Inilah 4 Cara atau Metode Mengecek Jenis Bootloader pada Xiaomi Mi5x Tanpa Komputer: Teliti Sebelum Membeli

Ada rasa heran dan penasaran di dalam diri kamu gegara beli Xiaomi Mi A1 tapi kenapa tidak ada logo Android ONE nya di bagian Back Cover? Atau beli Xiaomi Mi5x tapi di dalamnya sudah ada Miui 9 berbahasa Indonesia? Selain Xiaomi Mi5x kamu tidak bisa dan tidak pernah sama sekali mendapat notifikasi update OTA dari Xiaomi? Hemm.. perlu di waspadai tuh, jangan-jangan Mi5x kamu sedang terpasang bootloader dari Xiaomi tipe lain?! Supaya lebih jelas, di artikel kali ini admin akan bagikan tata cara mengetahui bootloader asli dari Mi5x. Silahkan baca dan praktikkan!

Inilah 4 Cara atau Metode Mengecek Jenis Bootloader pada Xiaomi Mi5x Tanpa Komputer: Teliti Sebelum Membeli

Inilah 4 Cara atau Metode Mengecek Jenis Bootloader pada Xiaomi Mi5x Tanpa Komputer: Teliti Sebelum Membeli
Inilah 4 Cara atau Metode Mengecek Jenis Bootloader pada Xiaomi Mi5x Tanpa Komputer: Teliti Sebelum Membeli

Sudah menjadi rahasia umum jika hanya Xiaomi Mi A1 saja yang masuk ke Indonesia secara resmi. Padahal selain Xiaomi Mi A1, masih ada Xiaomi Mi5x yang juga merupakan saudara kembarnya. Kenapa admin bilang kembar? Karena memang dari segi spesifikasi bahkan bentuknya pun sama persis. Sebagai contoh baik Mi5x maupun Mi A1 sama-sama membawa konfigurasi dual camera, keduanya juga menggunakan prosesor yang sama yaitu Snapdragon 625 yang menjadi proses terfavorit di tahun 2017 hingga 2018. Bahkan bentuk keduanya pun sama persis.

Bisa dibilang baik Xiaomi Mi A1 maupun Mi5x adalah satu produk yang sama. Yang menjadi pembeda dari kedua Smartphone Xiaomi tadi adalah pangsa pasar. Yup, Xiaomi Mi5x hanya dijual untuk pasar China saja, sedangkan Xiaomi Mi A1 yang merupakan bagian dari Project Google melalui Android ONE nya untuk pasar Global, salah satunya adalah Indonesia.

Karena hype serta permintaannya yang sangat tinggi dari kedua ponsel tersebut, tak pelak membuat Xiaomi Mi5x juga masuk ke Indonesia, namun melalui jalur non resmi alias distributor abal-abal dan yang paling parahnya lagi adalah karena Mi A1 dan Mi5x memiliki bentuk yang sama persis, membuat distributor nakal mengubah isi dari rom dari Mi5x menjadi Mi A1.

Yup, kamu tidak salah dengar, jadi di pasar Indonesia bahkan luar negeri juga banyak ditemui Xiaomi Mi5x yang menggunakan rom Xiaomi Mi A1. Contoh nyatanya pernah ada pembeli yang ingin membeli Xiaomi A1 namun herannya kenapa di bagian belakang atau back cover tidak terdapat logo Android ONE. Padahal Xiaomi Mi A1 yang asli resmi memiliki logo Android One di bagian Back Cover.

Kejanggalan seperti ini bisa dipastikan jika sebenarnya unit yang kamu beli tersebut sebenarnya adalah Xiaomi Mi5x yang bootloadernya dirubah atau diinjeksikan bootloader Mi A1 kemudian dipasangkan custom rom Android ONE. Dengan kata lain Xiaomi Mi A1 abal-abal alias Xiaomi Mi5x kamu tersebut tidak akan pernah bisa mendapatkan notifikasi update OTA dari Google.

Lebih parahnya lagi ternyata beberapa Xiaomi Mi5x yang dijual di pasar Indonesia dijual dengan bootloader Hacked, alias bootloader yang terpasang pada Mi5x tersebut bukanlah bootloader asli miliknya, melainkan bootloader Milik Smartphone Xiaomi tipe lain diantaranya Bootloader Oxygen milik Xiaomi Mi MAX 2, Tissot Milik Mi A1, dan Rossy milik Redmi 5.

Apa konsekuensinya jika Xiaomi Mi5x kamu terpasang bootloader dari Smartphone Xiaomi tipe lain? Sudah pasti tidak akan bisa menginstall update OTA karena memang rom Miui tersebut tidak diperuntukkan untuk Xiaomi Mi5x. "Memang apa untungnya mengganti bootloader?" Itu tidak lain karena Xiaomi Mi5x tidak memiliki rom Global stabil berbahasa Indonesia. Walhasil distributor nakal mengganti bootloader Mi5x dengan Xiaomi tipe lain agar bisa menggunakan rom Miui 9 bahasa Indonesia.

Lantas bagaimana cara mengetahui bootloader yang sedang terpasang di Xiaomi Mi5x? Apakah bisa mengetahui jenis bootloader tersebut tanpa komputer? Tentu saja bisa, beberapa dari metode yang akan admin miuitutorial.com bagikan kali ini tidak membutuhkan komputer kalau cuma ingin mengetahui jenis dari bootloader yang terpasang di Mi5x.

Cara 1: Matikan Mi5x kamu lalu nyalakan kembali
Jika Mi MAX 2 Oxygen: Setelah getar sekitar 15 detik, layar Mi5x akan gelap dan akan tampak sedikit terang saja karena lampu dari panel Display. Kemudian Xiaomi Mi5x bakal booting dan masuk ke logo Mi yang disertai dengan tiga titik berwarna putih di bagian bawah label Android
Jika Mi5x Tiffany (ini bootloader asli bawaan Mi5x): ketika tombol Power ditekan, secara serta merta logo Mi akan muncul. Kemudian dilanjutkan dengan titik tiga di bawah label android. Proses booting cepat tanpa delay seperti pada nomor 1
Jika Mi A1 Tissot: Setelah selesai menekan tombol Power, maka akan muncul logo Mi dan setelah itu muncul tanda titik tiga di atas Android ONE
Jika Redmi 5 Rossy: Setelah getar sekitar 15 detik. Xiaomi MI5x kamu bakal Black screen sendiri alias layar hitam agak terang karena lampu LCD. Kemudian muncul logo Mi dengan tiga titik loading di atas tulisan mandarin

Cara 2: Matikan Xiaomi Mi5x kamu lalu masuk ke mode Fastboot dengan cara tekan dan tahan tombol Power beserta volume bawah secara bersamaan
Jika Mi5x Tiffany dan Mi A1 Tissot: Akan muncul Logo Mi Bunny sedang memperbaiki robot android matot, sedangkan
Jika Mi MAX 2 Oxygen dan Redmi 5 Rosy: Yang akan muncul cuma layar hitam saja

Cara 3: Posisi Xiaomi Mi5x kamu menyala, coba masuk ke pengaturan> About phone atau tentang ponsel atau All Specs
Jika Mi5x Tiffany Original: di Miui version atau versi Miui akan menunjukkan 4 digit angka saja semisal 9.0.4.0 sedangkan custom rom atau fake rom atau rom distributor abal-abal akan menunjukkan 5 digit angka atau lebih semisal 9.0.4.1.0 dan lain sebagainya. Penjelasan soal ini pernah admin bahas di sini
Jika Mi MAX 2 Oxygen: Versi Firmware menentukan nama vendor dan 5 digit angka semisal 8.5.6.0.0
Jika Mi A1 Tissot: Terpasang Rom Mi A1 hasil portingan

Cara 4: Melihat atau membedakan dari segi tampilan
Xiaomi Mi5x sama sekali tidak punya logo Android ONE di bagian back cover, sedangkan Mi A1 ada logo Android ONE di belakangnya

Di Xiaomi Mi A1 Original pada saat booting sama sekali tidak ada layar hitam, semuanya layar putih dengan logo Android ONE dan Logo Mi di bawah nya, selain itu tidak ada titik tiga loading.
Yak sebagai pembeli Smartphone Xiaomi terkhusus Mi5x harus lebih berhati-hati lagi, karena bisa saja pada saat membelinya justru kamu dapat rom abal-abal yang aman bootloader dari MI5x tersebut sudah diganti dengan bootloader dari Xiaomi tipe lain. Tentu hal ini akan menghalangi kamu untuk bisa mendapatkan update OTA Miui 9 dari Xiaomi. Terlebih Mi5x sendiri masuk ke Indonesia melalui jalur tidak resmi.

Selain itu yang paling kamu ingat bahwa hingga saat ini Xiaomi Mi5x tidak memiliki rom Miui 9 versi Global stabil berbahasa Indonesia. Jadi jika kamu menemui Mi5x yang mana di dalamnya sudah terpasang rom Miui 9 ada bahasa Indonesianya. Bisa dipastikan jika Mi5x tersebut sudah terpasang rom Miui 9 abal-abal. Apa yang harus kamu lakukan jika kejadian seperti ini? Silahkan retur ke penjual atau bisa juga dengan flashing sendiri melalui tutorial yang pernah admin bagikan di sini.

Sampai di sini dulu tutorial tentang bagaimana cara mengetahui dan membedakan jenis Bootloader yang sedang terpasang di Xiaomi Mi5x tanpa harus menggunakan komputer. Yang terpenting di sini juga adalah ketelitian kamu dalam membedakannya. Jika punya informasi lain tentang status bootloader Mi5x silahkan tulis di kolom komentar dan jangan lupa untuk +1, like dan bagikan. Salam admin Miuitutorial.com
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url