Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk

Benarkah Xiaomi Mi A1 Bisa Ganti-Ganti Tema Seperti Rom Miui? Say Yes to Substratum: Cek Tutorial Caranya Berikut!

Apakah ada suatu cara agar Xiaomi Mi A1 yang tidak lagi menggunakan rom Miui sebagai stock nya bisa juga berganti-ganti tema seperti pada Smartphone Xiaomi lain yang sudah menggunakan Rom Miui? Soalnya tidak ada thememanager di Mi A1. Kalau ada caranya apakah bisa tanpa root superSU sama sekali? Ini admin perkenalkan Substratum, pengganti dari thememanager cek info lengkapnya berikut.

Benarkah Xiaomi Mi A1 Bisa Ganti-Ganti Tema Seperti Rom Miui? Say Yes to Substratum: Cek Tutorial Caranya Berikut!

Benarkah Xiaomi Mi A1 Bisa Ganti-Ganti Tema Seperti Rom Miui? Say Yes to Substratum: Cek Tutorial Caranya Berikut!
Benarkah Xiaomi Mi A1 Bisa Ganti-Ganti Tema Seperti Rom Miui? Say Yes to Substratum: Cek Tutorial Caranya Berikut!

Hingga saat ini Xiaomi Mi A1 masih menjadi Salah satu Smartphone Xiaomi yang menarik perhatian di tahun 2017 ini atau bahkan mungkin hingga tahun 2018 nanti. Mengingat Xiaomi Mi A1 merupakan satu-satunya dan pertama Smartphone dari Xiaomi yang menggunakan stock rom Android sebagai default rom atau rom bawaannya. Yah setidaknya untuk saat ini hingga Xiaomi Mi A2 keluar (Jika ada hehehe)..

Namun begitu ada satu kekurangan dari Xiaomi Mi A1 yang semestinya ada di semua Smartphone Xiaomi. Ada yang tahu apa kekurangan dari Mi A1? Sudah pasti adalah kemampuannya dalam mengganti-ganti tema. Yup, karena Xiaomi Mi A1 tidak lagi menggunakan rom Miui 8 maupun Miui 9 sebagai stock rom tetapi pure android rom Nougat (up to Oreo dan Peanut), maka Xiaomi Mi A1 tidak bisa mengganti-ganti tema.

Akan tetapi sebagai penggantinya ada Substratum. Ada yang sudah tahu apa itu Substratum? Sederhananya Substratum ini sama dengan Thememanager pada Rom Miui, tapi ini adanya di rom stock Android. contohnya pada Mi A1 ini. Cara penggunaannya juga cukup mudah. Tinggal install saja aplikasi Substratum melalui link yang akan admin sertakan di bawah ini.

Bahan:
- Substratum Thememanager di sini

Caranya:
1. Ambil Substratum. di atas lalu install seperti biasa di Xiaomi Mi A1 kamu
2. Setelah diinstall, nanti skema penggunaannya hampir-hampir mirip pada thememanager Rom Miui. Jadi bisa kamu terka-terka cara penggunaannya nanti seperti apa
3. Beberapa theme berbayar namun ada juga tema Substratum yang gratis, sama halnya seperti yang ada pada thememanager Miui


Sayangnya Thememanager seperti Substratum ini hanya bisa berfungsi dengan baik di Xiaomi Mi A1 yang sudah update ke Android 8.0 alias Android Oreo. Jadi jika Xiaomi Mi A1 kamu masih menggunakan Rom Android 7 Nougat latest version sekalipun, maka Substratum ini tidak stabil karena memang tidak ada native khusus atau OMS support.

Admin Miuitutorial.com sendiri tahu ini karena sudah mencobanya sendiri pada Xiaomi Mi A1 dengan nomor bentukan 7.12.19 patch 1 Desember 2017 Android versi 7.1.2 dan hasilnya setelah diinstall Substratum, Xiaomi Mi A1 admin lancar jaya, termasuk setelah menginstall theme. Namun setelah di uninstall tema nya, barulah ketahuan kalau Substratum ini menyebabkan Mi A1 admin mengalami boot stuck. Apa itu boot stuck? Untuk penjelasan lengkapnya bisa baca-baca di sini.

Kabar baiknya adalah Xiaomi Mi A1 tidak akan lama lagi mendapatkan update Rom Android 8.0 Oreo karena versi Beta nya sendiri sudah keluar dan dibagikan untuk para Beta Tester yang sudah mendaftar. Mungkin di awal tahun 2018 ini sudah keluar versi stabilnya. Nah untuk saat ini jadikan artikel ini sebagai bahan referensi saja dulu.

Misalkan nanti Xiaomi Mi A1 sudah resmi dapat Android Oreo, langsung dipraktikkan saja. Okey!! Sekian tutorial dari admin bagaimana cara menginstall Substratum di Xiaomi Mi A1 tanpa root superSU. Silahkan berdiskusi via kolom komentar jika ada yang kurang dipahami dan jangan lupa untuk +1, like dan bagikan. Semoga bermanfaat, salam admin Miuitutorial.com

Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk: Admin Miuitutorial.com Ingin Sekali Menjawab Setiap Pertanyaan yang Agan Berikan, Hanya Saja Dikarenakan Admin Ada Kegiatan Offline Sehingga Tidak Dapat Selalu Berada di Depan Komputer. Admin Menyarankan Agan untuk Membaca Komentar-Komentar Terdahulu Kemudian Menge-Tag Nama Agan yang Sudah Berhasil Menjalankan Tutorial Tersebut Agar Bisa Medapatkan Respon Jawaban yang Lebih Cepat. Terima Kasih Atas Kerjasamanya