Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk

Jika Nanti Rom Xiaomi Miui 10 Versi Global Stabil Bahasa Indonesia Sudah Ada: Apakah Boleh Langsung Update?

Kalau nanti Rom Miui 10 terbaru sudah keluar untuk semua tipe Smartphone Xiaomi, apakah bisa langsung update atau tunggu dulu sampai tidak ada bug? Soalnya sering kali rom baru menyimpan beberapa masalah yang cukup mengganggu ketika digunakan untuk sehari-hari. Langsung update atau tidak, silahkan simak opini berdasarkan pengalaman admin berikut ini.

Jika Nanti Rom Xiaomi Miui 10 Versi Global Stabil Bahasa Indonesia Sudah Ada: Apakah Boleh Langsung Update?

Jika Nanti Rom Xiaomi Miui 10 Versi Global Stabil Bahasa Indonesia Sudah Ada: Apakah Boleh Langsung Update?
Jika Nanti Rom Xiaomi Miui 10 Versi Global Stabil Bahasa Indonesia Sudah Ada: Apakah Boleh Langsung Update?

Info seputar update Miui 10 sendiri saat ini masih menjadi perbincangan hangat di kalangan pengguna Smartphone Xiaomi atau buat mereka yang ingin membeli Smartphone Xiaomi. Beberapa dari mereka menanyakan kepada admin tentang kapan jadwal perilisan untuk beberapa tipe dari Hp Xiaomi dan itu sudah admin jawab melalui artikel yang ada di sini. Selain itu juga sudah admin buatkan 7 fitur unik yang ada di Miui 10 (cek di sini) beserta tata cara install Miui 10 di sini.

Jadi cukup banyak juga informasi yang sudah admin bagikan tentang Miui 10 ini. Tapi admin satu hal yang akan admin bagikan di artikel kali ini. Yah sesuatu yang admin dapatkan selama menggunakan Smartphone Xiaomi serta berapa kali upgrade Rom Miui. Sedikit info tambahan, admin adalah salah seorang pengguna Smartphone Android yang sudah cukup lama mengenal Miui mulai dari jaman masih berupa custom Rom di Sony Ericsson Xperia hingga sekarang sudah punya Smartphone sendiri.

Salah satu kebiasaan yang sepertinya menjadi ciri khas dari Xiaomi adalah ketika memberikan update rom Miui terbaru kepada penggunanya adalah versi rom serta ketersediaannya. Yup, jadi misalkan nih Miui 10 yang baru saja ada, maka versi awal yang muncul adalah versi China developer, kemudian diikuti oleh versi China Stable nya. Tahukah kamu jika rom Miui 10 versi China ini tidak begitu nyaman digunakan oleh pengguna Smartphone Xiaomi yang ada di Indonesia?

Itu karena rom Miui 10 versi China dibuat memang khusus untuk pengguna Smartphone Xiaomi yang ada di negara asalnya China. Jadi jangan jika kamu banyak menemukan aplikasi berbahasa Mandarin serta cuma ada 2 pilihan bahasa yaitu mandarin dan inggris (tidak ada bahasa Indonesia). Selain itu juga tidak akan bisa kamu temukan aplikasi Google semisal Playstore, Gmail, Google Playgame, Gmaps, dan lain sebagainya.

Walhasil kamu tidak akan bisa log in akun Google ke semua layanannya. Hal ini wajar mengingat Google sendiri memang dilarang di China. So mau tidak mau kamu harus menginstall aplikasi Google secara manual ke Miui 10 dan itu Sepengalaman admin tidak sebagai aplikasi Google yang sudah terinstall secara bawaan.

Kapan versi Global dari Rom Miui 10?
Biasanya sih rom Versi Global dari Miui 10 akan keluar setelah versi China stabilnya juga sudah cukup stabil. Info yang admin dapatkan sendiri Miui 10 untuk Xiaomi Mi5 Gemini sudah masuk dalam tahap BETA dan ini sebenarnya suatu kemajuan, karena biasanya versi global ini paling terakhir keluar setelah versi China stabil selesai atau mendekati selesai.

Sepertinya pengembangan rom Miui versi Global sudah mendapatkan divisi khusus sehingga tidak bergantung lagi pada developer rom Miui versi China. Kenapa admin bisa tahu? Yah itu karena admin sudah lama menggunakan rom Miui dan ini juga pernah kejadian di rom Miui 6 ke Miui 7, dan 7 ke 8.

Apakah kalau sudah muncul Miui 10 versi Global Stabil Nanti bisa langsung update?
Sebenarnya bisa sih dan tidak ada larangan untuk langsung update daro Rom Miui 9 atau 9.5 ke Miui 10 versi Global stabil. Hanya saja berdasarkan pengalaman admin tadi, setiap rom Miui yang baru saja diluncurkan versi stabilnya, biasanya masih terdapat banyak bug atau belum benar-benar stabil.


Sedangkan kita sebagai pengguna Smartphone tentu menginginkan sesuatu yang sudah stabil, suatu sistem yang siap digunakan. Tentu masalah bug ini akan cukup mengganggu, terutama jika bug nya masih banyak. Well, saran hemat dari admin sih untuk tunggu beberapa kali update rom Miui 10 sekalipun nantinya sudah ada versi global stabil. Karena biasanya versi stabil setelah beberapa kali update adalah perbaikan atau feedback yang diberikan oleh pada versi awal.

Kebiasaan menunggu update beberapa versi kedepan ini juga tentu akan membuat kamu lebih banyak menghemat kuota internet dan tidak menghabiskan banyak waktu untuk menginstall versi rom Miui. Namun seperti yang sudah admin singgung tadi juga, tidak ada larangan untuk update rom Miui 10 jika nantinya sudah ada versi global stabil. Apalagi yang suka hal baru serta punya kuota unlimited.

Well, itu saja dulu yang bisa admin bagikan ke kamu tentang apakah langsung update atau tunggu dulu jika nantinya ada rom Miui 10 versi global stabil untuk Smartphone Xiaomi. Jika kamu punya pandangan lain atau pendapat lain terkait artikel ini, silahkan tulis di kolom komentar, like +1, dan bagikan serta jangan lupa untuk Subscribe Channel Miuitutorial Indonesia. Salam admin Miuitutorial.com

Follow Akun Google+ Admin Agar Notifikasi Komentarnya Masuk: Admin Miuitutorial.com Ingin Sekali Menjawab Setiap Pertanyaan yang Agan Berikan, Hanya Saja Dikarenakan Admin Ada Kegiatan Offline Sehingga Tidak Dapat Selalu Berada di Depan Komputer. Admin Menyarankan Agan untuk Membaca Komentar-Komentar Terdahulu Kemudian Menge-Tag Nama Agan yang Sudah Berhasil Menjalankan Tutorial Tersebut Agar Bisa Medapatkan Respon Jawaban yang Lebih Cepat. Terima Kasih Atas Kerjasamanya