7 Fitur Baru yang Ada di Miui 10 Terbaru: Hands on Rom Miui 10 di Xiaomi Mi5 PRO Gemini

Apa saja sih fitur unggulan yang ada di Miui 10 dan bagaimana pengalaman pertamanya menggunakan rom Miui terbaru ini? Hayo, sudah tidak sabar lagi ya? Okey-Okey admin kasih nih first impression atau Hands on dari Rom Miui 10. Setidaknya admin menemukan 7 fitur atau juga design baru dari Rom Miui 10 ini. Seperti biasa karena admin cuma punya Mi5 PRO sebagai Smartphone Xiaomi yang bisa diinstall rom Miui, maka rom Miui 10 ini juga admin install di Gemini. Langsung saja disimak!

7 Fitur Baru yang Ada di Miui 10 Terbaru: Hands on Rom Miui 10 di Xiaomi Mi5 PRO Gemini

7 Fitur Baru yang Ada di Miui 10 Terbaru: Hands on Rom Miui 10 di Xiaomi Mi5 PRO Gemini
7 Fitur Baru yang Ada di Miui 10 Terbaru: Hands on Rom Miui 10 di Xiaomi Mi5 PRO Gemini

Di artikel sebelumnya yaitu di sini admin sudah bagikan daftar Smartphone Xiaomi mana saja yang akan mendapatkan update rom Miui 10, dan kalau admin perhatikan sepertinya peluncuran Miui 10 ini cukup banyak menyita perhatian. Hal ini bisa admin lihat dari jumlah view artikel tersebut yang cukup banyak. Ini juga diperkuat dengan salah seorang dari subscriber Miuitutorial Indonesia yang meminta admin untuk mereview rom Miui 10 terbaru. Yah, admin sendiri sebenarnya ingin sekali mencoba rom Miui 10 secepatnya di Xiaomi Mi5 PRO, akan tetapi hingga saat ini (pada saat artikel ini dibuat) rom Miui 10 masih sebatas untuk beta tester dan lagi masih banyak bug di dalamnya.

Belum lagi rom Miui 10 masih sebatas pada versi China developer saja, walhasil buat kamu penyuka rom versi Global stabil bakal wajib bersabar lebih lama. Kenapa admin tahu? Karena biasanya rom Miui 10 Global stabil akan jauh lebih lama keluarnya dan ini sudah menjadi rahasia umum. Well, walaupun status dari rom Miui 10 yang masih beta, namun tidak menyurutkan admin untuk mereviewnya atau lebih tepatnya Hands on Miui 10. Berikut ini adalah beberapa fitur atau perubahan yang cukup signifikan dari rom Miui 9 ke Miui 10.

Recent Apps
Terhitung dari Rom Miui 7 hingga rom Miui 9.5, tampilan dari recent apps Xiaomi tidak berubah. Dimana ada thumbnails dari setiap apps yang sedang berjalan di belakang layar yang hanya bisa kamu geser dari kiri ke kanan dan akan menjadi icon biasa saja ketika kamu coba pinch in (Cubit). Namun di rom Miui 10 ini berbeda, dimana tampilan recent dibuat horizontal. Jadi thumbnails dari setiap aplikasi yang sedang dibuka akan muncul di recent apps sebagai daftar yang bisa discroll dari atas ke bawah serta sebaliknya dan ini cukup memberikan refreshing pada pengguna Xiaomi.
untuk lebih jelasnya bisa kamu lihat perbandingannya melalui gambar di bawah ini:

7 Fitur Baru yang Ada di Miui 10 Terbaru Hands on Rom Miui 10 di Xiaomi Mi5 PRO Gemini


Notifikasi Bar atau Quick Setting
Secara keseluruhan sebenarnya tidak nampak jauh berbedaannya, dimana pada bagian atas masih terdapat Toggle berbagai macam fungsi yang bisa langsung diaktifkan semisal Wifi, bluetooth, mode pesawat, kecerahan layar, orientasi layar dan lain sebagainya. Namun yang menjadi pembeda antara Notifikasi bar atau Quick Setting kali ini adalah layout nya.

Yah jadi layout dari Notifikasi Bar atau Quick Setting di Rom Miui 10 ini dibuat agar rounded atau membulat ujung-ujungnya dibandingkan rom layout Notifikasi Bar Miui 9. Selain itu ada tambahan animasi di setiap kali kita menari Quick Setting dari Notifikasi bar. Selengkapnya bisa kamu coba bandingkan pada gambar di bawah ini:

7 Fitur Baru yang Ada di Miui 10 Terbaru Hands on Rom Miui 10 di Xiaomi Mi5 PRO Gemini


Miui LAB
Fitur ini sebelumnya belum pernah ada di Miui 9 maupun Miui 9.5. Di mana di Miui Lab ini ada 2 fitur yang cukup menarik yaitu Car mode yang bisa mengatur aplikasi mana saja yang bisa kamu kondisikan ketika sedang berkendara dan Super Resolution. Hanya saja fitur Super Resolution ini bisa maksimal jika kamu menggunakan aplikasi WeChat. Sayang di Indonesia bukan WeChat yang terkenal tapi Whatsapp. 2 fitur lain yaitu taplus dan Find Photo in Gallery yang nanti akan kamu langsung lihat pada video Hands on nya nanti

7 Fitur Baru yang Ada di Miui 10 Terbaru Hands on Rom Miui 10 di Xiaomi Mi5 PRO Gemini


Tampilan Baru Aplikasi Prakiraan Cuaca
Ini aplikasi lumayan membantu dalam memperkirakan cuaca yang akan terjadi di sekitar pengguna Smartphone Xiaomi. Admin sendiri cukup sering melihat prakiraan cuaca. Nah buat kamu yang suka dengan menggunakan Weather app ini bisa sedikit senang karena pada Miui 10 ini mendapatkan update tampilan baru sehingga bisa mengurangi rasa jenuh. Tentunya juga dengan animasi yang lebih fresh.

7 Fitur Baru yang Ada di Miui 10 Terbaru Hands on Rom Miui 10 di Xiaomi Mi5 PRO Gemini


Volume Bar UI
Ini nih yang pasti kamu anggap "kok pernah lihat dimana ya?" atau mungkin ada yang sadar, "kok tampilan volume bar nya mirip iOS 11". Yak kamu tepat sekali, admin juga berpikiran seperti itu ketika melihat UI dari volume bar. Soal fungsi sebenarnya sama saja, tidak ada yang beda, cuma sekarang setiap kali kamu menekan tombol volume atas dan bawah, maka volume bar akan muncul di dekat tombol volume itu sendiri. Posisinya juga memanjang secara horizontal dan akan bisa kamu ekspand dengan cara menekan icon panah.

7 Fitur Baru yang Ada di Miui 10 Terbaru Hands on Rom Miui 10 di Xiaomi Mi5 PRO Gemini


Status Spesifikasi Lebih lengkap di Pengaturan
Jika model pengaturan di rom Miui 7, Miui 8, dan Miui 9, bahkan Miui 9.5 standar alias biasa-biasa saja dimana cuma menampilkan daftar opsi yang bisa kamu pilih untuk masuk ke menu setting, maka di rom Miui 10 setiap kali kamu masuk pengaturan akan langsung disuguhkan pada daftar spesifikasi dari Smartphone Xiaomi yang sedang digunakan. Tampilan seperti ini mengingatkan admin pada Multirom. Untuk lebih jelasnya bisa kamu simak di bawah ini:

Menu Kamera Mirip iPhone
Ini nih yang admin langsung ingat saja pada saat membukan aplikasi kamera di rom Miui 10. soalnya opsi potrait, normal, panorama, manual memakai model geser seperti yang ada pada iPhone. Jadi terasa lebih mudah saja mengakses mode foto di kamera Xiaomi. Beda dengan rom Miui terdahulu yang akan langsung memunculkan menu setiap kali kita ingin berpindah mode foto.

Itulah setidaknya 6 fitur baru atau perubahan yang cukup kentara pada rom Miui 10. Sebenarnya masih ada banyak semisal kunci pola yang dibuat agar sedikit lebar, penambahan fitur kalkulator, jam dunia, namun admin lihat itu sebagai perubahan minor. Pada saat admin mencoba rom Miui 10 ini di Mi5 PRO, masih berstatus Alpha, oleh karena itu admin sama sekali tidak melakukan pengujian semisal daya tahan baterai, performa ketika diajak bermain game online semisal PUBG Mobile atau Mobile Legend, kualitas kamera dan lain sebagainya. Karena kita tahu sama-sama jika rom masih berstatus beta maka besar kemungkinan masih menyimpan banyak bug.

Berikut ini adalah video Hands on dari rom Miui 10 pada Mi5 Gemini:


Buat kamu yang ingin mencoba rom Miui 10 versi Alpha dan Beta ini bisa ikuti tutorial lengkapnya di sini. Pastikan jika semua data-data penting yang ada di internal memory sudah dibackup ke komputer serta pastikan juga jika device yang sedang digunakan adalah Xiaomi Mi5 Gemini dan buat kamu yang sudah coba Rom Miui 10 ini bisa tuliskan pengalaman kamu selama mencobanya dan kira-kira fitur apa saja yang pingin ada di rom Miui 10 ini. Jika dirasa bermanfaat silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel YouTube Miuitutorial Indonesia. Salam admin Miuitutorial.com
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url