Baru Pertama Kali Punya Smartphone Xiaomi? Bingung Hal Pertama Apa yang Harus Dilakukan? Simak Panduannya di Miuitutorial.com

"Baru punya smartphone xiaomi nih gan, kira-kira Root dulu, atau unlock bootloader dulu ya?" "Masih bingung nih, karena baru pertama kali punya smartphone xiaomi. Tolong kasih saran dong apa yang harus saya lakukan?!" Tenang saja jangan khawatir gitu, admin miuitutorial.com juga pernah dibikin bingung gegara baru pertama kali memiliki smartphone xiaomi. Untuk itu admin akan membuatkan panduan khusus bagi kamu yang baru pertama kali mengenal smartphone xiaomi, dan akan coba admin bagi ke dalam beberapa tingkatan. Tinggal sesuaikan sendiri dengan karakter kamu. Simak berikut ini:

Baru Pertama Kali Punya Smartphone Xiaomi? Bingung Hal Pertama Apa yang Harus Dilakukan? Simak Panduannya di Miuitutorial.com

Baru Pertama Kali Punya Smartphone Xiaomi? Bingung Hal Pertama Apa yang Harus Dilakukan? Simak Panduannya di Miuitutorial.com
Baru Pertama Kali Punya Smartphone Xiaomi? Bingung Hal Pertama Apa yang Harus Dilakukan? Simak Panduannya di Miuitutorial.com

Pertama-tama Admin ucapkan "Selamat datang di dunia smartphone xiaomi", dunia dimana kamu akan bertambah ganteng ketika bootloop, hehehe.. Siapapun kamu dan apapun merek smartphone androidnya, pasti akan memunculkan kebingungan sekaligus bertanya-tanya, terkhusus pada brand xiaomi, "Apa yang harus saya lakukan pada smartphone xiaomi yang baru saya beli ini ya?". Pertanyaan-pertanyaan tersebut adalah pertanyaan yang hampir sama ketika admin miuitutorial.com baru pertama kali meminang Xiaomi Redmi Note 3G dan hal ini pun terjadi juga hingga admin memiliki redmi note 3 PRO pun begitu tapi karena sudah ada cukup pengalaman, jadinya tidak teralu bingung lagi.

Admin kasih kuncinya, dasar-dasar yang harus dilakukan ketika baru pertama kali membeli smartphone xiaomi adalah pastikan dulu apakah smartphone Android xiaomi yang kamu beli itu masih terinstall rom distributor abal-abal atau sudah terpasang official stock rom Miui, penjelasan lengkapnya bisa kamu temui di sini . Jika ternyata benar xiaomi kamu masih teristall rom abal-abal distributor, silahkan ikuti tutorial cara mudah pindah ke rom official xiaomi di bawah ini sesuai dengan tipe masing-masih smartphone xiaomi kamu: (jika tipe yang kamu cari tidak terdapat di bawah daftar ini, silahkan langsung menuju navigasi menu)
+ Xiaomi Redmi Note 3 Pro di sini
+ Xiaomi Redmi Note 3 Mediatek di sini
+ Xiaomi Redmi Note 2/ Prime di sini
+ Xiaomi Redmi Note 3G di sini
+ Xiaomi Redmi 1s di sini
+ Xiaomi Redmi 2/ Prime di sini
+ Xiaomi Redmi 3 Reguler di sini
+ Xiaomi Redmi 3 PRO di sini
+ Xiaomi Mi4i di sini
+ Xiaomi Mi4c di sini
+ Xiaomi Mi4s di sini
+ Xiaomi Mi5 di sini
+ Xioomi Redmi 3s di sini
+ Redmi PRO di sini

Oke, sekarang smartphone xiaomi kamu sudah resmi pindah ke rom asli xiaomi. Selanjutnya akan admin bagi dasar-dasar panduan xiaomi MIUI ke dalam beberapa tingkatan agar kamu bisa menyesuaikan sendiri dengan karakter yang kamu miliki.

Tingkat 1: Masa Bodo
Pada tingkat ini biasanya diisi oleh orang yang tidak mau ribet, mau apapun rom yang terpasang di smartphone xiaominya, masa bodo! yang penting bisa dan nyaman dipakai seharian. Lagian juga ponsel xiaomi nya cuma dipakai buat sosial media (stalking mantan) atau cari gebetan baru hehehe.. ga kok gan, becanda. Pada tingkat 1 ini bukan berarti banyak dihuni oleh orang gaptek yang tidak tahu sama sekali tentang modifikasi xiaomi bahkan banyak yang jago-jago loch, tetapi lebih kepada tidak mau pusing saban hari di depan komputer ngoprek android MIUI.

Saran: Tidak ada, syukuri apa yang ada, hidup adalah anunyagerah.. eh! (-___-")

Tingkat 2: Yang Penting Bisa Dapat Updtae OTA
Untuk tingkat 2 ini dihuni oleh orang-orang yang cukup perhatian dengan smartphone xiaomi Miui yang dimilikinya. Berasa kecewa jika smartphone xioami yang dimiliki masih terpasang rom distributor abal-abal sehingga ketika baru saja membeli ponsel xiaomi, hal pertama-tama yang dilakukan adalah mencari tahu di internet tentang bagaimana cara pindah ke rom official stabil. Intinya sih bisa dapat update rom berkala dari xiaomi saja sudah cukup, tidak perlu harus di root segala atau bahkan sampai unlcok bootloader. Lagian juga kalau diroot, nanti malah tidak dapat notifikasi update OTA lagi.

Pada tingkat 2 ini juga biasanya diisi oleh orang yang menggunakan smartphone xiaominya hanya untuk keperluan komunikasi seperti sms, telpon, ditelpon dan di sms operator, sosial media macam facebook, twitter, path bbm, line, we chat, dan lain-lain. Juga sedikit bermain game ringan seperti clash of clans, Pokemon GO. Secara umum cukuplah untuk penggunaan standar harian. sehingga berimbas pada konsumsi energi baterai yang minim.

Saran:
a. Cari tahu rom yang sedang kamu pakai apakah masih terpasang rom distri abal-abal atau sudah rom resmi xiaomi
b. Jika ternyata rom nya masih abal-abal, segera flashing ke rom official. untuk tutorialnya sudah admin sediakan pada daftar di atas

Tingkat 3: Pingin Tahu Banyak
Karena mungkin update OTA dari xiaomi saja tidak cukup, biasanya pada tingkat tiga ini diisi oleh orang yang memiliki karakter ingin tahu banyak. Mulai coba-coba mencari cara bagaimana melakukan root pada xiaomi, mulai bertanya-tanya tentang pentingkah unlock bootloader pada smartphone xiaomi seperti yang pernah admin jabarkan di sini, custom TWRP, atau bahkan sampai ke tahap unlock bootloader. Tidak dapat notifikasi update OTA dari xiaomi, ga apa-apa yang penting bisa di root, sudah unlock bootloader, bisa backup & restore rom via TWRP recovery, pasang Xposed dan lain-lain.

Sering kali pada tingkat 3 ini juga diisi oleh pengguna berat, dalam artian smartphone xiaomi yang dibeli dipergunakan bukan hanya untuk alat komunikasi, sosmed, bahkan juga bermain game HD berat sekelas Real Racing 3, atau game RPG online yang membutuhkan spesifikasi grafis tinggi.

Saran:
1. Flashing ke rom official stabil global
2. Lalkukan Unlock bootloader di sini
3. Lanjut pasang custom TWRP di sini
4. kemudian install root superSU di sini
5. dan yang terakhir pasang xposed di sini

Tingkat 4: Bootloop Menambah Kegantengan (ga bootloop ga ganteng)
Buat kamu yang merasa masuk kedalam kategori tingkat 4 ini, kudu waspada, hehe.. karena pasalnya pada tingkat 4 ini sudah tidak perduli lagi dengan rom official Miui. Mau smartphone nya xiaomi kek, yang penting bisa dipasangi Custom rom. Entah itu CyanogenMod 13, Resurrection Remix, Pacman rom, Paranoid rom, AOSP, AOKP, pokoknya kalau ada update custom rom terbaru langsung pasang di smartphone xiaomi tercinta. Rela dan ikhlas menjadi beta tester suatu custom rom yang akan diluncurkan.

Tipe penggunaan di tingkat 4 ini admin sedikit bingung menjelaskannya, pasalnya smartphone xiaomi yang dipakai bukan sekedar dipakai untuk alat komunikasi, jadi consol game HD, tapi juga dijadikan sebagai alat untuk atau bahan buat oprek-operek android. Pokoknya pada tingkat 4 ini bener-bener geek banged dengan dunia andoid Xaiomi Miui. Unlock bootloader, Root, TWRP, dan xposed mah lewat.

Saran: Nah loch, malah admin nih yang minta tolong dikasih saran, soalnya tingkat 4 ini mastah semua ^___^

Jika dibuat urutannya, punya smartphone xiaomi itu seperti ini: Beli/punya smartphone xiaomi > Request Sms unlock ke Xiaomi > Pasang Developer Rom China > Unlock Bootloader > Pasang Custom TWRP > Flash ke Rom Global Resmi atau official china rom stabil > Root > Pasang Xposed dan Module > Enjoy \(^___^)/

Gimana, kamu masuk dalam tingkatan yang keberapa? 1, 2, 3 atau 4? Well so well towell towell... apapun tingkatan yang kamu jadilah user smartphone yang smart. Jangan hanya terpaku pada 1 tutorial, tapi bacalah beberapa tutorial sehingga bisa didapatkan perbandingan. Silahkan bertanya jika dirasa memang sudah tidak bisa diatasi sendiri sekalipun sudah cari tutorial pembandingnya dari sumber lain. Selagi admin ada pengetahuannya, admin bantu jawab. Admin hanya manusia biasa yang terbatas pada kemampuan dan pengetahuan tentang oprek android Xiami Miui ini. Kalau admin tidak tahu, bukan berarti tidak mau memberi tahu, karena admin pedagang tempe hehee.. khawatirnya nanti malah menyesatkan. Ok.. jika dirasa panduan dasar-dasar xiaomi ini bermanfaat, silahkan +1, like dan bagikan ke teman-teman kamu sesama pengguna xiaomi. Sudah 2 hari ngerancang dan ngetik tutorial ini. Salam admin miuitutorial.com
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url