Xiaomi Redmi Note 5 PRO Kamu Hardbrick Gegara Fitur Anti Rollback di Rom Miui 10 Terbaru? Coba Cara Unbrick Berikut Ini!

Adakah di antara kamu pengguna Xiaomi Redmi Note 5 PRO yang mengalami Hardbrick atau mati total gegara fitur Anti Rollback di Miui 10? Nah buat yang mengalaminya dan hingga kini WHYRED kamu tersebut tidak bisa digunakan. Jangan khawatir, karena di artikel kali ini admin sengaja membuatkan tutorial bagaimana cara menghidupkan kembali Xiaomi Redmi Note 5 PRO yang mati total tersebut. Langsung dipraktikkan saja!

Xiaomi Redmi Note 5 PRO Kamu Hardbrick Gegara Fitur Anti Rollback di Rom Miui 10 Terbaru? Coba Cara Unbrick Berikut Ini!

Xiaomi Redmi Note 5 PRO Kamu Hardbrick Gegara Fitur Anti Rollback di Rom Miui 10 Terbaru? Coba Cara Unbrick Berikut Ini!
Xiaomi Redmi Note 5 PRO Kamu Hardbrick Gegara Fitur Anti Rollback di Rom Miui 10 Terbaru? Coba Cara Unbrick Berikut Ini!

Salah satu kekhawatiran bagi pengguna Xiaomi Redmi Note 5 PRO adalah adanya fitur Anti Rollback yang disematkan oleh Xiaomi pada rom Miui 10 terbaru. Yah dengan fitur Anti Rollback ini maka setiap Smartphone Xiaomi Redmi Note 5 PRO WHYRED yang sudah terinstall rom Miui 10 terbaru based Android 8.1 tersebut secara otomatis akan Hardbrick atau mati total jika kamu men-downgradenya ke rom Miui lawas semisal Miui 9.5, Miui 9 atau Miui 8 (jika ada).

Maksud dari fitur Anti Rollback pada Redmi Note 5 PRO WHYRED ini tidak lain untuk meningkatkan sistem keamanan, mengingat beberapa pencuri atau bukan pemilik sah mencoba untuk mendowngrade Smartphone Xiaomi tersebut ke Rom Miui versi lawas agar bisa digunakan kembali. Oleh karena itu fitur Anti Rollback ini menjawab kekhawatiran tersebut. Nah untuk bahasan lebih jelas dari fitur Anti Rollback Rom Miui ini beserta kelebihan serta kekurangannya bisa kamu baca artikel lengkapnya di sini.

Karena fitur Anti Rollback ini pula banyak dari pengguna Xiaomi Redmi Note 5 PRO yang belum mengetahui akan fitur ini mengalami Hardbrick atau mati total dan sangat kebingungan sekali tentang bagaimana cara menghidupkannya lagi. Secara Smartphone yang baru saja dibeli beberapa bulan sudah rusak, pastinya bakal panik banget dan sepertinya masalah seperti ini tidak hanya menimpa pengguna Redmi Note 5 PRO di Indonesia saja tapi juga pengguna WHYRED di negara lain.

Yah, syukurnya Mi Fans itu cepat tanggap dan akhirnya muncullah tutorial ini. Yup, tutorial yang sudah lama kamu cari, apalagi kalau bukan tutorial bagaimana caranya Unbrick atau menghidupkan kembali Xiaomi Redmi Note 5 PRO yang Hardbrick atau mati total akibat fitur Anti Rollback. Adapun bahan dan tatacarnya sebagai berikut:

Bahan:
- Qualcomm HS-USB QDLoader 9008 di sini (jika sudah pernah install, silahkan dilewatkan saja)
- MiFlash 2018.5.28.0 di sini
- Disable Driver Signature Windows 10 di sini
- Fastboot Rom khusus Redmi Note 5 PRO di sini

Caranya:
1. Silahkan jalankan browser semisal chrome ataupun Mozilla kemudian buka forum Mi dan lakukan log in menggunakan akun Mi
2. Silahkan disable terlebih dahulu Driver Signature pada Windows 10 kamu
3. Jika sudah bisa install Qualcomm HS-USB QDLoader 9008
4. Kemudian install MiFlash 2018.5.28.0 tadi ke komputer kamu > kemudian jalankan
5. Pastikan Laptop atau PC Desktop sedang tersambung ke Internet
6. Lakukan test point pada Xiaomi Redmi Note 5 PRO yang sedang mati total agar bisa terdeteksi di komputer. Buat yang belum tahu caranya bisa baca di sini
7. Nah setelah terdeteksi di komputer, silahkan kamu tekan tombol Browse pada Mi Flashtool lalu arahkan ke Fastboot rom yang sudah di ekstrak tadi. Jika formatnya .tar maka ubah dulu ke .tgz (caranya bisa kamu tonton pada video di bawah ini):


8. Kemudian lanjut tekan tombol Refresh pada Mi Flashtool untuk memastikan apakah Xiaomi Redmi Note 5 PRO kamu benar-benar sudah tersambung ke komputer
9. Setelah itu tekan tombol flashing untuk memulai proses flashing
10. Kemudian log in menggunakan akun mi, hingga muncul tampilan seperti ini:

Xiaomi Redmi Note 5 PRO Kamu Hardbrick Gegara Fitur Anti Rollback di Rom Miui 10 Terbaru? Coba Cara Unbrick Berikut Ini!

11. Setelah proses flashing selesai, Xiaomi Redmi Note 5 PRO kamu sudah bisa dinyalakan kembali

Selamat, sekarang Xiaomi Redmi Note 5 PRO kamu sudah bisa digunakan kembali. Yah admin harap ini bisa menjadi pelajaran buat kamu untuk lebih berhati-hati lagi dalam melakukan downgrade atau install mod di Smartphone Xiaomi karena Xiaomi tidak sebebas seperti dulu lagi, dimana unlock bootloader saja dulu sudah bawaan pabrik, namun sekarang harus di unlock secara manual oleh pemilik Hp, terlebih prosedur unlocknya pun cukup lama dan harus menunggu persetujuan dari Xiaomi dulu.

Kalau tidak mau repot dengan hal semacam ini, sebenarnya ada alternatif lain yaitu dengan menggunakan Xiaomi Mi A1, Mi A2 dan Mi A2 Lite. Karena ketiga ponsel tadi tidak menggunakan Miui sebagai stock rom mereka tapi rom Android murni yang lebih atau bahkan sangat mudah sekali untuk kustomisasi.

Nah itulah dia tata cara mengatasi Hardbrick atau mati total pada Xiaomi Redmi Note 5 PRO yang diakibatkan fitur Anti Rollback. Silahkan +1, like dan bagikan jika dirasa bermanfaat dan jangan lupa untuk Subscribe channel Miuitutorial Indonesia. Salam admin miuitutorial.com
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url