-->

FiiO UBTR: Si Bluetooth Music Receiver yang Kayak akan Fitur - APTX, NFC, USB Type-C

Nama FiiO di kalangan penikmat Audiophile pastinya sudah tidak asing lagi. Produsen audio yang satu ini memang banyak sekali mengeluarkan produk mulai dari Amp Portabel, DAC Portabel, Music Digital Player, hingga headset. FiiO juga dikenal sebagai produsen portabel audio terjangkau, karena di rentang harga 300 Ribu-an, kamu sudah bisa memiliki salah satu produk mereka. Sebut saja FiiO UBTR yang akan admin review saat ini.

FiiO UBTR: Si Bluetooth Music Receiver yang Kayak akan Fitur - APTX, NFC, USB Type-C

FiiO UBTR Si Bluetooth Music Receiver yang Kayak akan Fitur - APTX, NFC, USB Type-C
FiiO UBTR Si Bluetooth Music Receiver yang Kayak akan Fitur - APTX, NFC, USB Type-C

Yup, sudah satu Minggu lebih admin menggunakan FiiO UBTR, salah satu dari Headset Bluetooth atau yang lebih tepatnya disebut Bluetooth Music Receiver dari FiiO. Bukan tanpa alasan admin memilih FiiO UBTR ini, karena di rentang harga Rp 300.000,- ini baru FiiO UBTR saja yang menyuguhkan fitur berlimpah serta klaim baterai panjang. Sebelumnya admin pernah menggunakan Xiaomi Bluetooth Receiver yang pernah admin Review di sini, namun dalam penggunaan sehari-hari hanya sanggup bertahan 3 jam kurang. `

Well, setelah penggunaan 1 Minggu ini, berikut adalah review untuk FiiO UBTR Headset Bluetooth nya:

Design
Sekali lihat, admin sudah merasakan aura elegan dari FiiO UBTR ini. Bentuknya yang mengotak dengan sudut-sudut tumpul serta lapisan plastik Mika bening di bagian depan semakin menambah kesan elegan. Yup, FiiO UBTR ini dibalut dengan material plastik berwarna putih. Terdapat colokan Headset 3.5mm pada bagian atas, sedangkan di sisi sebelah kanannya ada tombol Power yang berfungsi ganda sebagai play dan pause serta 2 tombol lagi yaitu volume atas dan bawah yang juga punya fungsi ganda yaitu Next, Prev. Oh iya dan tak lupa juga lubang microphone serta port USB Type-c untuk charging serta clip.

Konektivitas
FiiO UBTR dilengkapi dengan Qualcomm CSR8645 Bluetooth chip dan amplifier TI TPA6132A2 yang sudah mendukung Bluetooth versi 4.1. Tentunya akan sangat kompetible dengan perangkat Mobile lain semisal Smartphone. Admin sendiri sudah coba pairing FiiO UBTR ini dengan Smartphone dari Xiaomi yaitu MI A1, Mi5 serta desktop PC melalui USB Bluetooth Dongle. Sejauh ini bisa tersambung lancar. Selain Bluetooth tadi, FiiO UBTR ini juga sudah dilengkapi dengan NFC atau Near Field Communication yang mana dengan teknologi NFC ini FiiO UBTR bisa pairing mudah cukup dengan menempelkannya ke perangkat Smartphone atau DAP yang sudah mendukung NFC.

Fitur
Salah satu nilai jual atau bisa dibilang juga yang membuat admin tergoda untuk membeli FiiO UBTR ini adalah APTX. Yup, kamu tidak salah baca, FiiO UBTR ini sudah mendukung APTX, yang mana dengan transmisi APTX ini akan semakin membuat sambungan antar Device semakin kecil latensinya. Tentu saja teknologi APTX ini harus dibarengi dengan Music Player yang sudah mendukung APTX pula. Admin baca-baca jika Smartphone Android yang sudah menggunakan OS Oreo dan Pie secara default mendukung APTX pula. Oh iya, selain APTX, FiiO UBTR ini mendukung SBC dan AAC.

Baterai
FiiO UBTR dilengkapi baterai berkapasitas 120mAh. Pihak FiiO sendiri mengklaim jika UBTR ini sanggup bertahan selama 9 jam dalam penggunaan intens, namun pada kenyataannya ketika admin gunakan untuk mendengarkan musik, nonton film, serta bermain game di PC, FiiO UBTR ini hanya sanggup bertahan selama 5 jam. Walau meleset dari klaim nya, admin tetap merasa puas karena 5 jam tersebut sudah melebihi durasi yang diberikan oleh Xiaomi Bluetooth Music Receiver yang kurang 3 jam saja sudah mati.

Kelebihan
APTX, NFC dan USB Type-c adalah 3 nilai jual yang sangat menggiurkan dari FiiO UBTR ini. Bayangkan saja, di harga 350 ribu, kamu sudah dapat Bluetooth Music Receiver dengan 3 fitur Unggulan tadi. Serta Port USB Type-c, dimana port jenis ini mulai jamak ditemukan serta lebih mudah digunakan. Jika masih kurang juga, FiiO UBTR ini mampu memberikan waktu penggunaan selama 5 jam.

Kekurangan
Sejauh yang admin cari, FiiO UBTR hanya menyediakan pilihan warna putih saja, tentu tidak semua orang suka dengan Device berwarna putih karena cepat kotor atau berubah warna jadi kekuningan, namun memang inilah adanya. Selain itu jika kamu sambungan headset yang ada volume serta play control, maka fitur tersebut tidak bisa digunakan pada FiiO UBTR ini. Jadi tombol control yang berfungsi hanya pada FiiO UBTR saja


Kesimpulan
Secara keseluruhan admin sangat suka sekali dengan FiiO UBTR ini. Design elegan, Support APTX, NFC, USB Type-c, Kuat 5 Jam adalah nilai jual yang sangat sulit admin temukan di produk lain. Bahkan admin sebagai Mi Fans pun sangat merekomendasikan FiiO UBTR ini jika disuruh memilih antara Xiaomi Bluetooth Music Receiver dengan FiiO UBTR. Secara produk ini dibandrol dengan harga 350rb pula.

Nah itulah dia review dari admin untuk Bluetooth Music Receiver dari FiiO UBTR. Jika ada kekurangan atau kekeliruan silahkan kamu tambahkan di kolom komentar dan jangan lupa untuk +1, like, bagikan serta subscribe channel Miuitutorial Indonesia agar terus bisa mendapatkan tutorial terbaru Xiaomi Berbahasa Indonesia. Salam admin miuitutorial.com

FiiO UBTR: Si Bluetooth Music Receiver yang Kayak akan Fitur - APTX, NFC, USB Type-C