Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk

Cara Memperbaiki Tombol Trigger R2 dan L2 Joystick Xiaomi Gamepad yang Macet atau Kesat + Video

Tombol Trigger R2, dan L2 pada Xiaomi Gamepad kamu sudah tidak flexibel lagi? Sudah tidak kliki lagi sehingga sering kali tombol R2 dan L2 tersebut agak kesat, tidak lentur lagi? Buat kamu yang punya masalah sama, di artikel kali ini admin akan coba bagikan tutorial bagaimana cara memperbaiki tombol Trigger tersebut. Silahkan disimak hingga selesai.

Cara Memperbaiki Tombol Trigger R2 dan L2 Joystick Xiaomi Gamepad yang Macet atau Kesat + Video

Cara Memperbaiki Tombol Trigger R2 dan L2 Joystick Xiaomi Gamepad yang Macet atau Kesat + Video
Cara Memperbaiki Tombol Trigger R2 dan L2 Joystick Xiaomi Gamepad yang Macet atau Kesat + Video

Admin mau absen dulu, siapa saja di sini yang masih menggunakan Joystick dari Xiaomi yaitu Xiaomi Gamepad? Sebuah Joystick yang awal pembuatannya itu sebenarnya ditujukan untuk media Entertainment Xiaomi Smart TV, namun melihat fitur-fitur yang ada di dalamnya, membuat pengguna Smartphone Xiaomi justru tertarik untuk menggunakannya di Smartphone mereka.

Hal itu tidak lain karena Xiaomi Gamepad bisa dihubungkan secara Wireless melalu bluetooth versi 3.0 ke selurus Smartphone Xiaomi. Walhasil aktivitas bermain game di Smartphone Xiaomi menjadi lebih seru, dan tentunya juga sedikit banyak menghemat penggunaan touchscreen.

Well, seiring berjalannya waktu segala sesuatu yang dibuat oleh manusia pasti ada batasnya, ada usia pakainya. Hal ini juga yang terjadi pada Xiaomi Gamepad. Yah, jadi tombol Trigger R2 di Xiaomi Gamepad admin sudah tidak flexibel lagi, dan setelah admin perhatikan juga memang muncul semacam karat di area pegas atau pernya itu.

Sehingga lama kelamaan daya pegasnya berkurang sehingga tombol Trigger R2 tidak mampu lagi memunculkan sensasi klik atau feedback seperti baru. Setelah admin bongkar, ternyata engsel pada tombol Trigger R2 ini juga patah. Jadi bertambahlah alasan kenapa Trigger R2 Xiaomi Gamepad admin tidak enak lagi untuk ditekan.

Dari pada admin simpan sendiri ilmunya, dalam artikel kali ini admin akan coba bagikan tata cara memperbaiki tombol Trigger R2 dan L2 yang macet atau kesat di Xiaomi Gamepad. Supaya buat kamu yang punya masalah yang sama bisa ikut memperbaikinya juga. Dia tutorial ini juga sudah admin sediakan video tata cara praktiknya langsung beserta bagaimana cara membongkar atau Disassembly Xiaomi Gamepad.

Adapun alat-alat yang perlu kamu persiapkan sebagai berikut:
- Obeng set khusus HP, silahkan cek di sini untuk rekomendasi Toolkit obeng yang biasa admin gunakan untuk service
- Pik gitar atau benda tipis lainnya
- Minyak pelumas
- Xiaomi Gamepad itu sendiri

Caranya:
1. Lepas baterai yang ada di Xiaomi Gamepad
2. Setelah itu lepaskan semua baut yang ada di Xiaomi Gamepad, totalnya ada 4 baut
3. Gunakan plastik tipis atau pik gitar tadi untuk membuka sisi-sisi yang ada di Xiaomi Gamepad
4. Setelah terlepas, gunakan kembali obeng untuk melepaskan baut yang ada di papa PCB Xiaomi Gamepad, totalnya ada 4
5. Setelah papan PCB terangkat, gunakan obeng lagi untuk membuka baut yang mengunci tombol Trigger R1, R2 dan L1, L2.
6. Perhatikan bagian engsel, per pegas
7. Kemudian semprotkan minyak pelumas di bagian pegas
8. Jika diperlukan, bersihkan area pegas jika terdapat debu


Sebenarnya kalau bisa dibersihkan dari luar, tidak perlu harus sampai membongkar Xiaomi Gamepad. Jadi cukup menyemprotkan minyak pelumas ke pegas dari luar saja, sehingga hemat waktu dan sejatinya cara ini bisa juga kamu terapkan pada Gamepad lain, jadi tidak terbatas hanya pada Xiaomi Gamepad saja.

Sekian tutorial kali ini tentang bagaimana cara memperbaiki tombol Trigger Xiaomi Gamepad R1, R2, dan L1, L2 yang macet atau kesat. Jika dirasa bermanfaat silahkan +1, like dan bagikan. Salam admin Miuitutorial.com

Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk: Admin Miuitutorial.com Ingin Sekali Menjawab Setiap Pertanyaan yang Agan Berikan, Hanya Saja Dikarenakan Admin Ada Kegiatan Offline Sehingga Tidak Dapat Selalu Berada di Depan Komputer. Admin Menyarankan Agan untuk Membaca Komentar-Komentar Terdahulu Kemudian Menge-Tag Nama Agan yang Sudah Berhasil Menjalankan Tutorial Tersebut Agar Bisa Medapatkan Respon Jawaban yang Lebih Cepat. Terima Kasih Atas Kerjasamanya