Baru Pertama Kali Punya Smartphone Xiaomi? Bingung Mau Ngapain? Ikuti Panduannya di sini

Xiaomi Redmi 2 Kamu Ekor Berapa? Mungkin Ini Alasannya Kenapa Redmi 2 Tidak Bisa 4G Indonesia

Padahal Xiaomi Redmi 2 sudah mendukungan jaringan 4G tetapi kok redmi 2 dan redmi 2 prime yang kamu beli tidak ada tanda-tanda bisa menangkap sinyal 4G? padahal kartu SIM sudah 4G, sudah tercover sinyal 4G di wilayahnya namun tetap saja tidak pernah bisa mendapatkan sinyal 4G sekalipun sudah ganti kartu SIM provider lain dan coba reboot berulang kali. Apa yang salah dengan xiaomi Redmi 2 kamu? mungkin penjelasan yang akan admin paparkan ini bisa menjawab kebingungan kamu.

Cek Keberuntungan: Xiaomi Redmi 2 Kamu Ekor Berapa? Ini Alasannya Kenapa Redmi 2 Tidak Bisa 4G Indonesia

Xiaomi Redmi 2 Kamu Ekor Berapa? Mungkin Ini Alasannya Kenapa Redmi 2 Tidak Bisa 4G Indonesia
Xiaomi Redmi 2 Kamu Ekor Berapa? Mungkin Ini Alasannya Kenapa Redmi 2 Tidak Bisa 4G Indonesia

Selama ini kita mengaggap kalau smartphone xiaomi yang dijual di pasar Indonesia semuanya sudah mendukunga jaringan 4G. Padahal nyatanya tidak sepenuhnya benar. Karena pihak xiaomi biasanya mengeluarkan kebijakan khusus misalnya hanya memproduksi tipe smartphone android tertentu untuk negara tujuan tertentu pula. Misalnya ada Xiaomi redmi 2 yang khusus untuk regional asia, dan ada juga khusus untuk regional amerika. Nah biasanya kan di tiap negara itu memiliki kebijakan tersendiri soal penetapan frekuensi telekomunikasi (internet) di negara mereka. Jadilah xioami redmi 2 yang dipasarkan harus memenuhi aturan tersebut. Hal serupa juga peranh admin buat tutorial cara memperbaiki sinyal redmi 2 dan redmi 2 prime di sini

Perlu kamu ketahui bahwa xiaomi redmi 2 dan redmi 2 prime yang beredar di indonesia sekarang ini dibawa oleh melalui distributor resmi dan distributor non resmi. Distributor resmi yaitu E*a*on* sedangkan distributor non resmi seperti Platinum, Bless, immotech, dan lain-lain. Nah sekarang admin mau tanya ke kamu, kemarin beli xiaomi redmi 2 nya dimana? kalau di E*a*on* sih aman-aman saja dan bisa dengan lancar menggunakan frekuensi 4G indonesia, tapi kalau kamu membeli xiaomi redmi 2 dan redmi 2 prime nya melalui jalur distributor. Mari kita cek keberuntungan kamu. Kenapa admin bilang cek keberuntungan, karena xiaomi redmi 2 dan redmi 2 prime yang dijual melalui distributor non resmi tidak melalui standarisasi khusus, walhasi xiaomi redmi 2 dan redmi 2 prime yang sebenarnya diperuntuhkan untuk negara lain pun (sesuai dengan yang admin jelaskan di atas) ikuti dijual di Indonesia. Nah alasan inilah yang membuat kamu pengguna redmi 2 dan redmi 2 prime yang membeli di distributor non resmi jika beruntung bisa menikmati sinyal 4G Indonesia dengan lancar, namun bagi yang bernasib sial, siap-siap saja redmi 2 dan redmi 2 prime mu hanya bisa menggunakan 2G. Iya 2G, jadi boro-boro mau 4G, 3G saja tidak bisa.

Lantas bagaimana cara mengecek atau mengetahui ekor/akhiran berapa nomor redmi 2 dan redmi 2 prime kamu? Berikut tutorial caranya:
1. Silahkan lihat serial yang berada di belakang dus redmi 2 dan redmi 2 prime kamu, contohnya seperti gambar di bawah ini adalah dusbox resmi redmi 2 yang dipasarkan di Indonesia

Xiaomi Redmi 2 Kamu Ekor Berapa Mungkin Ini Alasannya Kenapa Redmi 2 Tidak Bisa 4G Indonesia

2. Lalu cek juga nomoer serial yang melekat di dalam rangka redmi 2, tepatnya tertutup oleh baterai. Contohnya seperti gambar di bawah ini redmi 2 ekor 13

Xiaomi Redmi 2 Kamu Ekor Berapa Mungkin Ini Alasannya Kenapa Redmi 2 Tidak Bisa 4G Indonesia

Secara Umum ada 4 jenis ekor atau nomor akhiran serial pada redmi 3 dan redmi 2 prime yaitu 11, 13,17, dan 19. Ekor 11 adalah xiaomi Redmi 2 yang dijual untuk pasar Global (seluruh negara) termasuk dalam hal ini pihak distributor non resmi seperti WII, B-Cell, dan banyak lagi juga turut menjualnya. Sedangkan untuk akhiran 13 adalah Redmi 2 yang dikhususkan untuk pasar China. Yang jadi pertanyaannya, kenapa banyak Redmi 2 dan redmi 2 prime berakhiran 13 beredar di Indonesia? Ya karena tadi, karena ada distributor juga yang membeli Redmi 2 China untuk di jual lagi di Indonesia. Ekor 17 adalah Redmi 2 dan redmi 2 prime untuk pemasaran di Indonesia. Ekor 17 banyak ditemui di Redmi 2 bergaransi resmi (TAM, Erajaya, dll.) Adapun ekor 17 dipasarkan oleh distributor, walau tidak banyak.

Kalau 11, 13, 17 itu aman dipakai 4G di indonesia, lalu bagaimana dengan ekor 19? Ekor 19 ini bisa dibilang ekor sial, tidak sedikit pengguna redmi 2 yang bertanya, “Kenapa kok smartphone redmi 2 saya tidak pernah bisa mendapatkan sinyal 4G? Padahal kan Redmi 2 support 4G? kartu SIM nya juga sudah 4G, wilayah juha sudah tercover 4G? Ya tentu, karena akhiran 19 beredar tidak seharusnya di Indonesia. Hanya di beberapa negara seperti brazil contohnya, yang pasti 4G di ekor 19 tidak support jaringan internet di Indonesia, bahkan 3G juga ada yang tidak support. Beuh kalau kamu kedapatan membeli redmi 2 dan redmi 2 prime ekor 19, segera kembalikan ke tempat dimana kamu membelinya atau bagi kamu yang sedang ingin membeli redmi 2 dan redmi 2 prime di toko online, ada baiknya kamu bertanya dulu ke pihak seller.

Satu lagi pertanyaan yang sering dilontarkan oleh pengguna redmi 2 dan redmi 2 prime yang sudah terlanjur membeli, "Padahal di belakang dus/bawah baterai sudah tertulis ekor atau akhiran A tetapi ketika dicek melalui CPU-Z tertulis ekor B, Kok bisa?!”. Biasanya hal ini terjadi di Redmi 2 ekor 13, karena ada beberapa importir (khususnya distributor nakal) yang menyuntik ROM Global untuk ekor 11/17 kemudian mengganti file MODEM ekor 11/17 ke ekor 13. Perlu Diingat! CPU-Z bukanlah acuan utama, dusbox dan nomer seri di bawah baterai adalah patokan utamanya. Jadi sebelum membeli redmi 2 dan redmi 2 prime, pastikan kamu mengecek dusbox dulu kemudian lihat nomor seri tepat di bawah baterai (nomor serinya bukan yg ada di baterai).

Perlu dicatata bahwa perbedaan lain dari ekor 11, 13, 17, dan 19 ialah band jaringan, apa itu band jaringan? buat lengkapnya coba kamu googling. Secara teori ekor 11 dan 17 sama band jaringannya (tidak support BOLT! dan Smartfren). Sedangkan ekor 13 paling banyak mendukung band jaringan contonya sudah menuckung BOLT! dan Smartfren. Bagaimana dengan ekor 19? Untuk ekor 19 Lupakanlah!, memang tujuannya tidak untuk pasaran Indonesia.

"Kalau Xiaomi redmi 2 dan redmi 2 prime ekor 13 khusus untuk pasar china, berarti tidak ada rom globalnya donk?!" yup benar sekali, sampe kiamat pun tidak akan pernah ada rom globalnya, katrena ya tadi redmi 2/redmi 2 prime akhiran 13 khusus untuk pasar china. Jadi chuna ada rom offcial china stable, "tapi bagaimana dengan redmi 2 ekor 13 yang sudah ada rom global berbahasa indonesia dan ada playstore nya pula? Resmi loch bukan rom abal-abal, malah bisa update lagi!. Bisa dipastikan Redmi 2 anda sudah di “suntik” ROM untuk ekor 11/17 dengan diganti file MODEM atau NON-HLOS nya dengan ekor 13. Jadi jika tidak segera di flash ke rom China, maka nanti tidak akan dapat update OTA, semisal dapat pun, nanti akan kehilangan signal, karena update OTA untuk ekor 11 dan 17. Jadi harus bongkar sistem lagi.

Sebagai tambahan informasi, Frekuensi 4G redmi 2 dan redmi 2 prime:
- Ekor 11 di band 1 dan 3 (frekuensi 2100 dan 1800)
- Ekor 13 di band 3 dan 7 (frekuensi 1800 dan 2600)
- Ekor 17 di band 1, 7, dan 8 (frekuensi 2100, 2600, dan 900)

Bagaimana tips membeli redmi 2 dan redmi 2 prime yang aman dan mendukung sinyal 4G indonesia?
1. Belilah dari distributor resmi seperti E*a*on* atau setidaknya yang berstiker TAM
2. Kalau kamu ingin membeli di toko onlie, ada baiknya tanyakan terlebih dahulu ke sellernya, penjual yang jujur pasti akan memberitahukan info produk yang sebenarnya.
3. Berdoa

Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu yang sedang ingin membeli xiaomi redmi 2 dan redmi 2 prime, khawatir sinyal 4G Indoensia tidak mendukung. Walau artikel ini menjelaskan tentang redmi 2 tapi tidak menutup kemungkinan untuk smartphone xiaomi tipe lain. Jangan lupa +1, like dan bagikan. Salam admin miuitutorial.com

Admin Miuitutorial.com Ingin Sekali Menjawab Setiap Pertanyaan yang Agan Berikan, Hanya Saja Dikarenakan Admin Ada Kegiatan Offline Sehingga Tidak Dapat Selalu Berada di Depan Komputer. Admin Menyarankan Agan untuk Membaca Komentar-Komentar Terdahulu Kemudian Menge-Tag Nama Agan yang Sudah Berhasil Menjalankan Tutorial Tersebut Agar Bisa Medapatkan Respon Jawaban yang Lebih Cepat. Terima Kasih Atas Kerjasamanya