-->

4 Alasan Ini yang Mungkin Bikin Xiaomi Sering Telat Kasih Update Rom Miui Terbaru Mereka: Termasuk Miui 10

Kok sekelas Xiaomi masih bisa ngaret alias telat kasih update rom Miui versi terbaru dari janji mereka sendiri? Kira-kira apa yang penyebab atau alasan dari keterlambatan tersebut? atau sebenarnya memang karena disengaja? Nah dari pada berprasangka buruk seperti itu, di artikel ini admin akan bagikan ke kamu setidaknya 4 alasan atau kemungkinan kenapa Xiaomi sering ingar soal janji update rom Miui mereka. Let's check this out! saja belum kebagian update ke rom Miui 10 terbaru.

4 Alasan Ini yang Mungkin Bikin Xiaomi Sering Telat Kasih Update Rom Miui Terbaru Mereka: Termasuk Miui 10

4 Alasan Ini yang Mungkin Bikin Xiaomi Sering Telat Kasih Update Rom Miui Terbaru Mereka Termasuk Miui 10
4 Alasan Ini yang Mungkin Bikin Xiaomi Sering Telat Kasih Update Rom Miui Terbaru Mereka Termasuk Miui 10

Bukan di Miui 10 ini saja Xiaomi telat memberikan update rom Miui versi terbaru mereka, padahal sebelumnya mereka sendiri telah mengumumkan tanggal peluncuran. Soal kapan Miui 10 diluncurkan untuk masing-masing tipe Smartphone Xiaomi ini sudah pernah admin bagikan di sini. Di situ terlihat jelas jika ada tanggalnya beserta selambat-lambatnya bulan kapan. Namun pada kenyataannya untuk tipe Smartphone Xiaomi tertentu sampai saat ini masih

Buat pengguna baru Smartphone Xiaomi, pasti keterlambatan update ini bakal jadi sesuatu yang mengecewakan, namun bagi pengguna setia pengguna lamanya, soal ngaret seperti sudah menjadi hal yang biasa. Iya, kejadian telat memberikan update rom Miui versi terbaru mereka bukan kali pertama ini terjadi. Sepengingat admin tradisi ngaret update seperti sudah terjadi mulai dari Miui 6, Miui 7, Miui 8, dan Miui 9. Kalau dilihat pola seperti ini di Miui 11 nanti sepertinya akan masih terus berlangsung proses ngaret seperti ini.

Berikut ini sudah admin rangkum beberapa alasan kenapa Xiaomi sering ingkar dengan janji update rom Miui terbaru mereka:

Banyaknya Tipe atau Model yang Dikeluarkan
Sudah menjadi rahasia umum jika akhir-akhir ini Xiaomi mulai gencar menambah jajaran tipe Smartphone yang mereka keluarkan. Bahkan belum genap satu tahun saja sudah ada versi penerusnya. Sebut saja Xiaomi Redmi 5 yang belum lengkap 1 tahun namun sudah ada penggantinya yaitu Redmi 6. Selain itu ada beberapa seri lain semisal seri Note plus beberapa kerja sama mereka dengan merek lain.

hal seperti ini sebenarnya sudah nampak mulai dari Redmi 2, di mana versi ini juga memiliki beberapa mode turunan seperti Redmi 2 Pro, disusul lanjutannya Redmi 3 yang tak kalah gila banyak variannya yaitu Redmi 3, Redmi 3 PRO, Redmi 3s, Redmi 3x, Redmi 3s Prime. Masih belum cukup? Seri Mi yang merupakan seri Flagship mereka juga banyak turunan modelnya seperti varian Mi4 ada yang MI4c, Mi4i, Mi4s.

Sehingga telatnya mereka memberikan update pada rom Miui versi terbaru semakin panjang karena akan ada banyak mode juga yang harus mereka susul updatenya. Bahkan kalau kamu perhatikan, tak jarang ketika mereka meluncurkan Smartphone terbaru, Miui yang terpasang masih versi lama. Contohnya Redmi 5/A/Plus.

Rom Miui jauh dari Kata Stock Android
Rom Miui yang merupakan default OS dari Xiaomi sejatinya adalah Rom Android Stock yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga jadilah Miui. Namun coba kamu perhatikan, apakah rom Miui mirip seperti stock Android? Tidak kan? Nah ini dia yang membuat developer Xiaomi lama membangun Rom Miui dari Stock Android. Mereka harus mendesign ulangnya dari awal seperti icon, animasi transisi, tampilan homescreen, statusbar, recent apps, hingga penambahan fitur yang sebenarnya tidak ada di rom Stock. Kalau kamu perhatikan juga, sebenarnya ada framework selain framework rom Android di dalam rom Miui. Jadi ibaratnya ada 2 sistem di dalam satu badan.

Rom Miui Sarang Bug
Nah kalau yang satu ini admin dapatkan dari beberapa komentar pengguna Smartphone Xiaomi sendiri yang sering diskusi di Group maupun forum. Yah jadi ada saja bug yang muncul ketika update rutin. Mulai dari baterai yang jadi cepat boros ketimbang versi Miui sebelumnya, salah satu fungsi dari fitur Miui tidak aktif dan masih banyak lagi sehingga menambah rentetan tugas developer rom untuk memperbaiki bug tersebut. Akan tetapi bukan berarti tiap update bug terus nambah ya. Masih ada kok rom Miui versi tertentu bebas bug.

Kekurangan Developer
Yang admin pernah tonton videonya di salah satu channel Youtube, jika developer rom Miui itu ada banyak, bahkan mereka juga mempekerjakan developer dari negara lain. Jadi dari pada menyebutkan kekurangan developer, lebih tepatnya mungkin jika developer yang harusnya mengerjakan update terbaru dari versi rom Miui tersebut harus terbagi-bagi lantaran adanya 3 point di atas tadi.


Nah itulah dia 4 alasan yang admin ketahui kenapa update rom Miui versi terbaru sering sekali terlambat. Kejadian ini tidak hanya menimpa update rom Miui 10 namun juga versi sebelumnya. Jadi buat kamu pengguna rom Miui yang ingin segera mendapatkan update terbaru harus lebih bersabar lagi dan kalau memang sudah tidak tahan lagi, coba lirik custom rom. Karena ada banyak developer pihak ketiga yang lebih cepat updatenya.

Artikel ini murni berdasarkan pengamatan dan pengalaman admin sendiri selama menggunakan Smartphone Xiaomi. Jika kamu punya pendapat lain tentang bahasan ini bisa tuliskan di kolom komentar dan jangan lupa untuk +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Miuitutorial Indonesia. Salam admin miuitutorial.com

4 Alasan Ini yang Mungkin Bikin Xiaomi Sering Telat Kasih Update Rom Miui Terbaru Mereka: Termasuk Miui 10