-->

Touchscreen Xiaomi Redmi 5 Plus Kamu Sering Freeze Sendiri Kita Bermain Game? Ini Cara Memperbaikinya!

Touchscreen pada Xiaomi Redmi 5 Plus kamu Lag parah bahkan lebih banyak freeze alias tidak bisa disentuh sama sekali ketika diajak bermain game semisal PUBGM dan Mobile Legend? Bahkan sekedar untuk sosmed saja sering freeze sendiri? Nah semoga tutorial serta informasi yang akan admin bagikan kali bisa menjawab permasalahan kamu tersebut!

Touchscreen Xiaomi Redmi 5 Plus Kamu Sering Freeze Sendiri Kita Bermain Game? Ini Cara Memperbaikinya!

Touchscreen Xiaomi Redmi 5 Plus Kamu Sering Freeze Sendiri Kita Bermain Game Ini Cara Memperbaikinya!
Touchscreen Xiaomi Redmi 5 Plus Kamu Sering Freeze Sendiri Kita Bermain Game Ini Cara Memperbaikinya!

Admin mendapati laporan jika beberapa pengguna Xiaomi Redmi 5 Plus mengalami freeze pada Touchscreen layarnya, terkhusus ketika digunakan pada saat bermain game online seperti Mobile Legend ataupun PUBGM. Sehingga mengganggu kelancaran bermain dan parahnya ini terus terjadi sekalipun sudah gonta-ganti rom, baik itu rom Miui maupun custom rom seperti AOSP.

Padahal secara teori, harusnya dengan mengganti ke rom lain bisa membuat Touchscreen bebas dari freeze alias hang. Lantas kalau sudah seperti, apakah Xiaomi Redmi 5 Plus tadi justru rusak pada bagian Hardwarenya alias Touchscreen Redmi 5 Plus tersebut memang cacat produksi sedari sananya?

Ternyata bukan itu masalahnya, setelah ditelusuri oleh salah seorang pengguna Xiaomi Redmi 5 Plus itu sendiri, ternyata Touchscreen yang freeze tersebut lebih diakibatkan oleh ketidak cocokkan antara Hardware dengan firmware dari rom Miui itu sendiri. Sehingga ketika coba untuk diganti menggunakan rom Miui 10 yang ada firmware Touchscreen tadi, maka masalah freeze pada touchscreen Redmi 5 Plus Vince tadi sudah sembuh.

Nah buat kamu yang mengalami masalah freeze pada Touchscreen Xiaomi Redmi 5 Plus, bisa coba cara berikut:
1. Silahkan kamu buka pengaturan > masuk ke tentang ponsel
2. Setelah itu tap beberapa kali versi Kernel hingga secara otomatis kamu akan masuk ke menu CIT
3. Di situ coba kamu tap opsi pertama yaitu versi informasi
4. Kemudian cek pada bagian TP > di situ akan tertulis versi 53 atau 54
5. Nah dalam kasus ini Xiaomi Redmi 5 Plus cocok pada driver Touchscreen v54 yang mana versi 54 ini ada pada rom Miui China stabil versi 9.6.3.0
6. Buat kamu yang mengalami masalah seperti ini bisa langsung ambil rom Miui 9.6.3.0 tadi di sini versi fastboot dan di sini untuk recovery
7. Kemudian flashing seperti biasa kamu flashing menggunakan Mi Flashtool
8. Berikut ini video cara flashing rom Miui, termasuk untuk Redmi 5 Plus

Buat yang masih locked bootloader dan kesulitan untuk flashing rom Miui ini, bisa coba melalui mode test point. Tata cara test point sendiri sudah pernah admin bagikan di sini. Nah buat kamu yang versi Touchscreenya di bawah versi tadi semisal v14, silahkan di update saja ke Miui ini. Nanti dia akan langsung update sendiri.

Sejauh ini dengan flashing ke rom Miui 9 v9.6.3.0, Lag atau freeze pada layar Xiaomi Redmi 5 Plus sudah tidak muncul lagi. Diajak bermain game semisal PUBGM yang butuh pergerakan cepat serta Mobile Legend yang butuh banyak Multi Touch lancar jaya. Nah itu dialah cara memperbaiki Freeze pada Touchscreen Xiaomi Redmi 5 Plus tanpa perlu mengganti Hardware Touchscreen nya sendiri. Silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Miuitutorial Indonesia guna mendapatkan tutorial terbaru Xiaomi berbahasa Indonesia. Salam admin miuitutorial.com

Touchscreen Xiaomi Redmi 5 Plus Kamu Sering Freeze Sendiri Kita Bermain Game? Ini Cara Memperbaikinya!