JANGAN TAKUT GAGAL! Ini Cara Mudah Pasang TWRP di Xiaomi POCO X3, X3 NFC, X3 PRO

Bisa Install TWRP Recovery tanpa komputer langsung dari Smartphone Xiaomi POCO X3, X3 NFC, X3 PRO? Bisa Install TWRP Recovery tanpa komputer langsung dari Smartphone Xiaomi POCO? Yuk simak tutorial lengkapnya pada postingan berikut!

JANGAN TAKUT GAGAL! Ini Cara Mudah Pasang TWRP di Xiaomi POCO X3, X3 NFC, X3 PRO
JANGAN TAKUT GAGAL! Ini Cara Mudah Pasang TWRP di Xiaomi POCO X3, X3 NFC, X3 PRO


Tahap kedua setelah berhasil unlock bootloader pada Xiaomi POCO X3, X3 NFC, X3 PRO kamu adalah pasang TWRP Recovery atau juga Custom TWRP Recovery. Kenapa harus TWRP dulu bukannya Root Magisk? Karena TWRP adalah media atau alat yang bisa kamu gunakan untuk menginstall Magisk Installer zip. Karena dan sepengalaman admin kalau pertama kali install Magisk memang harus melalui TWRP. Hal ini karena sekalipun Smartphone Xiaomi POCO X3, X3 NFC, X3 PRO kamu sudah unlock bootloader, tapi belum ada akses rootnya. Selain itu juga dengan menggunakan TWRP kamu bisa mempermudah untuk menginstall berbagai macam file mod secara otomatis tanpa harus copy paste satu persatu.

Hal ini admin alami dulu saat masih di awal-awal Android muncul, install Root SuperSU harus secara manual, namun setelah adanya TWRP bisa langsung install paket zip sekali klik saja. Nantinya setelah berhasil root Magisk, kamu bisa langsung install update root Magisk melalui Magisk Manager tanpa TWRP lagi dan install berbagai macam plug-in atau Magisk Module langsung dari Magisk Manager. Jadi Install TWRP itu wajib untuk saat ini di Xiaomi POCO X3, X3 NFC, X3 PRO.

Sayangnya seperti unlock bootloader, install TWRP Recovery juga membutuhkan bantuan komputer atau laptop. Namun dulu pernah admin coba install TWRP ini di Smartphone Xiaomi tipe lain tanpa komputer. Kalau mau coba bisa tonton video berikut:



Okey, sebelum mulai admin ingin memastikan dulu apakah Xiaomi POCO X3, X3 NFC, X3 PRO sudah dalam keadaan unlock bootloader atau belum. buat yang belum tahu caranya bisa tonton video berikut:



Kalau ternyata belum unlock bootloader, kamu bisa baca tutorial unlock bootloader Smartphone Xiaomi POCO X3, X3 NFC, X3 PRO di sini atau juga bisa tonton videonya berikut:



Okey, admin anggap Smartphone Xiaomi POCO X3, X3 NFC, X3 PRO sudah dalam keadaan unlock bootloader. Sekarang kita mulai tutorialnya.

Bahan:
- TWRP Recovery:
+ POCO X3 3.4.0-12 di sini |  3.4.0-14 di sini | 3.4.0-15 di sini
+ POCO X3 NFC di sini
+ POCO X3 PRO di sini

- Minimal ADB dan Fastboot di sini

Caranya:
1.Silahkan install Minimal ADB dan Fastboot yang sudah kamu ambil di atas ke komputer. Install seperti biasa seperti kamu menginstall aplikasi Windows lainnya.
2. Kemudian jalankan Minimal ADB dan Fastboot melalui shortcut di desktop atau juga bisa cari di menu Start
3. Ambil TWRP Recovery di atas sesuai dengan tipe Smartphone Xiaomi POCO kamu
4. Rename file .img tadi menjadi twrp.img kemudian taruh ke C:\Program Files (x86)\Minimal ADB and Fastboot atau disk C
5. Kembali ke Smartphone Xiaomi POCO X3, X3 NFC, X3 PRO. Kamu matikan lalu dalam kondisi mati tadi coba tekan dan tahan tombol Power beserta volume bawah secara bersamaan hingga muncul logo Mi Bunny
6. Sambungkan Xiaomi POCO X3, X3 NFC, X3 PRO tadi ke komputer menggunakan kabel USB Type-C Original bawaan > tunggu sampai bunyi tersambung
7. Kalau sudah kamu buka kembali jendela Minimal ADB dan Fastboot lalu ketikan fastboot devices > tekan enter
8. Apabila muncul kombinasi huruf dan angka, berarti Xiaomi POCO X3, X3 NFC, X3 PRO berhasil dikenali. Namun jika tidak muncul berarti harus d ulang
9. Lanjut ketikkan perintah fastboot flash recovery twrp.img (twrp.img mengacu pada nama file TWRP yang kamu ambil dari atas. Jadi ada baiknya rename dulu menjadi twrp.img)
10. Proses flashing tidak lebih dari 10 detik sudah selesai
11. Sekarang Xiaomi POCO X3, X3 NFC, X3 PRO sudah terpasang TWRP Recovery
12. Buat yang masih bingung bisa tonton videonya berikut:



Biasanya setelah berhasil terpasang TWRP, Smartphone Xiaomi POCO X3, X3 NFC, X3 PRO kamu akan masuk secara otomatis ke mode TWRP Recovery. Namun nantinya jika ingin masuk sendiri secara manual kamu bisa tekan kombinasi tombol Power dan volume atas secara bersamaan ketika Smartphone Xiaomi POCO X3, X3 NFC, X3 PRO dalam kondisi mati. Nanti bakal masuk mode TWRP juga.

tahap selanjutnya tinggal install Magisk, dan admin akan coba buat tutorial khususnya biar tidak kepanjangan. Sekian untuk postingan kali ini tentang tata cara install TWRP dan Custom TWRP di Xiaomi POCO X3, X3 NFC, X3 PRO. Semoga bermanfaat, silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Miuitutorial Indonesia. Salam admin miuiutorial.com
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url