Baru Pertama Kali Punya Smartphone Xiaomi? Bingung Mau Ngapain? Ikuti Panduannya di sini

Konsumsi Baterai Smartphone Xiaomi Kamu Boros? Ikuti Tutorial Cara Menghemat Baterai ala Admin Miuitutorial.com

Apakah kamu merasakan lama-kelamaan konsumsi baterai Smartphone Xaomi semakin boros? perpindahan antar aplikasi mulai terasa lag? Lamanya screen on Time (SOT) semakin pendek di smartphone xiaomi kamu? sehari bisa charge baterai 2x bahkan lebih? Sudah melakukan beberapa pengaturan tapi tetap saja optimalisasi penggunan baterai tidak berdampak signifikan si ponsel xiaomi kamu? Simak Tips menghemat konsumsi baterai di smartphone xiaomi ala admin miuitutorial.com berikut ini:

Konsumsi Baterai Smartphone Xiaomi Kamu Boros? Ikuti Tutorial Cara Menghemat Baterai ala Admin Miuitutorial.com

Konsumsi Baterai Smartphone Xiaomi Kamu Boros? Ikuti Tutorial Cara Menghemat Baterai ala Admin Miuitutorial.com
Konsumsi Baterai Smartphone Xiaomi Kamu Boros? Ikuti Tutorial Cara Menghemat Baterai ala Admin Miuitutorial.com

Bisa dibilang kapasitas baterai Smartphone Xiaomi tergolong besar ketimbang vendor tetangga. Untuk saat ini kapasitas baterai yang disediakan xiaomi kisaran antara 3000-4000an mAh, belum lagi bandrolan harga terjangkau. Padahal dengan kapasitas baterai segede gaban tersebut, harusnya xiaomi membandarol smartphone mereka dengan harga yang sebanding, tapi bukan namanya xiaomi jika smartphone mereka tidak dijual dengan yang murah.

Sebagai contoh Xiaomi Redmi 3/Pro yang memiliki bentang layar 5 inchi dengan resolusi layar 720p (HD) tetap disematkan baterai berkapasitas 4000mAh, sehingga hanya cukup 1x pengisian baterai dan bisa digunakan seharian penuh. Jadi berasa kayak bawa powerbank kemana-mana. Hal ini juga tidak berbeda jauh dengan dengan saudara dekatnya Xiaomi Redmi Note 3 PRO yang dibekali baterai berkapasitas 4000mAh.

Tapi apa jadinya jika besarnya kapasitas baterai di Smartphone Xiaomi tersebut lama-kelamaan berbanding terbalik dengan realitanya? Apakah hal ini juga yang sedang kamu rasakan sekarang? Kok semakin lama menggunakannya, konsumsi baterai di Smartphone Xiaomi semakin boros. Belum lagi perpindahan antara aplikasi terasa lag plus seringkali smartphone Xiaomi kamu menjadi panas berlebih. Bagaiamana cara menghemat konsumsi baterai xiaomi?

Berdasarkan pengalaman admin miuitutorial.com selama menggunakan smartphone Xiaomi terhitung dari Redmi Note 3G sampai yang terbaru sekarang adalah Redmi Note 3 Pro, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan guna menghemat konsumsi baterai, antara lain:

Cara 1: Gunakan Rom Resmi Xiaomi
Sudah menjadi rahasia umum jika smartphone Xiaomi yang dijual di Indonesia kebanyakan dibawa oleh distributor tidak resmi, sehingga rom yang terpasang di Smartphone Xiaomi hampir semuanya adalah rom distributor abal-abal, hanya beberapa seller saja yang mengginstallkan rom resmi.

Rom distributor abal-abal ini disinyalir sebagai biang kerok borosnya konsumsi baterai di Smartphone Xiaomi kamu. Karena rom distributor menyimpan banyak potensi bug ditambah adware yang berseliweran. Tak ayal smartphone Xiaomi kamu sudah seperti billboard berjalan, saban hari bisa muncul puluhan iklan yang mengganggu. Cara yang paling efektif adalah pindah ke rom Official. Selain minim bug juga bisa mendapatkan update berkala dari xiaomi. Lantas bagaimana cara membedakan antara rom resmi dengan rom distributor abal-abal di smartphone xiaomi? Untuk penjelasan lengkapnya bisa kamu baca di sini

Cara 2: Install aplikasi yang Perlu-perlu Saja
Ini nih salah satu kebiasaan tidak baik yang sering kali dilakukan, apalagi buat kamu yang baru pertama kali punya smartphone. Saking penasarannya, segala aplikasi ingin diinstall semua di Smartphone Xiaomi. Dari yang penting sampai yang ujung-ujungnya jadi aplikasi sampah. Kenapa admin sebut sebagai aplikasi sampah? Ya karena cuma kamu Install saja, dibuka juga jarang bahkan ada yang sampai lupa kalau sudah menginstall aplikasi tersebut. Weleh.. Weleh.. -___-''

Berdasarkan pengalaman admin, aplikasi yang cukup menguras baterai adalah sosial media selain game HD yang sudah pasti tentunya, seperti Facebook yang ampun nauzubillah bikin baterai kayak bocor saja, Line, BBM, wechat, Whatsapp dan lain sebagainya. Untuk alasan tersebut kamu install aplikasi media sosial yang penting-penting saja dan memiliki intensitas penggunaan tinggi. Misalkan cukup Facebook, dan BBM saja atau facebook, BBM dan whatsapp saja atau juga bisa menggunakan facebook lite. Karena kalau dipikir-pikir, orang yang ada di bbm, line, whatsapp, kakaotalk, wechat adalah orang yang sama, jadi buat apa punya banyak akun sosial media kalau orang yang sering kita hubungi adalah orang yang sama atau yang isi anggotanya sama. Jadinya malah boros baterai, ram dan boros kuota kan? Kecuali untuk alasan tertentu misalkan ingin eksis gitu.. Hemm..

Cara 3: Aktifkan Mode Auto Close App
Salah satu kelebihan dari rom miui yaitu tersedianya fitur commad center yang di dalamnya terdapat kemampuan untuk memindai virus, mengatur koneksi internet, mengatur profil baterai, bisa memblokir pesan dan panggilan keluar masuk, perizinan aplikasi, dan pemindai file sampah.

Nah, fitur yang akan kita maksimal pertama kali adalah profil baterai yaitu dengan cara:
a. Pilih security/keamanan
b. Lanjut pilih baterai
c. Pilih profile
d. Klik tambah profil
e. Lalu pada bagian opsi bersihkan memori kamu pilih 1 menit
f. Untuk settingan lainnya tinggal kamu sesuaikan saja
g. Kemudian kamu aktifkan profil tersebut

Dengan memanfaatkan fitur auto close app ini, maka smartphone Xiaomi kamu akan melakukan pembersihan memori/RAM secara otomatis setelah layar ponsel mati selama 1 menit. Jadi kamu kunci dulu aplikasi yang tidak ingin ditutup secara otomatis dengan cara tekan tombol recent app lalu swipe ke bawah aplikasi yang ingin dikunci sampai muncul icon gembok di pojok kanan atas aplikasi.

Cara 4: Lakukan Pembersih Junk File
Hampir sama dengan cara 3, di cara 4 ini yang kita maksimalkan adalah fitur pembersihan junk file. Buka kembali aplikasi keamanan lalu pilih pembersih/cleaner, setelah itu tekan tombol scan/pandai. Lakukan cara ini setidaknya 1x dalam seminggu.

Cara 5: Atur Tombol Back Sebagai Kill App
Mengatur tombol back menjadi tombol close aplikasi memang terdengar sepele tapi, menurut pengalaman admin miuitutorial.com cukup efektif menghemat konsumsi baterai di Smartphone Xiaomi dan trik ini admin pakai ketika ingin mengakhiri game HD atau aplikasi yang hanya dipakai sekali-kali saja. Caranya yaitu:
a. Masuk ke pengaturan
b. Pilih additional options/setelan tambahan
c. Pilih tombol/button
d. Pada bagian/opsi "tekan lama tombol navigasi", kamu pilih tombol kembali menjadi tutup apl terkini
e. Selesai

Jadi setiap kali kamu selesai bermain Game HD atau aplikasi yang hanya digunakan sesekali saja seperti foto editor, dan lain-lain, langsung kamu tekan dan tahan tombol back. Secara otomatis aplikasi tersebut akan tertutup.

Cara 6: Wipe Cache dan Dalvic Cache
Buat kamu yang smartphone Xiaomi nya sudah Unlock Bootloader dan terpasang custom TWRP bisa menggunakan opsi wipe cache dan dalvic cache. Sebenarnya fungsi dari wipe cache dan dalvic cache ini lebih sering digunakan untuk memperbaiki file yang break/mismatch/error yang terkadang membuat di kondisi tertentu, smartphone kita stuck di logo Mi. Namun fungsi wipe cache dan dan dalvic cache ini juga bisa digunakan untuk merefresh smartphone Xiaomi kita.

Cara 7: Biasakan untuk Charge dalam Kondisi Mati
Salah satu kebiasaan buruk yang sering kali kamu lakukan adalah menggunakan smartphone Xiaomi ketika sedang di charge. Hayo ngaku! Hehehe.. Admin juga pernah kok. Biasanya hal ini terjadi karena kamu lagi asyik bermain game atau sosmed-an. Padahal dengan menggunakan smartphone Xiaomi ketika sedang di charge membuat baterai kamu

Cara 8: Menurunkan Tingkat Kecerahan Layar dan Mematikan Auto Brightness
Salah satu kebiasaan admin ketika menggunakan smarphone xiaomi adalah menonaktifkan auto brihtness dan menurunkan tingkat kecerahan layar. Hasilnya memng lebih terasa, konsumsi baterai jadi berkurang selain itu nilai plusnya mata jadi tidak gampang perih ketika berlama-lama di dapan layar ponsel. Tapi.. iya ada tapinya kalau berada di di bawah terik matahari tampilan di layar jadi tidak terlihat, walhasil harus menggeser kecerahan layar secara manual.

Cara 9: Kalibrasi Baterai
Opsi mengkalibrasi baterai bisa dipilih jika semua cara di atas kamu rasa kurang maksimal. Caranya yaitu isi baterai smartphone xiaomi kamu sampai penuh lalu hidupkan layarnya terus-menerus sampai ponsel xiaomi kamu mati sendiri (baterai 0%). setelah itu silahkan charge ponsel xiaomi kamu dalam kondisi mati dari 0% hingga 100%. Fungsi kalibrasi baterai pada smartphone xiaomi adalah untuk mereset memory atau nilai pada baterai tersebut.

Cara 10: Ganti Baterai Baru
Yang namanya barang eletronik apalagi baterai jika lama-kelamaan dipakai akan mengalami penurunan kualitas. Jika maa penggunaan baterai smartphone xiaomi kamu sudah lama, sekalipun di charge penuh tapi dirasa tetap saja boros bin bocorm ada baiknya kamu lakukan penggantian baterai. Igat beli baterai yang Original, jangan mudah tergiur dengan baterai harga murah. Sebagai tambahan info bahwa umur baterai dihitung berdasarkan berapa kali kamu melakukan charge, istilahnya life circle. Jadi bukan berapa lama tapi berapa kali. Maka dari itu memainkan ponsel xiaomi sambil charge sangat tidak dianjurkan. Selain mengurangi umur baterai juga memaksa kinerja prosesor yang berdampak pada peningkatan suhu di komponen lain.

Cara 11: Beli Baterai Cadangan
Kalau cara 11 ini mengingatkan admin ketika memiliki Xiaomi Redmi Note 3G dulu. Berbeda dengan smartphone xiaomi keluaran sekarang yang semuanya sudah unibody, xiaomi redmi 1s, redmi note 3G, redmi Note 4G, Redmi Note 2/Prime, Redmi 2/Prime baterainya masih bisa diganti, removeble gitu istilahnya. Dengan menggunakan baterai cadangan, maka umur baterai ponsel xiaomi kita jadi lebih awet dan selain itu juga tidak harus sering-sering menjadi manusia tembok, hahaha..

Cara 12: Sering-sering Menggunakan Wifi
Salah satu kelebihan jika kamu sering-sering berada di Dalam jangkauan wifi bisa menghemat konsumsi baterai selain itu juga bisa menghemat kuota, hehehe.. Sudah menjadi rahasia umumu kalau sinyal dari operator di Indonesia ini sering kali tidak stabil. Walhasil smartphone xiaomi kita dipakasa kerja rodi untuk mendapatkan sinyal. Efeknya ponsel xiaomi kita jadi hangat atau bahkan panas.

Cara 13: Menggunakan Aplikasi Greenify
Bagi kamu yang smartphone xiaominya sudah unlock bootloader dan trinstall xposed, bisa menggunakan aplikasi greenify. Aplikasi ini dirancang untuk bisa menghemat konsumsi baterai. Jadi setiap kali layar ponsel xiaomi kamu redup makan aplikasi akan dihibernasi namun notifikasi tetap muncul. Greenify akan lebih efektif jika kamu kombinasikan dengan xposed karena ada module yang akan diinstall. Untuk aplikasi greenify bisa kamu ambil di sini | mirror di sini

Cara 14: Membatasi Secara Extreme Aplikasi yang Berjalan di Background
Cara ini admin kurang sarankan karena dari judulnya saja kamu sudah tahu kan maksudnya. Iya, membatasi atau bahkan menghilangkan aplikasi yang berjalan di latarbelakang. caranya yaitu:
a. Masuk ke setting/pengaturan
b. Pilih additional option/setelan tambahan
c. Lanjut pilih opsi pengembang/developer mode
d. Gulir layar ke paling bawah lalu cari opsi "Batas proses latar belakang"
e. Silahkan kamu pilih apakah mau hanya maksimal 2 proses atau tanpa proses latar belakang sama sekali

Cara 15: Aktifkan Mode Ekstrim Power Saving
Mode Ekstrim power saving ini aslinya disembunyikan oleh pihak xiaomi. Admin juga kurang tahu alasannya kenapa, mungkin karena fitur ini hanya diperuntuhkan untuk pengguna smartphone xaiomi yang sudah cukup mengerti (bukan untuk pengguna awam/baru). Dengan sedikit trik, kamu bisa memuncul mode ekstrim ini dengan cara masuk ke Setting/pegaturan > Baterai & Perfroma > Kelola penggunaan baterai Apl > tap beberapa kali tulisan hidup pada mode hemat daya. Maka secara otomatis akan muncul mode Ekstrik. Untuk menyembunyikan mode ektrik tersebut, bisa dengan tap ulang beberapa kali tulisan hidup. Untuk lebih jelasnya sudah admin setakan tutorial dalam bentuk video di bawah ini:


Oh iya, karena ini mode ekstrim power saving, jadi kemungkinan besar beberapa aplikasi yang berjalan di belakang layar semisal facebook, twitter, path, whatsapp, BBM, telegram, dan sebagainya akan berhenti memberikan notifikasi, sehingga kamu harus membukanya secara manual. Selain itu mode ekstrim ini diperuntuhkan buat kamu yang memang lagi kepepet jauh dari colokan atau lupa bawa powerbank namun ingin tetap menerima/melakukan panggilan telepon, kirim/terima sms, atau juga memebuka sosial media secukupnya.

Cara 16: Jadikan Harta Karun
Matikan smartphone xiaomi kamu, masukkan dalam dus box, kemudian kubur ke dalam tanah, hahaha.. dijamin baterainya awet bertahun-tahun.. wkwkwk

Cara 17: Isi Sendiri
Jika ada cara lain untuk menghemat konsumsi baterai xiaomi, dipersilahkan untuk menuliskannya di kolom komentar. Indahnya berbagi..
Hai indah!! hehehe

Catatan:
- Segala resiko ditanggung penumpang
- Tutorial ini berdasarkan pengalaman admin mulai dari jaman redminote 3G sampai redmi note 3 PRO
- Hemat atau tidaknya konsumsi baterai ponsel xiaomi bergantung juga dari kebiasaan kamu dalam mengggunakannya

Wih, salah satu tutorial terpanjang yang adin ketik setelah tutorial Fix pengaturan sinyal 4G Xiaomi Redmi Note 3 PRO di sini.. ckckck.. Semoga jangan sampai punya jilid ke lima, hehehe.. Demikian tutorial cara menghemat konsumsi baterai smartphone xiaomi ala admin miuitutorial.com admin sangat berterima kasih sekali jika kamu +1, like, dan membagikan tutorial ini. Semoga bermanfaat, salam admin miuitutorial.com

Admin Miuitutorial.com Ingin Sekali Menjawab Setiap Pertanyaan yang Agan Berikan, Hanya Saja Dikarenakan Admin Ada Kegiatan Offline Sehingga Tidak Dapat Selalu Berada di Depan Komputer. Admin Menyarankan Agan untuk Membaca Komentar-Komentar Terdahulu Kemudian Menge-Tag Nama Agan yang Sudah Berhasil Menjalankan Tutorial Tersebut Agar Bisa Medapatkan Respon Jawaban yang Lebih Cepat. Terima Kasih Atas Kerjasamanya