-->

Kesulitan Membuka Back Cover Xiaomi? Ikuti Panduannya Berikut Ini + Video Lengkap

Merasa kesulitan membuka back cover pada Smartphone Xiaomi? bingung bagaimana cara membuka penutup baterai tersebut supaya tidak membuat lecet? Nah di artikel kali ini admin akan coba membahas secara lengkap tentang bagaimana caranya membuka back cover Xiaomi beserta videonya. Buat yang sedang mencari tutorial ini, selamat menikmati!

Kesulitan Membuka Back Cover Xiaomi? Ikuti Panduannya Berikut Ini + Video Lengkap

Kesulitan Membuka Back Cover Xiaomi Ikuti Panduannya Berikut Ini + Video Lengkap
Kesulitan Membuka Back Cover Xiaomi Ikuti Panduannya Berikut Ini + Video Lengkap

Kalau dulu yang namanya membuka tutup baterai di Smartphone Xiaomi sangat mudah sekali. Yah tinggal congkel saja pakai kuku, maka penutup baterai tersebut langsung terbuka. Namun sekarang sudah tidak semudah itu lagi. Yah, dengan sistem Smartphone Unibody serta baterai tanam, membuat kita para pengguna Smartphone Xiaomi khususnya harus sedikit ekstra sabar, karena butuh usaha lebih untuk membuka back cover tersebut. Terlebih buat mereka yang suka modding.

Contoh kecilnya saja seperti Test Point atau mengganti baterai sendiri, tentu membuka back cover adalah suatu keharusan. Buat mereka yang sudah mahir, membuka back cover Xiaomi adalah sesuatu yang mudah, namun beda cerita buat mereka para pemula. Akan sangat merepotkan sekali membuka penutup baterai ini. Oleh karena itu, di artikel kali ini admin akan coba bagikan tata cara membuka Back Cover pada Smartphone Xiaomi:

Adapun alat yang dibutuhkan sebagai berikut:
- Opener bentuk tipis bentuk pik gitar dan Opener bentuk stick
- Pinset
- Obeng set untuk HP
- LCD Opener

Semua alat di atas bisa kamu dapatkan dalam satu set tool dari Jakemy, review lengkapnya bisa kamu baca di sini

Tipe Back Cover Xiaomi:

Kesulitan Membuka Back Cover Xiaomi Ikuti Panduannya Berikut Ini + Video Lengkap

Glass atau Ceramics
Tipe back cover seperti ini bisa dibilang tipe yang paling mudah untuk dibuka. Namun dengan catatan punya tool bernama LCD Opener atau jika tidak punya bisa menggunakan kop kaca. Karena permukaannya yang licin, maka sangat sulit sekali jika ingin membuka back cover tipe kaca ini tanpa tool. Salah-salah bisa membuat bingkai atau frame dari Smartphone Xiaomi menjadi lecet. Oleh karena itu jika ingin membuka back cover berjenis Glass atau Ceramics, sangat disarankan sekali menggunakan tool LCD Opener.

Khusus untuk Xiaomi Seri Flagship semisal Mi6, Mi8, MI Mix, maka ketika membuka back cover nya harus dipanasi terlebih dahulu. Pasalnya terdapat lem atau perekat pelindung air di sekeliling back cover. Khusus untuk tipe-tipe ini maka ada baiknya kamu menonton video khusus untuk tipe tersebut di YouTube.

Adapun Smartphone Xiaomi yang menggunakan Back Cover Tipe Glass atau Ceramic antara lain:
- Mi 4
- Mi 4i
- Mi 4s
- Mi 4c
- Mi 5/Prime/PRO
- Mi 6
- Mi 8/Lite/Explorer
- Mi Note
- Mi MIX

Kesulitan Membuka Back Cover Xiaomi Ikuti Panduannya Berikut Ini + Video Lengkap

Semi Layer Plastik Dan Metal
Maksud dari semi plastik dan metal Ini adalah pada bagian atas dan bawah back cover terbuat dari plastik, sedangkan bagian tengah sendiri terbuat dari metal. Membuka back cover jenis ini cukup tricky, karena harus hati-hati supaya tidak melepas sambungan antara back cover metal dan plastik. Walau tidak seluruhnya namun bisanya jenis back cover ini dibuatkan semacam celah untuk membukanya pada sekeliling body.

Jadi jika kamu menemukan celah tersebut, maka bisa dipastikan proses membuka back cover menjadi lebih mudah. Namun jika tidak menemukannya, cobalah untuk membuka back cover dari lubang colokan USB. Contohnya pada Xiaomi Redmi 3s, admin membuka back cover tersebut dari lubang USB.

Berikut adalah tipe Smartphone Xiaomi yang punya back cover semi:
- Redmi Note 3 MTK
- Redmi Note 3 PRO
- Redmi Note 3 SE
- Redmi Note 4 MTK
- Redmi Note 4X/PRO
- Redmi 3/PRO
- Redmi 3/X/S/Prime
- Redmi 4X
- Redmi 4A/Prime
- Mi MAX Series

Kesulitan Membuka Back Cover Xiaomi Ikuti Panduannya Berikut Ini + Video Lengkap

Full Metal
Jenis Back cover ini benar-benar keseluruhan bahan terbuat dari metal. Tidak ada satupun bahan lain kecuali metal. Juga terdapat garis antena yang biasanya berada di bagian atas dan bawah. Ciri lain dari back cover metal ini adalah terdapat 2 baut kecil yang posisinya berada di dekat port charging.

Sepengalaman admin membuka back cover tipe Full metal ini cukup sulit, contohnya di Xiaomi Mi A1. Karena bahan back cover yang terbuat dari metal sangat menyulitkan admin untuk bisa membuka sisinya. Pasalnya sisi-sisi back cover tersebut licin dan kalau tidak berhati-hati bisa saja tangan kamu berdarah.

Beriku ini adalah tipe Smartphone Xiaomi yang menggunakan Back Cover Full Metal:
- Mi A1
- Mi 5X
- Mi A2/Lite
- Mi 6X
- Redmi 5/Prime
- Redmi Note 5/PRO
- Redmi Note 6/PRO
- Redmi 6/Prime

Hal-hal yang perlu diperhatikan:
1. Teliti
2. Sabar
3. Jangan Terburu-buru

Berikut ini adalah video lengkap bagaimana membuka back cover Smartphone Xiaomi:


Nah itulah dia sedikit tips dan tutorial dari admin tentang bagaimana caranya membuka back cover di Smartphone Xiaomi. Buat kamu yang kesulitan atau ada tips lain membuka back cover Xiaomi bisa tuliskan di kolom komentar. Jika dirasa bermanfaat silahkan +1, like dan bagikan serta subscribe channel Miuitutorial Indonesia. Salam admin miuitutorial.com

Kesulitan Membuka Back Cover Xiaomi? Ikuti Panduannya Berikut Ini + Video Lengkap