-->

Muncul Flicker pada Layar LCD Smartphone Xiaomi Kamu? Lakukan 2 Langkah Berikut

Pernahkah kamu mengalami kondisi dimana layar LCD pada Smartphone Xiaomi kamu bergaris seperti TV tabung? nah jika iya, berarti LCD tersebut mengalami Flicker. Apakah bisa diperbaiki Flicker ini dan kenapa Flicker ini bisa terjadi? Simak penjelasannya berikut!

Lakukan 2 Langkah Ini Jika LCD Smartphone Xiaomi Kamu Terkena Flicker

Muncul Flicker pada Layar LCD Smartphone Xiaomi Kamu? Lakukan 2 Langkah Berikut
Muncul Flicker pada Layar LCD Smartphone Xiaomi Kamu? Lakukan 2 Langkah Berikut

Flicker? Ada yang tahu apa itu Flicker? Okey kalau admin cari pengertian Flicker sendiri di mbah Google, Flicker atau kedip tegangan yang berasal dari dampak atau akibat dari adanya fluktuasi tegangan terhadap lampu, yang dianggap layaknya mata manusia yang sedang berkedip. Flicker sendiri merupakan fluktuasi (naik turun) tegangan yang terjadi secara berulang-ulang dengan periode/waktu terjadi tertentu.

Sederhananya Flicker itu jika di layar Smartphone mirip-mirip layar TV tabung yang kamu rekam pakai kamera Smartphone. Jadi seperti ada garis-garis berjalan. Tentunya Flicker ini bakal mengganggu kenyamanan menggunakan Smartphone. Nah baru-baru ini admin mendapatkan laporan dari salah seorang pengguna Smartphone Xiaomi Redmi Note 5 yang mengalami Flicker pada layar LCD nya.

Flicker yang muncul nampak jelas dimana layar pada Redmi Note 5 tersebut jadi bergaris, namun garisnya ini berjalan ke atas. Jadi tidak diam pada bidang tertentu saja. Nah berdasarkan pengalaman admin sendiri selama menggunakan Smartphone termasuk Xiaomi, berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu lakukan jika layar LCD pada Smartphone Xiaomi tersebut terkenal Flicker:

1. Klaim Garansi
Langkah pertama yang bisa kamu lakukan jika layar pada Smartphone Xiaomi terkena Flicker adalah dengan melakukan klaim garansi. Kenapa demikian? Karena dengan begitu kamu bisa mendapatkan panel LCD pengganti yang bebas dari masalah Flicker, So pasti dengan ada garansi jadi bebas biaya alias Gratis.

Namun begitu, pastikan jika Smartphone Xiaomi yang kamu beli tersebut tercover garansi Resmi. Sehingga untuk klaim garansi tersebut jadi lebih mudah. Namun jika unit yang kamu beli tersebut bergaransi Distributor, mau tidak mau kamu harus kontak ke penjual tempat dimana kamu membeli Smartphone tersebut kemudian minta kepada penjual untuk bantu klaim garansi ke distributor.

2. Ganti Panel LCD
Nah untuk cara kedua ini jika unit yang kamu beli tidak tercover garansi resmi atau sudah tidak sabaran lagi agar bisa segera Memperbaikinya, maka jalan satu-satunya adalah dengan mengganti panel LCD tersebut. Ada banyak toko online di Indonesia yang menjual LCD pengganti atau LCD Replacement. Tinggal kamu pintar-pintar saja dalam memilih panel LCD tersebut.


Min, memang tidak ada cara apa agar bisa memperbaiki Flicker pada LCD Xiaomi Tanpa harus menggantinya? Yah sejauh yang admin tahu, tidak ada. Kalau mau usaha sih sebenarnya bisa menggunakan bantuan aplikasi Flicker remover yang ada di Playstore, namun bisanya persentase keberhasilan kecil dan terkadang Flicker tersebut masih muncul lagi.

Oleh karena itu admin lebih menyarankan kamu untuk mengganti panel LCD Xiaomi yang terkena Flicker tersebut dengan panel baru. Nah itulah dia setidaknya 2 cara yang bisa kamu lakukan jika Layar LCD Smartphone Xiaomi kamu terkena Flicker. Buat kamu yang punya cara lain bisa tuliskan di kolom komentar. Jangan lupa untuk +1, like dan bagikan serta subscribe channel Miuitutorial Indonesia. Salam admin miuitutorial.com

Muncul Flicker pada Layar LCD Smartphone Xiaomi Kamu? Lakukan 2 Langkah Berikut