LOW FPS di Perekaman Video Xiaomi Mi A1? Coba Tutorial Cara Lock FPS 36, 60, 120 Ini

Pernahkah kamu mengalami kondisi LOW FPS dimana Frame Per Second pada hasil perekaman video kamu menggunakan Xiaomi Mi A1 menurun? Padahal secara spesifikasi Xiaomi Mi A1 mendukung perekaman video hingga 30 FPS, tapi kenapa cuma dapat belasan FPS? Nah buat kamu yang mengalami hal tersebut, di video kali ini admin akan bagikan ke kamu bagaimana caranya melocok FPS pada perekaman video Mi A1 di 30fps, 60fps, hingga 120fps. Let's check this out!

LOW FPS di Perekaman Video Xiaomi Mi A1? Coba Tutorial Cara Lock FPS 36, 60, 120 Ini

LOW FPS di Perekaman Video Xiaomi Mi A1 Coba Tutorial Cara Lock FPS 36, 60, 120 Ini
LOW FPS di Perekaman Video Xiaomi Mi A1 Coba Tutorial Cara Lock FPS 36, 60, 120 Ini

Buat kamu yang suka merekam video menggunakan Smartphone seperti Xiaomi Mi A1 ataupun Smartphone Xiaomi tipe lain. Pastinya akan sangat memperhatikan yang namanya FPS atau Frame. Karena dengan FPS tinggi maka video yang dihasilkan akan semakin mulus pergerakannya. Buat kamu yang belum tahu, FPS atau frame per Second adalah kemampuan video dalam mengambil gambar pada satu detik. Jadi semakin besar gambar yang diambil dalam 1 detik maka video yang dihasilkan akan semakin mulus, semakin nyaman ketika ditonton. Oh iya, sebenarnya video yang kita tonton selama ini ada kumpulan dari banyak gambar yang membentuk alur serta disertai Sound atau suara.

Nah entah karena keterbatasan Hardware atau memang bug dari rom nya, admin mengalami yang namanya low FPS setiap kali merekam video menggunakan Smartphone Xiaomi Mi A1. Hal ini terutama bakal terjadi ketika proses perekaman dilakukan pada suasana atau ruangan yang minim cahaya. FPS yang didapatkan pun sering jauh berada di ambang normal. Perlu kamu ketahui bahwa film-film Hollywood yang ada di bioskop tersebut menggunakan Framerate sebesar 24 atau 24 FPS. Nah ini admin sering mendapatkan 17 FPS saja bahkan bisa kurang dari itu. Walhasil video yang dihasilkan terasa kaku, agak berbayang dan kurang sedap untuk ditonton.

Pada saat proses pengeditan juga tidak leluasa karena setiap kali akan coba memotong bagian video yang tidak diinginkan, akan terasa janggal. Nah syukurnya cara tersebut bisa diatasi. Yup, jadi FPS pada hasil rekaman video Xiaomi Mi A1 bisa di kunci atau di Lock pada FPS tertinggi. Dalam kasus ini Xiaomi Mi A1 admin bisa di Lock pada 30 FPS. Caranya juga terbilang sangat mudah, yang penting Smartphone Xiaomi kamu sudah dalam keadaan Root Magisk. Buat yang belum tahu cara Root Magisk pada Xiaomi Mi A1 bisa cek tutorialnya di sini, sedangkan tata cara unlock bootloader bisa kamu lihat di sini atau di sini.

Okey jika sudah siap, silahkan siapkan bahan dan ikuti instruksi berikut ini:
- Magisk Module FPS video Recorder Lock 30/60/120 FPS di sini

Caranya:
1. Silahkan ambil Magisk Module di atas kemudian taruh di internal memory Xiaomi Mi A1
2. Setelah itu jalankan Magisk manager
3. Swipe ke kanan lalu pilih Module > tap icon +
4. Secara otomatis akan terbuka file manager > arahkan ke Magisk module yang sudah kamu pindahkan tadi
5. Secara otomatis juga proses instalasi Module akan berjalan
6. Jika sudah bisa langsung kamu tekan reboot
7. Selesai
8.
Nah Lock FPS 30, 60 ATAU 120 FPS ini bisa kamu gunakan pada semua aplikasi kamera. Admin sendiri sudah mencobanya pada aplikasi kamera bawaan dan aplikasi perekam video pihak ketiga bernama Cinema FV-5 dan ke semuanya berhasil mendapatkan hasil rekaman stabil di 30 FPS menggunakan Xiaomi Mi A1. Buat yang bertanya bagaimana dengan Lock di 60 FPS dan 120 FPS. Itu kembali lagi pada hardware kameranya. Jika memang mendukung di 60 FPS, harusnya juga bisa dapat FPS setinggi itu.

Cara ini sudah admin praktikkan sendiri pada Xiaomi Mi A1 dan sebenarnya juga bisa digunakan pada Xiaomi Mi A2, dan Mi A2 Lite atau Mi A3 nanti. Karena masuk dalam jajaran Smartphone Xiaomi yang menggunakan Android ONE. Sedangkan untuk Smartphone Xiaomi berbasis MIUI seperti Mi5, Mi6, Mi8, Mi9, Mi MAX, Redmi Note 4, Redmi Note 3, Redmi Note 5, Redmi Note 6, Redmi Note 7, Redmi 3, Redmi 4, Redmi 5, Redmi 6, dan Redmi 7 termasuk seri Mi MIX dan Mi Note silahkan dicoba sendiri. Pastikan saja sudah di backup sebelum menginstall module ini dan kalaupun gagal, admin sudah buatkan bagaimana caranya menguninstall atau menghapus module Magisk di sini.

Nah itulah dia tata cara mengunci FPS pada perekaman video Smartphone Xiaomi Mi A1, Silahkan +1, like dan bagikan jika dirasa bermanfaat dan jangan lupa juga untuk Subscribe channel Miuitutorial Indonesia. Salam admin miuitutorial.com

LOW FPS di Perekaman Video Xiaomi Mi A1? Coba Tutorial Cara Lock FPS 36, 60, 120 Ini