartphone Xiaomi kamu cuma bisa digerakkan layarnya dengan 2 jari saja. Sebenarnya itu bukanlah hardware Touchscreen yang rusak melainkan fitur Talkback yang aktif. Oh ya, masalah layar Xiaomi sendiri sudah pernah admin bahas beberapa diantaranya seperti screenburn di sini, muncul garis merah di layar Xiaomi di sini, dan muncul garis biru layar di sini. Jika dirasa bermanfaat silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Miuitutorial Indonesia. Salam admin miuitutorial.com

Layar Smartphone Xiaomi Cuma Bisa Dioperasikan 2 Jari Saja? Ini Cara Memperbaikinya