Muncul Panas Berlebih pada Bagian Belakang Xiaomi Redmi 2/Prime Kamu Dekat Kamera? Ini Beberapa Cara Memperbaikinya

Mendadak muncul panas super berlebih pada bagian belakang dekat kamera pada Xiaomi Redmi 2/Prime kamu sekalipun kondisi redmi 2 dimatikan? Kira-kira apa penyebabnya ya? dan yang bikin tambah jantungan adalah ketika redmi 2 tersebut dihidupkan, cuma mentok di logo Mi saja alias tidak bisa masuk ke homescreen. Admin punya beberapa cara untuk memperbaiki masalah ini, silahkan simak dengan baik dan teliti beberapa tipsnya berikut.

Muncul Panas Berlebih pada Bagian Belakang Xiaomi Redmi 2/Prime Kamu Dekat Kamera? Ini Beberapa Cara Memperbaikinya

Muncul Panas Berlebih pada Bagian Belakang Xiaomi Redmi 2/Prime Kamu Dekat Kamera? Ini Beberapa Cara Memperbaikinya
Muncul Panas Berlebih pada Bagian Belakang Xiaomi Redmi 2/Prime Kamu Dekat Kamera? Ini Beberapa Cara Memperbaikinya

Sebelumnya admin sudah pernah membahas kasus serupa pada xaiomi redmi 2/prime di sini, namun pada saat itu yang bermasalah adalah kamera redmi 2 yang tidak mau connect/tersambung sehingga sering kali muncul pesan error kamera tidak dapat digunakan ketika membuka aplikasi kamera. Sehingga diperlukan trik khusus agar kamera redmi 2/prime tersebut bisa digunakan lagi.

Sedangkan untuk kasus panas mendadak pada bagian belakang dekat posisi kamera utama pada xiaomi redmi 2 ada beberapa yang mengalaminya, admin sendiri sewaktu masih menggunakan redmi 2 garansi TAM, syukur alhamdulillah belum pernah menemui masalah ini. Admin tidak bermaksud mengatakan bahwa redmi 2 garansi distributor yang sering kena issue panas mendadak lalu mati tiba-tiba ini. Namanya juga barang elektronik pasti ada saja 1 atau dua barang cacat produksi yang lolos quality control. Melalui artikel ini admin akan memberikan beberapa cara yang dapat kamu praktekkan agar panas berlebih pada redmi 2/prime yang mengakibatkan mati mendadak tidak kambuh lagi.

Cara 1: Flashing Ulang Rom atau Update ke Rom MIUI 8 Terbaru
Langkah pertama yang bisa kamu lakukan ialah coba flashing ulang, karena langkah ini bisa dibilang yang paling aman dan tidak berhubungan langsung dengan hardware. Ada dua cara untuk flashing rom ulang pada redmi 2 yaitu melalui default recovery atau dengan menggunakan bantuan Mi Flashtool.

Flashing via default recovery tanpa bantuan komputer ialah:
1. Ambil Recovery rom global V8.0.2.0.LHJMIDG miui 8 di sini | Redmi 2 prime v8.0.7.0 di sini
2. Ubah namanya menjadi upadte.zip lalu pindahkan ke internal memory redmi 2/prime kamu (taruh di luar folder)
3.Jika sudah silahkan masuk default recovery dengan cara masuk ke updater > reboot to recovery/masuk ke pemulihan
4. Secara otomatis redmi 2/prime kamu akan reboot sendiri dan diarahkan ke default recovery
5. Setelah berhasil masuk default recovery, silahkan pilih english > install upadte.zip to system
6. Proses flashing rom akan berjalan, tunggu saja sampai selesai
7. Sebagai tambahan, usahakan untuk membackup data yang ada di internal memory redmi 2/prime kamu terlebih dahulu sebelum menjalankan tutorial ini

Flashing via Mi Flashtool:
1. Ambil fastboot rom redmi 2 global di sini | redmi 2 prime di sini dan juga mi flashtool di sini
2. Sebelum menginstall Mi flashtool, usahakan untuk mendisable driver signature windows 64bit kamu terlebih dahulu, untuk tutorialnya di sini
3. Jika sudah didisable silahkan install mi flashtool lalu buka dan klik tombol browse lalu arahkan ke rom fastboot yang sudah kamu unduh tadi (bukan ke folder image)
4. Matikan redmi 2/prime kamu lalu masuk ke mode fastboot dengan cara tekan dan tahan tombol power dan volume bawah secara bersamaan sampai muncul logo Mi bunny lagi benerin robot android lalu sambungkan redmi/prime tersebut ke komputer via kabel USB asli xiaomi
5. Tekan tombol refresh pada mi flashtool hingga muncul kombinasi angka dan huruf, lanjut tekan tombol flash
6. Proses flashing akan berjalan, tunggu saja sampai selesai
7. Jika sudah selesai, silahkan dicabut kabel USB nya, kemudian nyalakan redmi 2/prime tersebut dengan menekan tombol power agak lama sampai muncul logo MI

Cara 2: Ganti Baterai
Opsi kedua atau cara kedua ini juga sudah ada yang coba dan terbukti berhasil, namun admin anggap cara ke-2 ini juga bisa disebut nasib-nasiban. Dikarenakan umur baterai redmi 2 yang sudah tidak lagi baru sehingga ada spekulasi untuk melakukan penggantian baterai. Usahakan untuk membeli baterai original xioami redmi 2/prime. Ada banyak kok di toko online dengan kisaran harga yang masuk di akal dan di kantong, hehe.. Jangan sekali-kali membeli baterai KW dengan dalih harga jauh lebih murah. Cara kedua ini lebih efektif lagi jika sebelumnya kamu sudah mempraktekkan cara pertama. beberapa pengguna redmi 2/prime mengaku setelah dilakukan penggantian baterai, maka panas super berlebih yang muncul pada bagian belakang dekat kamera utama di lagi kambuh/kumat.

Cara 3: Ganti Module LED Flash
Untuk cara ketiga ini sedikit beresiko dan langsung berhubungan dengan hardware, jadi usahakan untuk membawanya ke kang service langganan/kepecayaanmu, kemudian minta dilakukan penggantian module LED flash. Beberapa pengguna pernah juga mengganti LED Falsh mereka pada redmi 2/prime dan hasilnya panas berlebih tidak muncul lagi. untuk kisaran harga LED flash + upah kisaran di 100rb-an, tergantu dari keahlian kamu menawar dan lokasinya.

Cara 4: Ganti IC Power
Sepengalaman admin pada Xiaomi Redmi Note 3G WCDMA kemarin yang sepertinya bermasalah pada IC power menunjukkan gejala seperti tidak bisa nyala/hidup sama sekali, walaupun baterainya sendiri sudah admin charger pakai charger kodok/tembak bahkan sudah admin ganti dengan baterai baru original. Namun pada kasus panas berlebih pada redmi 2/prime ini masih bisa nyala dan mentok di logo MI. Kalau memang cara ke satu sampai tiga tidak membuahkan hasil, cara terakhir ini bisa jadi rujukan. Namun lagi-lagi ini masih bersifat spekulasi. Bisa berhasil di beberapa orang bisa juga tidak.

Cara satu sampai dengan empat sudah pernah dicoba oleh beberapa pengguna xioami redmi 2/primedan hasilnya memang tidak lagi muncul panas super berlebih pada bagian belakang dekat kamera utama. Apabila memang memang diperlukan untuk penggantian komponen tertentu pada redmi 2/prime kamu, usahakan untuk memperbaikinya di tempat kang servis terpercaya /langganan. Leboh bagus lagi jika redmi 2/prime nya masih bergaransi TAM, biar bisa klaim dan langsung diganti mesin baru. Oke sekian tutorial bagaimana cara memperbaiki xiaomi redmi 2/prime yang tiba-tiba panas sendiri sekalipun dalam kondisi mati. Jika kamu punya pengalaman seperti ini dan tahu bagaimana cara memperbaikinya, silahkan tulis di kolom komentar. Akan sangat membantu sekali buat para pengguna redmi 2/prime lainnya dan jangan lupa +1, like dan bagikan tutorial ini. Salam admin miuitutorial.com
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url