Pernahkah Kamu Kepikiran untuk Membuat Rom Miui 8 Global Versi Kamu Sendiri? Jika Iya: Silahkan Simak Tutorial Cara Membuatnya Berikut Ini!

Smartphone xiaomi kamu tidak ada rom miui 8 versi globalnya? Walhasil tidak bisa menggunakan bahasa Indonesia? Sudah coba mengirimkan request ke forum miui bahkan sempat membuat petisi agar rom miui global berbahasa Indonesia bisa dibuat untuk tipe ponsel xiaomi yang sedang kamu gunakan? Akan tetapi hasilnya nihil tetap saja hanya ada rom miui 8 china version yang ada? btw.. Pernahkah kamu kepikiran untuk membuat rom global sendiri? Selengkapnya bisa kamu baca dan tonton videonya berikut ini.

Pernahkah Kamu Kepikiran untuk Membuat Rom Miui 8 Global Versi Kamu Sendiri? Jika Iya: Silahkan Simak Tutorial Cara Membuatnya Berikut Ini!

Pernahkah Kamu Kepikiran untuk Membuat Rom Miui 8 Global Versi Kamu Sendiri? Jika Iya: Silahkan Simak Tutorial Cara Membuatnya Berikut Ini!
Pernahkah Kamu Kepikiran untuk Membuat Rom Miui 8 Global Versi Kamu Sendiri? Jika Iya: Silahkan Simak Tutorial Cara Membuatnya Berikut Ini!

Entah lah, apa cuma smartphone xiaomi saja yang punya konsep stock rom seperti ini atau ponsel android lainnya juga ada, tapi yang pasti karena ketika admin memutuskan untuk hijrah dari smartphone android branded seperti Xperia ke ponsel Android Xiaomi, hal inilah yang admin temukan di mana terdapat 2 versi rom yaitu Miui china version dan Global version, yang kemudian dari tiap-tiap versi tersebut dipecah lagi menjadi 2 yaitu versi stabil dan versi developer. Untuk penjelasan lengkapnya sudah pernah admin bahas artikelnya di sini terkait perbedaan antara rom miui distributor, resmi, global, developer, versi china.

Secara sederhana perbedaan yang mencolok antara rom Miui versi global dengan rom Miui versi china tidak adanya google playstore dan kelengkapan bahasa. Okey kita coba kesampingkan dulu soal Playstore tadi karena yang paling esensi dari perbedaan kedua rom Miui tadi adalah soal kelengkapan bahasa. Yup, di rom Miui 8 china cuma terdapat 3 bahasa yaitu 2 bahasa china dan china tradisional, sedangkan bahasa yang satunya ialah bahasa Inggris. Bagaimana dengan rom Miui versi global? Nah di rom miui 8 global ini kamu bisa mendapati banyak paket bahasa yang diantaranya itu ada Bahasa Indonesia. Bagi sebagian orang mungkin menggunakan bahasa Inggris di smartphone xiaomi tidak menjadi masalah, namun adakalanya kita memang lebih nyaman menggunakan bahasa sendiri karena yang pasti lebih mudah dipahami sehingga dalam pengoperasian juga lebih mudah.

Okey setelah mengetahui perbedaan antara kedua versi rom Miui 8 tadi, serta kelebihan dari rom Miui versi global, muncul pertanyaan, "Apakah semua Smartphone Xiaomi kebagian rom miui versi global?" Sayangnya tidak semua ponsel xiaomi bernasib baik, karena ada beberapa tipe yang tidak kebagian yaitu Mi 4c, Redmi Note 3 Mediatek, Mi Note PRO, Mi MIX, Mi 4s, dan Redmi PRO. "Lantas jika tidak ada rom Miui 8 Global untuk model yang sebutkan tadi, apakah ada cara lain agar tipe-tipe tadi bisa tetap mendapatkan rom Miui versi global?" Jawabannya adalah tentu bisa dan karena ini yang akan admin bahas menjadi sebuah tutorial. Oh iya seperti biasa, disebabkan rom "Global versi Sendiri" bukanlah versi resminya, walhasil ada syarat agar bisa kamu praktekkan yaitu harus sudah dalam keadaan unlock bootloader, jika masih locked bootloader silahkan ikuti tutorial unlocknya di sini, lanjut juga sudah terpasang custom TWRP, jika belum juga bisa lihat panduan lengkapnya di sini.

Bahan:
- Python (bukan ular piton) untuk Windows di sini | mirror di sini
- BARS metric tool atau Magic kitchen di sini
- Java SE Runtime Environment 8 di sini | mirror di sini (khusus untuk windows 64bit)
- Custom rom yang sudah deodex, contohnya MIUI-MS a.k.a MiuiPRO Reborn di sini

Caranya:
1. Untuk Python dan Java SE Runtime Environment 8 silahkan install seperti biasa di komputer kamu dan jangan lupa Run as Administrator
2. Sedangkan untuk BARS metric tool atau Magic kitchen ekstrak di folder tertentu
3. Hasil ekstrak tadi nanti kamu bakal mendapati 1 buah aplikasi bernama Magic.exe
4. Jalankan sebagai Administrator, nanti akan muncul file lain (pastikan koneksi internet kamu aktif) beserta jendela CMD
5. Pada jendela CMD tersebut akan muncul tulisan seperti bahasa Spanyol, tekan saja enter,lalu kamu akan dihadapkan pada pilihan, pilih saja I atau 3 kemudian enter
6. Proses unduh translasi bahasa Indonesia akan berjalan beserta beberapa proses ekstraksi lainnya.
7. Secara otomatis nanti akan muncul BAR (5) Reader.
8. untuk firmware arahkan ke rom MIUI-MS tadi sedangkan translation arahkan ke folder Proyecto_ROM
9. Out foldernya silahkan isi nama atau juga bisa diabaikan
10. tekan tombol Build firmware, maka proses Build rom miui akan berjalan. Tunggu saja hingga selesai
11. Setelah selesai, buka folder Build, nanti di situ kamu akan mendapatkan rom miui 8 global yang sudah kamu buat sendiri tadi
12. Pindahkan rom global tadi ke internal memory ponsel xiaomi lalu lakukan flashing seperti biasa menggunakan TWRP recovery
13. Selesai
14. buat yang belum paham dengan tutorial yang sudah admin jabarkan ini, bisa kamu tonton dalam bentuk praktek pada video berikut ini:


Catatan:
- Segala resiko wajib ditanggung masing-masing
- Kredit to Rif99@enMiuiForum

Jika hanya kamu baca saja tanpa mempraktekkan tutorial ini pasti akan terlihat sulit karena kamu diminta untuk menginstall beberapa tools sekaligus yang memang cukup jarang digunakan, namun jika kamu sudah praktekkan sendiri, sebenarnya tutorial cara membuat rom global Miui 8 versi sendiri ini sangatlah mudah. Tapi perlu diingat, Mudah bukan berarti menyepelekan! Oh iya, dalam prakteknya admin menggunakan rom Miui 8 dari MiuiPRO Reborn atau yang lebih dikenal dengan MIUI-MS di Xiaomi Mi5 PRO, koleksi romnya sudah pernah admin bagikan di sini. oh iya, tutorial ini tidak hanya bisa kamu praktekkan pada device xiaomi yang sudah admin jelaskan di atas tadi, namun juga bisa pada tipe lain semisal redmi note 3 pro, redmi 4/A/prime, redmi 3s/x/prime, Redmi 2/prime, redmi note 2 mtk, Mi Max, Mi 5s/plus, Mi 4i, Mi4, Mi3, Redmi 1s dan yang lainnya. Selain itu teknik membuat rom miui global versi sendiri ini juga bisa dipraktekkan pada rom miui versi lain semisal Rom miui EU, Multirom atau bahkan rom stabil versi dan dan dev nya. Asalkan syarat utamanya terpenuhi yaitu rom yang akan kita buat versi globalnya tersebut sudah dalam kondisi Deodex. Apa itu Deodex? Bukan Bodrex.. haha.. akan admin coba jelaskan pada tutorial berikutnya. Pantengin saja terus website ini dan jangan lupa +, like, bagikan serta follow akun google plus admin agar notifikasi komentar kamu masuk. Semoga bermanfaat, salam admin miuitutorial.com
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url