Mengapa Setiap Kali update ROM Miui Selalu Saja Ada yang MMengeluhkan Baterai Boros?

Kenapa dan kenapa sih setiap kali selesai update rom Miui versi terbaru, selalu saja ada yang mengeluhkan baterai boros dari pada Rom Miui versi sebelumnya atau sebelum update? Apakah hal semacam ini wajar, atau memang bug dari rom Miui terbaru tersebut dan apa yang kira-kira bisa kita lakukan untuk memperbaiki masalah seperti ini? Simak Tips lengkapnya berikut!

Mengapa Setiap Kali update ROM Miui Selalu Saja Ada yang MMengeluhkan Baterai Boros?



Mengapa Setiap Kali update ROM Miui Selalu Saja Ada yang MMengeluhkan Baterai Boros?
Mengapa Setiap Kali update ROM Miui Selalu Saja Ada yang MMengeluhkan Baterai Boros?


Selama menggunakan Xiaomi dan selama itu pula beberapa kali update rom Miui, mulai dari Xiaomi Redmi Note 3G, Redmi Note 3 MTK, Redmi Note 3 PRO Snapdragon, Mi 5 PRO, hingga Mi A1 yang tidak menggunakan Rom Miui karena masuk dalam Project Android ONE. Sering kali admin menemui keluhan baterai boros setelah mendapatkan update rom Miui terbaru. Keluhan ini bisa nampak dari banyaknya komen atau post yang ada di grup Facebook maupun forum Miui sendiri.

Rata-rata mereka mengeluhkan penurunan performa atau boros baterai hingga beberapa persen dari Miui versi sebelumnya dan jika ini terus muncul biasanya developer dalam waktu dekat memberikan update Rom Miui terbaru lagi untuk mengatasi masalah tersebut. Yang jadi pertanyaannya adalah apakah memang hal semacam ini wajar dan terjadi di semua Smartphone yang baru saja update OS?

Bisa dibilang iya bisa dibilang juga tidak. Namanya juga buatan manusia pasti ada saja cacat atau kekurangannya. Misalkan nih di rom Miui versi lama bug sudah minim, namun setelah update jadi lebih boros lantaran ada fitur baru yang ditambahkan. Mau tidak mau fitur baru ini sedikit banyak akan memakan daya baterai. Selain itu faktor human error juga bisa terjadi dimana developer yang berkewajiban membuat update tersebut ternyata memang lalai sehingga bug yang muncul setelah update atau istilahnya itu lolos Quality Control.

Bisa jadi juga karena penyesuaian sistem Dimana memang rom Miui versi terbaru tersebut membutuhkan waktu untuk menyusun kembali cache, menata kembali jalur data, dan sistem sehingga memang waktu yang akan membuat sistem tersebut stabil. Jadi kalau sudah begini apa yang bisa kita lakukan supaya Smartphone Xiaomi tersebut bisa digunakan sebagaimana mestinya?

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan membersihkan sistem menggunakan System Cleaner bawaan rom Miui. Selain itu juga bisa mengunjungi serta mengikuti percakapan yang ada d grup Facebook maupun forum Miui nya langsung. Kamu juga bisa mengirimkan laporan bug pada developer Miui melalui fitur Bug Report dan semoga saja dalam waktu dekat developer akan memberikan update terbaru guna menambal bug tersebut.

Nah itulah dia penjelasan dari admin serta bagaimana cara mengatasi masalah baterai boros yang sering terjadi pada Smartphone Xiaomi yang baru saja mendapatkan update rom Miui terbaru. Silahkan +1, like dan bagikan serta Subscribe channel Miuitutorial Indonesia untuk update Tips dan Trik Xiaomi terbaru. Semoga bermanfaat, salam admin miuiutorial.com
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url