-->

4 Hal yang Perlu Kamu Ketahui dari Mi Account: Pengguna Smartphone Xiaomi Wajib Baca Biar Tidak Menyesal

Apa itu akun Mi dan apa bedanya dengan Mi Cloud? Seberapa penting sih Mi Account pada sebuah Smartphone Xiaomi dan apakah ada dampak buruk jika tidak log in akun Mi serta kenapa Mi Akun menjadi momok menakutkan bagi pemiliknya? Simak penjelasannya berikut ini!

4 Hal yang Perlu Kamu Ketahui dari Mi Account: Pengguna Smartphone Xiaomi Wajib Baca Biar Tidak Menyesal

4 Hal yang Perlu Kamu Ketahui dari Mi Account: Pengguna Smartphone Xiaomi Wajib Baca Biar Tidak Menyesal
4 Hal yang Perlu Kamu Ketahui dari Mi Account: Pengguna Smartphone Xiaomi Wajib Baca Biar Tidak Menyesal

Admin sendiri kurang tahu pasti sebenarnya kapan Akun Mi Cloud muncul di Rom Miui. Namun Sepengingat admin di Rom Miui 3 (pada saat itu Miui masih berupa Custom rom), belum ada yang namanya Mi Account). Namun ketika Smartphone Xiaomi pertama yang datang ke Indonesia secara resmi yaitu Redmi 1s dan Redmi Note 3 G WCDMA, eksistensi Akun Mi sudah terlihat. Admin tahu ini karena admin sendiri adalah salah seorang dari pengguna lama rom Miui, terhitung dari jaman Sony Ericsson Xperia, hingga Mi5 PRO Gemini saat ini.

Konsep Akun Mi Sendiri kalau diperhatikan sangat meniru iCloud yaitu layanan utama berbasis Cloud milik Apple. Bahkan jika kamu adalah pengguna dari platform iOS dan Miui Android, pasti sangat menyadari jika halaman Home dari Mi Cloud dan iCloud sangat mirip sekali, bahkan untuk bentuk icon pun sama persis. Kemiripan semacam ini sebenarnya bisa dimaklumi karena dari awal pengenalannya juga Smartphone Xiaomi disebut sebagai Apple dari China, jadi kalau ada layanan seperti Mi Cloud yang mirip iCloud itu juga sudah termasuk wajar.

Fungsi Mi Cloud
Mi Cloud sendiri memiliki fungsi seperti mampu membackup data-data kontak telepon, pesan SMS, foto-foto yang kamu ambil dari Smartphone Xiaomi, catatan, rekaman suara, bahkan dengan Akun Mi ini juga kamu bisa melacak keberadaan dari Smartphone Xiaomi itu sendiri, semisal terjadi kehilangan akibat terjatuh atau dicuri seperti yang sudah pernah admin bahas di sini, atau diakibatkan kelupaan. Fitur-fitur semacam ini sangat jaman ditemukan pada perangkat iDevice seperti iPod, iPhone, dan iPad.

Fungsi Akun Mi atau Mi Account
Secara umum fungsi dari Mi Akun ini adalah sebagai identitas dari sebuah Smartphone Xiaomi. Yah jadi sebuah Smartphone yang dikeluarkan oleh Xiaomi menggunakan rom Miui sebagai default rom nya maka pasti akan ada opsi untuk menambahkan Mi Account. Secara otomatis nantinya Mi Account ini akan muncul setiap kali kamu baru membeli Smartphone Xiaomi tersebut, dan akan juga terdapat pengaturan khusus untuk Akun Mi di opsi Settings. Nantinya Akun Mi yang sudah di log in, akan secara terus menerus tersinkronisasi dengan Mi Cloud. Sehingga data-data seperti kontak, SMS, Foto, Catatan, rekaman suara, aplikasi akan tersimpan di Mi Cloud.

Apa yang Terjadi Jika Tidak Log In Akun Mi?
Yah tidak ada sih. Smartphone Xiaomi tersebut tetap bisa kamu gunakan sebagaimana mestinya. Karena Mi Akun bukanlah satu-satunya akun penentu seperti yang ada di perangkat iDevice. Jadi selain Mi Account, sebenarnya masih ada satu lagi akun yang memiliki fungsi serupa yaitu Google Account, yang mana fungsinya tidak lain untuk bisa mengakses semua fitur dari Google seperti Playstore, Google Playgame, Gmail, Gmaps, Youtube dan lain sebagainya.

Jadi sebenarnya tanpa log In akun Mi pun tetap aman-aman saja, hanya saja memang kamu tidak akan bisa menggunakan berbagai fitur yang ada di Mi Cloud tadi seperti sinkron kontak, SMS, rekaman suara, aplikasi, Catatan serta juga tidak bisa mengakses thememanager atau theme store dimana para pengguna Smartphone Xiaomi bisa dengan bebas mengkustomisasi tampilan Smartphone mereka. Selain itu nonaktifnya fitur pencarian perangkat membuat Smartphone Xiaomi tersebut tidak bisa dilacak jika terjadi kehilangan.

Kenapa Mi Akun Menjadi Momok Menakutkan?
Admin kurang tahu pasti mulai sejak rom Miui versi berapa namun Sepengingat admin ada di Rom Miui 7.5 atau Miui 8, keberadaan Mi Akun menjadi suatu yang sakral. Betapa tidak jika saja kamu lupa password dari akun Mi ini dan setelah upgrade rom Miui ke versi terbaru, maka besar kemungkinan tidak akan bisa digunakan. Karena fitur Lost mode akan muncul dan mengunci perangkat Xiaomi itu sendiri sampai kamu bisa memasukkan password yang benar.

Celakanya fitur Lost mode ini juga menimpa para pembeli Smartphone Xiaomi seken alias bekas, dimana pengguna sebelumnya itu belum log out atau lupa password. Sehingga si pembeli kedua ini rugi karena Smartphone Xiaomi terkunci dan tidak bisa digunakan. Nah kalau sudah seperti ini, cara paling mudah dan legal agar bisa membuka atau istilah Keren nya itu Bypass akun Mi adalah dengan meminta reset akun Mi melalui situs resminya. Untuk tata cara lengkapnya tentang hapus akun Mi ini bisa kamu cek di sini.

Selengkapnya tentang akun Mi ini juga sudah admin tuangkan dalam bentuk video di bawah ini:


Jadi buat kamu pengguna Smartphone Xiaomi terkhususnya yang baru saja ingin membelinya untuk sangat berhati-hati sekali dengan Akun Mi ini, jangan pernah lagi membuatkan akun Mi ke penjaga toko karena ya itu tadi, jika lupa password maka Smartphone Xiaomi tersebut akan terkunci selamanya. Itulah dia pembahasan lengkap dari Akun Mi, buat kamu yang ingin menambahkan atau bertanya terkait akun Mi ini silahkan tulis di kolom komentar dan jangan lupa untuk +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Miuitutorial Indonesia supaya bisa terus mendapatkan tutorial terbaru tentang Xiaomi. Salam admin miuitutorial.com

4 Hal yang Perlu Kamu Ketahui dari Mi Account: Pengguna Smartphone Xiaomi Wajib Baca Biar Tidak Menyesal